iklan

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Dengan Menyimak Sejarah Soekarno Berikut Ini

Sejarah Soekarno – Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia yang telah berjasa besar dalam memerdekakan bangsa Indonesia. Jasa-jasanya tentu saja tidak sanggup dilupakan begitu saja alasannya jikalau tidak ada ia mungkin Indonesia tidak akan menyerupai kini ini.

 Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia yang telah berjasa besar dalam memerdekakan Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Dengan Menyimak Sejarah Soekarno Berikut Ini

Nah, untuk mengenang serta mengetahui apa saja jasa-jasa beliau, simaklah sejarah Soekarno berikut ini.

Soekarno atau yang biasa dipanggil dengan Bung Karno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar, jawa Timur. Beliau wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta. Ayah dari Soekarno berjulukan Sosrodihardjo dan ibunya berjulukan Ida Ayu Nyoman Rai.

Soekarno mempunyai 3 istri dan delapan anak. Dari pernikahannya dengan Fatmawati, ia dikaruniai anak berjulukan Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, serta Guruh. Dari pernikahannya dengan Hartini, ia dikaruniai anak yang berjulukan Taufan dan Bayu. Dari istrinya yang berjulukan Ratna Sari Dewi yang merupakan keturunan dari Jepang dengan nama orisinil Naoko Nemoto, ia dikaruniai satu anak berjulukan Kartika.

Bung Karno hanya sebentar saja tinggal bersama masyarakat Blitar, pasalnya ia mengenyam pendidikan Sekolah Dasar di Surabaya dan kemudian bersekolah di HBS (Hoorgere Burger School). Disinilah jiwa nasionalisme dari Bung Karno mulai terbentuk. Setelah lulus, Soekarno melanjutkan ke THS (Technische Hoogeschool atau yang disebut dengan sekolah teknik tinggi yang kini namanya ITB). Beliau pun berhasil mendapat gelar insinyur pada tanggal 25 Mei 1926.

Pada 4 Juli 1927, Soekarno mendirikan PNI guna memerdekakan Indonesia. Akibatnya di tahun 1929 ia ditangkap dan dipenjarakan. Kemudian, sehabis 8 bulan barulah disidangkan dan Soekarno mengatakan kemurtadan dari Belanda yang berakibat pada dibubarkannya PNI.

Baca juga :

Setelah bebas, Soekarno bergabung sekaligus menjadi kedua di Partindo. Namun, sialnya ia kembali ditangkap oleh Belanda dan dibuang ke tempat Ende, Flores. Kemudian, sehabis 4 tahun berselang, Soekarno dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah melewati usaha yang panjang dan Soekarno bebas dari penjara, kesannya pada 17 Agustus 1945 ia dan Bung Hatta berhasil mengumandangkan kemerdekaan yang sudah usang diidam-idamkan oleh masyarakat Indonesia. Tanggal tersebut diperingati sebagai hari kemerdekaan dan selalu disambut antusias oleh masyarakat Indonesia hingga ketika ini.

Momen yang begitu menguras tenaga, akal, dan pikiran tersebut merupakan bukti sejarah yang wajib dikenang oleh bangsa Indonesia dan sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk meneruskan harapan para hero yang telah gugur.

Mungkin jikalau bukan jasa dari Soekarno dan pada pahlawan, Indonesia tidak akan merdeka menyerupai kini ini. Untuk itu, sebagai rakyat Indonesia patut untuk berbangga alasannya kini sudah tidak lagi dijajah dan sanggup hidup tenang serta sejahtera.

Bangsa yang maju yaitu bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Untuk itu, usaha dari pahlawan-pahlawan memang patut untuk dikenang dan diapresiasi. Tentunya, sejarah Soekarno tersebut sanggup dijadikan bukti bagaimana usaha ia dalam membela tanah air dan memerdekakan negara Indonesia.

Itulah ulasan singkat mengenai sejarah Soekarno. biar sanggup bermanfaat untuk anda. untuk warta pembelajaran lainnya kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga ulasan lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Dengan Menyimak Sejarah Soekarno Berikut Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel