iklan

Pengertian Penemuan Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Pengertian Inovasi berdasarkan Everett M. Rogers. Mendefinisikan bahwa penemuan yaitu suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang gres oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. 

Pengertian Inovasi berdasarkan Stephen Robbins
Mendefinisikan, penemuan sebagai suatu gagasan gres yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.

Pengertian Inovasi berdasarkan Van de Ven, Andrew H
Inovasi yaitu pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan gres oleh orang dimana dalam jangka waktu tertentu melaksanakan transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan organisasi. 

Pengertian Inovasi berdasarkan Kuniyoshi Urabe
Inovasi bukan merupakan aktivitas satu kali pukul (one time phenomenon),melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif yang mencakup banyak proses pengambilan keputusan di dan oleh organisasi dari mulai penemuan gagasan hingga implementasinya di pasar. 

Pengertian Inovasi berdasarkan UU No. 18 tahun 2002
Inovasi yaitu aktivitas penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan menyebarkan penerapan mudah nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara gres untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.

Inovasi mempunyai arti lebih luas daripada penemuan-penemuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penemuan yaitu pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan gres yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.

Dari pengertian penemuan tersebut sanggup disimpulkan bahwa penemuan adalah proses kreatif dalam melaksanakan penemuan gres yang berbeda dari yang sudah ada. Sedangkan kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang menjadi suatu gagasan dan ide-ide yang sanggup dijual.

Pengertian Inovasi
Faktor-faktor pendukung keberhasilan penemuan adalah:
1. Inovasi harus berorientasi pasar.
Banyak penemuan yang sekedar memecahkan duduk kasus secara kreatif tetapi tidak mempunyai keunggulan bersaing dipasaran. Untuk itu perlu diperhatikan kekerabatan penemuan dengan kebutuhan pasar yang di dalamnya terdapat 5C, yaitu competitor (pesaing), competiton (persaingan), change of competition (perubahan persaingan), change driver (penentuan arah perubahan), dan customer behavior (perilaku konsumen).
Suatu pasar mengalami perubahan disebabkan oleh faktor-faktor berikut:
  • Perubahan teknologi.
  • Perubahan ekonomi.
  • Perubahan sikap sosial dan budaya.
  • Perubahan iklim dunia.
  • Perubahan peraturan pemerintah.
2. Inovasi harus bisa meningkatkan nilai tambah perusahaan.
Suatu penemuan bisa meningkatkan nilai tambah perusahaan apabila memenuhi hal-hal berikut:
  • Terdapat unsur efisiensi dan efektivitas dalam suatu inovasi, sehingga tidak akan mempunyai arti atau dampak yang berarti bagi kemajuan perusahaan.
  • Inovasi harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan, hal ini dilakukan biar tidak menyimpang dari arah pertumbuhan perjuangan (contra productive).
  • Inovasi harus bisa ditingkatkan lagi, sehingga terjadi penemuan yang berkelanjutan (continuous improvement) hingga perusahaan tumbuh menjadi lebih baik dan lebih berkembang.
Jenis kemampuan berinovasi:
  1. Invensi (penemuan) yaitu penemuan produk atau jasa yang benar-benar baru.
  2. Ekstensi (pengembangan) yaitu pemanfaatan gres atau penerapan lain pada produk, jasa atau proses yang telah ada.
  3. Duplikasi (pengadaan), yaitu replikasi kreatif atas konsep yang telah ada.
  4. Sintesis, yaitu kombinasi dari konsep atau faktor-faktor yang telah ada dalam penggunaan formulasi baru.
Prinsip-prinsip inovasi
  1. Prinsip keharusan meliputi: keharusan menganalisis peluang, kehausan memperluas wawasan, keharusan untuk bertindak efektif, keharusan untuk tidak berpikir muluk.
  2. Prinsip larangan meliputi: larangan untuk berlagak pintar, larangan untuk rakus, larangan untuk berpikir terlalu jauh kedepan.
Berikut hal-hal yang sanggup menyebarkan cara berpikir inovatif:
  1. Membiasakan mempunyai mimpi.
  2. Memperkaya ide.
  3. Membiasakan diri mendapatkan perbedaan perubahan.
  4. Menumbuhkan sikap empati.
  5. Merupakan kemapuan inovatif.
Segala sesuatu yang diciptakan oleh insan dan dirasakan sebagai hal yang gres oleh seseorang atau masyarakat, sehingga sanggup bermanfaat bagi kehidupannya dikenal dengan istilah inovasi. Dalam kamus Bahasa Inggris E. Echols, penemuan (innovation) sebagai pembaharuan atau perubahan secara baru. Untuk memperoleh citra yang terperinci wacana pengertian penemuan dan juga untuk memperoleh wawasan Anda, berikut ini akan diuraikan pengertian penemuan berdasarkan beberapa pakar.
  1. an Innovation is an idea for accomplishing some recognize social end in a new way or for a means of accomplishing some new social end (Donald P. Ely, 1982, Seminar an Educational Change).
  2. ... is an idea, practice, or object that is perceived as new by an individual. It matters little, so far as human behavior is concerned, whether or not an idea is "objectively" new as measured by the lapse of time since its first use or discovery. The perceived newness of the idea for the individual determines his or her reaction to it. If the idea seems new to the individual, it is an innovation (M. Rogers, 1983, hal. 11).
  3. The term innovation is usually employed in three different contexts. In one context, it is synonymous with invention; that is, it refers to a creative process whereby two or more existing concepts or entities or combined in some novel way to produce a configuration not previously know by the person involved. A person or organization of the literature on creativity treats the term innovation in this fashion (Zaltman, Duncan, Holbek, 1973, hal. 7). 
Dari definisi-definisi di atas sanggup disimpulkan bahwa inovasi merupakan suatu ide, hal-hal yang praktis, metode, cara, barang-barang, yang sanggup diamati atau dirasakan sebagai sesuatu yang gres bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat). Jadi, inovasi/ pembaharuan penemuan diadakan untuk memecahkan duduk kasus guna mencapai tujuan. Contoh penemuan yang paling sederhana sanggup kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, contohnya saja pada alat berhitung. Dahulu orang memakai jaring atau batu sebagai alat menghitung, kemudian kemudian muncul swimpoa yang dipakai untuk penambahan dan pengurangan, swimpoa gampang dibawa ke mana-mana. Bentuknya berupa kerangka kayu dengan manik-manik pada batang-batangnya. Perkembangan selanjutnya mulai ditemukan mesin hitung dan alat-alat bertenaga listrik yaitu kalkulator. Dengan alat tersebut, kita sanggup menghitung jauh lebih cepat dan jarang salah.


Sekian uraian wacana Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Penemuan Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel