iklan

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Sempurna Dan Sesuai Kaidah

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Tepat Dan Sesuai Kaidah

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Tepat Dan Sesuai Kaidah Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Tepat Dan Sesuai Kaidah

Dalam dunia tulis menulis niscaya tak luput dari yang namanya daftar pustaka. Ya, hampir di setiap selesai halaman dari sebuah karya tulis berisi daftar pustaka. Hal ini bertujuan untuk menghargai sumber penulisannya.

Lalu, apa pengertian dari daftar pustaka?

Daftar pustaka yaitu sebuah daftar yang terdapat di dalam selesai halaman dari sebuah karya tulis baik makalah, karya ilmiah, laporan PKl, dan lain sebagainya yang bersisi catatan spesifik dari buku yang dijadikan sumber dalam penulisan karya tulis tersebut.

Memang banyak orang yang mengerti pengertian dari daftar pustaka, namun belum banyak orang yang mengerti cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar.

Sebenarnya cara penulisan daftar pustaka tidaklah sulit, hanya saja Anda harus mengerti tata caranya terlebih dahulu. Sebelum beralih menuju cara penulisan daftar pustaka, ada baiknya Anda harus menyimak beberapa isu penting berikut ini.

Fungsi daftar pustaka

  1. Sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada penulis buku baik itu karya ilmiah ataupun yang lainnya dikarenakan telah memperlihatkan citra dan manfaat terhadap karya tulis yang dibuat.
  2. Sebagai bentuk dari rujukan bagi pembaca biar gampang untuk menelusuri isu lebih lanjut ataupun melaksanakan pengkajian ulang.

Peranan daftar pustaka

  1. Untuk menggambarkan isi dari sumber goresan pena yang didapatkan
  2. Untuk menghindari tuduhan plagiarisme
  3. Sebagai bentuk peninjauan mengenai pengalaman, pengetahuan, atau bahkan sebagai salah satu pertanggungjawaban dari penulis buku rujukan tersebut.

Informasi yang penting tersebut sanggup menambah pengetahuan Anda mengenai daftar pustaka. Jadi, Anda tidak hanya tidak hanya sanggup menulis daftar pustaka saja melainkan juga mengerti apa fungsi dan juga peranananya.

Nah, berikut ini akan disajikan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dengan memperhatikan unsur-unsur berikut ini:

  1. Nama penulis dibalik, kemudian beri tanda koma pada selesai kata pertama dan disertai tanda titik sesudah nama selesai di tulis
  2. Tahun terbit diakhiri dengan tanda titik
  3. Judul buku yang ditulis miring, kemudian disertai dengan tanda titik
  4. Kota penerbit yang diikuti tanda petik dua
  5. Nama dari perusahaan penerbit buku yang diikuti tanda titik

Untuk lebih jelasnya perhatikanlah pola penulisan yang diambil dari buku berikut ini.

Sebuah karya tulis diambil dari buku karangan Mustava Wijayakusuma. Buku tersebut terbit di Kota Yogyakarta pada tahun 2009 dan diterbitkan oleh penerbit Data Media. Buku tersebut berjudul Mukjizat Air Putih.

Maka, cara penulisan daftar pustaka yaitu sebagai berikut :

Wijayakusuma, Mustava.2009.Mukjizat Air Putih.Yogyakarta:Data Media.

Itulah cara menulis daftar pustaka kalau sumbernya berupa buku. Sebenarnya, bahan menulis daftar pustaka ada pada pelajaran sekolah. Nah, untuk mengingat kembali, Anda sanggup menyimak isu yang telah disajikan di atas.

Bagaimana, kini Anda sudah paham kan penulisan daftar pustaka? Semoga sesudah menyimak isu ini Anda tidak lupa dan salah lagi dalam menulis daftar pustaka.

sekian ulasan ihwal Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Tepat Dan Sesuai Kaidah semoga artikel dari ayoksinau.com sanggup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Sempurna Dan Sesuai Kaidah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel