iklan

Freebsd : Kustomisasi Make.Conf Untuk Instalasi Ports Dan Lainnya

Satu hal yang menciptakan saya tidak merasa nyaman dengan instalasi melalui port waktu saya masih kuliah ialah sebab server yang sedang saya kelola ketika itu berada dalam jaringan yang berproxy. Dengan keterbatasan ilmu, dan pengetahuan yang dimiliki mengenai tips dan trick mengakali install port melalu proxy, seringkali saya karenanya harus menginstall suatu aplikasi dengan berputar-putar terlebih dahulu. Yang dilakukan oleh saya ialah :


1. mend0wnl0ad source dari http/ftp luar ke komputer saya lewat web (d0wnl0ad via web browser berproxy gak ada masalah)

2. mengupload file yang sudah di d0wnl0ad ke server FreeBSD, kemudian menyimpan ke /usr/port/distfiles

3. masuk ke direktori instalasi ports (misalnya apache, cd /usr/ports/www/apache22)

4. jalankan aplikasi install ‘make install clean’

5. ketika butuh file dependensi lain maka saya kembali ke no 1 demikian yang saya lakukan dulu ketika masih cupu. repot? sangat apalagi ketika harus menginstall aplikasi dengan sejuta file dependensi (lebay… he he he)


Masa-masa suram itu tentunya tidak akan saya alami jikalau saja saya lebih dulu mengenal konfigurasi make.conf yang perlu di atur untuk mempermudah proses instalasi melalui ports FreeBSD. Makara konfigurasi apasaja yang harus di atur supaya proses instalasi melalu ports menjadi sesuatu yang menyenangkan, meskipun sedang berada di belakang proxy? berikut beberapa settingan yang berdasarkan saya sangat penting untuk di setting pada file make.conf (/etc/make.conf)


1. Jika mesin/server berada dibelakang proxy tambahkan baris berikut ke make.conf :


FETCH_ENV= HTTP_PROXY=http://[proxy ip]:[proxy port]

FETCH_ENV= FTP_PROXY=http://[proxy ip]:[proxy port]


2. Jika dalam jaringan terdekat menyediakan source program, tambahkan baris berikut (sesuaikan dengan alamat sourcenya) :


MASTER_SITE_OVERRIDE=ftp://ftp.itb.ac.id/pub/FreeBSD/ports/distfiles/${DIST_SUBDIR

3.Jika server kita hanya text based only, tidak memerlukan grafik :

WITHOUT_X11=            YES

4. Untuk memudahkan proses update ports tree, cukup dengan mengetikan 'make update' di /usr/ports :

SUP_UPDATE=yes
SUP= /usr/local/bin/cvsup # override default `csup` in base
SUPFLAGS= -g -L 2
SUPHOST= cvsupX.us.freebsd.org
SUPFILE= /usr/share/examples/cvsup/standard-supfile
PORTSSUPFILE= /usr/share/examples/cvsup/ports-supfile


Demikian beberapa pengaturan make.conf untuk memuluskan proses instalasi melalui ports di FreeBSD


Sumber http://jasait.com

0 Response to "Freebsd : Kustomisasi Make.Conf Untuk Instalasi Ports Dan Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel