iklan

Pengertian Wawasan Nusantara Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli
Prof. Dr. Wan Usman, Pengertian wawasan nusantara berdasarkan definisi prof. Dr. Wan Usman ialah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam. 

Kel. Kerja LEMHANAS, Pengertian wawasan nusantara berdasarkan definisi Kel. Kerja LEMHANAS (Lembaga Pertahanan Nasional) 1999 ialah cara pandang dan perilaku bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungan yang bermacam-macam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. 

Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN, Pengertian wawasan nusantara berdasarkan definisi Tap MPR tahun 1993 dan 1998 perihal GBHN ialah cara pandang dan perilaku bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. 
Pengertian Wawasan Nusantara
Arti wawasan nusantara sebagai satu kesatuan 
Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentang luas dan Sabang hingga Merauke. Negara Ri terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh bahari besar dan kecil. Wilayah negara Indonesia merupakan paduan tunggal antara darat, laut, dan udara beserta seluruh kekayaan alamnya. 

Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada lembaga internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut berisi penegasan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak sanggup dipisah-pisahkan dan merupakan Negara Nusantara. 

Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan 
Satu kesatuan Pertahanan dan Keamanan memiliki arti bahwa setiap bahaya terhadap satu pulau atau satu kawasan merupakan bahaya juga terhadap seluruh bangsa dan negara Indonesia. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam rangka pembelaan negara dan bangsa. 

Sebagai negara kepulauan, bahari di Indonesia memiliki peranan yang sangat besar. Laut dan perairan yang ada di seluruh Indonesia tidak hanya sebagai jalur kemudian lintas, jalur ekonomi, dan sumber devisa negara saja. Laut juga menjadi sarana armada bahari di Indonesia dalam menjaga pertahanan dan keamanan wilayah, bangsa, dan negara Indonesia dari setiap bahaya yang tiba dari negara lain. 

Kestabilan pertahanan dan keamanan di bahari bagi bangsa Indonesia akan sanggup meningkatkan ketahanan nasional pula. Selain itu, dengan meningkatkan ketahanan nasional maka stabilitas nasional akan terjamin. Apabila stabilitas nasional terjamin, maka pembangunan sanggup dilaksanakan tanpa adanya suatu hambatan. 

Akibat lebih lanjut pembangunan sanggup lebih meningkat dan berkembang terus, sehingga bangsa Indonesia sanggup meningkatkan pula kesejahteraan hidupnya. 

Pengertian Lain Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan keamanan 
Segala bahaya terhadap satu pulau atau satu kawasan pada hakikatnya merupakan bahaya terhadap seluruh bangsa dan negara. 
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk membela negara dan bangsa. Dengan konsep Wawasan Nusantara secara geografis, kepulauan Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh dengan melihat kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan Hankam. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kehidupan pertahanan dan keamanan, yaitu : 
  1. Kegiatan pembangunan pertahanan dan keamanan harus menawarkan kesempatan kepada setiap warga negara untuk berperan aktif, sebab acara tersebut merupakan kewajiban setiap warga negara, menyerupai memelihara lingkungan tempat tinggal, meningkatkan kemampuan disiplin, melaporkan hal-hal yang mengganggu keamanan kepada pegawanegeri dan belajar kemiliteran. 
  2. Membangun rasa persatuan, sehingga bahaya suatu kawasan atau pulau juga menjadi bahaya bagi kawasan lain. Rasa persatuan ini sanggup diciptakan dengan membangun solidaritas dan hubungan akrab antara warga negara yang berbeda kawasan dengan kekuatan keamanan. 
  3. Membangun Tentara Nasional Indonesia yang profesional serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi acara pengamanan wilayah Indonesia, terutama pulau dan wilayah terluar Indonesia.

Sekian uraian perihal Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli, biar bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Wawasan Nusantara Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel