iklan

Cara Menciptakan Konversi Kalender Masehi Ke Hijriah Di Excel

Cara Membuat Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel – Banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara melaksanakan konversi kalender masehi ke hijriah di , nah pada kesempatan kali ini kita akan membagikan sebuah tips sederhana untuk membantu mengatasi persoalan anda tersebut.

Untuk melakukannya, kita memerlukan sebuah rumus excel yang sudah ada pada Microsoft , sehingga kita sudah tidak perlu lagi melaksanakan otak atik sana sini lagi. 

Sebelum kita mulai mengerjakan, pastinya anda sudah tahu kan wacana kalender Hijriah ?

Kalender hijriah atau biasa yang disebut dengan kalender Islam ini merupakan sebuah kalender khusus yang dijadikan patokan oleh umat Islam di seluruh dunia yang hitunganya mengacu pada peredaran Bulan Ke Bumi.

Hal inilah yang membedakannya dari kalender Masehi yang mengacu pada peredaran Bumi Ke Matahari. Sehingga hal tersebutlah yang menciptakan kalender hijriah dan juga masehi ada selisih sekitar 10 hari setiap tahunnya.

Bagi umat Islam, kalender utama yang mereka gunakan yaitu kalender hijriah, hal itu dikarenakan banyaknya hari-hari besar umat Islam yang sudah ditentukan dengan memakai kalender tersebut, 1 Syawal (Idul Fitri), 10 Dzulhijjah (Idul Adha), hingga 27 Rajab (peringatan Isra’ Mi’raj).

Semua hari besar umat islam tersebut dihitung dengan memakai kalender hijriah. Maka dari itu, Microsoft sebagai aplikasi pengolah data terbesar yang banyak dipakai oleh semua orang telah disematkan sebuah fitur khusus yang dapat dipakai nantiya untuk melaksanakan konversi kalender masehi ke hijriah.

Sehingga anda yang kebetulan melaksanakan entri data, dan ingin memasukkan kalender Hijria didalamnya sudah tidak perlu binggung lagi, cukup dengan memasukan rumus maka apa yang anda inginkan sudah dapat tercapai.

Nah tidak perlu berlama-lama lagi, lebih baik eksklusif saja kita mulai cara konversi kalender masehi ke hijriah di excel berikut ini :
  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan pastinya yaitu membuka software Microsofot terlebih dahulu
  2. Lalu silahkan masuk pada kolom B1, dimana pada kolom tersebut anda dapat memasukkan tanggal yang ingin anda rubah menjadi ke hijriah. Atau dapat juga anda dapat memakai rumus =Today() dimana dengan memakai rumus tersebut maka secara otomatis tanggal akan memacu pada hari ini.
  3. Jika sudah, selanjutnya pada kolom B2, silahkan anda masukkan rumus berikut ini : =TEXT(B1;”[$-1170401]dddd, dd mmm yyyy”)
Cara Membuat Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel  Cara Membuat Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel
  1. Saat anda memasukkan rumus itu tadi, maka secara otomatis tanggal yang anda masukkan pada kolom B1 tadi, akan dirubah ke kalender Hijriah nantinya. Seperti pola yang kita lakukan kali ini yaitu pada tanggal 11 Agustus 2015 maka akan berkembang menjadi Selasa, 26 Syawal 1436.
Cara Membuat Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel  Cara Membuat Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel
Pasti banyak yang bertanya kenapa dapat berubah ibarat itu ? sebab kita telah merubah format Date pada Microsoft menjadi format standart Date Arabic, yakni [$-1170401]. 

Nah untuk menampilkan harinya, memakai format (dddd), kemudian untuk tanggal (dd), dan untuk nama bulan memakai (mmm) sementara untuk tahuun menggunaakan format (yyyy).

Nah bagaimana ? cukup gampang bukan cara Konversi Kalender Masehi ke Hijriah di excel kali ini ? sehingga sudah tidka perlu membutuhkan aplikasi tertentu lagi, cukup dengan memasukan beberapa rumus dari Microsoft dan alhasil pun cukup memuaskan.

Demikian yang dapat kita sampaikan, supaya gosip yang kita bagikan kali ini dapat bermanfaat buat anda semua ! terima kasih sudah membaca.

Sumber http://excelbelajar.blogspot.com

0 Response to "Cara Menciptakan Konversi Kalender Masehi Ke Hijriah Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel