iklan

Petrucci General Chemistry 11Th Ed.

Buku Petrucci General Chemistry: Principles and Modern Applications 11th ed. ialah top pick saya untuk Kimia Dasar. Buku ini juga termasuk “buku sejuta umat”, sebab banyak penerima OSN yang pakai/punya, serta sudah widely available di toko-toko buku populer (Gramedia, misalnya). Buku ini juga sering masuk ke daftar pustaka buku-buku kimia SMA. Perpustakaan sekolah saya punya buku ini, mungkin, perpustakaan sekolah kalian juga sudah memilikinya.

Yang saya paling suka dari buku ini adalah, buku ini dibuka dengan bahan yang sangat dasar sekali, tetapi isi secara keseluruhan levelnya baik. Materi yang sangat dasar itu diajarkan di SMP, contohnya mengenai bahan dan hukum pengukuran. Banyak penerima Pelatnas yang tidak tahu hukum pengukuran dalam praktikkum, dalam hal ini: angka penting! Aturan umum praktikkum ibarat angka signifikan, ke-presisi-an, dan keakuratan dijelaskan secara anggun di awal-awal bab, dan kemungkinan potongan ini “dilompati” dan dianggap sepele.

Random Fun Fact: hayoo tebak, ini dari OSN tahun berapa? Ada di potongan 1 Petrucci!!

 Buku ini juga sering masuk ke daftar pustaka buku Petrucci General Chemistry 11th ed.

Susunan buku Petrucci tampaknya diadopsi oleh Kurikulum Nasional kita. Terbukti memang, bab-bab awal rata-rata diajarkan di kelas X dengan urutan yang sangat mirip, ya meskipun kurikulum kita tidak sebagus yang di textbook ini (ya jelaasss banget)…

Why Petrucci?

Dari segi penampilan, saya suka sebab banyak warna dan gambar-gambarnya, tidak membosankan. Tiap potongan gres selalu mempunyai gambar yang merangsang keingintahuan. Untuk hal isi, berdasarkan saya anggun sekali, terutama di potongan organik dan mekanika kuantumnya. Di buku ini, sudah dibahas potongan alkil halida (SN1, SN2, E1, E2) dan reaksi-reaksi umum benzena. Untuk kuantum, sudah disinggung Bohr dan Schrodinger serta persamaan dasarnya. Sangat tidak mengecewakan lah buat Pelatnas, sebelum lanjut ke level yang lebih absurd dari Kimia Fisik hehe 😀 Bab Molecular Orbitalnya juga anggun berdasarkan saya, recommended dan gampang dimengerti.

Sebelum mengakhiri, mari kita simak kata-kata sang legenda OSN 3 periode, kak Atika Nur Rochmah:

 Buku ini juga sering masuk ke daftar pustaka buku Petrucci General Chemistry 11th ed.

Tapi, saranku sih pake Petrucci aja, lezat bahasanya, trus tidak mengecewakan juga.

Kakak imba satu ini saja pilih Petrucci daripada Oxtoby / Chang.

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-d0wnl0ad. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.


Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "Petrucci General Chemistry 11Th Ed."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel