iklan

Kebutuhan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Setiap harinya insan perlu makan, minum, pakaian, perumahan, dan lainnya. Apabila satu kebutuhan sudah terpenuhi ingin lagi kebutuhan yang lain, oleh lantaran itu dikatakan bahwa kebutuhan insan itu beraneka ragam dan tidak pernah puas dengan apa yang sudah dimilikinya. Tahukah kau apa yang dimaksud dengan kebutuhan ?

Kebutuhan adalah harapan insan baik berupa barang atau pun jasa yang sanggup memperlihatkan kepuasan bagi jasmani atau rohani untuk kelangsungan hidupnya. Apabila  kebutuhan seseorang sudah terpenuhi baik jasmani maupun rohani maka orang itu sanggup dikatakan makmur. Semakin besar jumlah dan beraneka ragam kebutuhan yang sanggup terpenuhi, maka makin tinggi tingkat kemakmuran.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN

Faktor-faktor yang menghipnotis kebutuhan antara lain:
1.       Pendapatan
Semakin tinggi pendapatan seseorang maka semakin banyak pula kebutuhan factor yang akan dipenuhi.
2.       Jumlah Penduduk
Semakin banyak jumlah anggota keluarga dalam rumah tangga maka makin banyak pula kebutuhannya.
3.       Pendidikan/tingkat pengetahuan
Tingkat pendidikan sanggup menghipnotis kebutuhan manusia, semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang makin banyak pula kebutuhan yang akan dipenuhi.
4.       Tempat Tinggal.
Orang yang tinggal dikota kebutuhannya lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang yang tinggal di pedesaan.
5.       Agama dan susila istiadat
Agama dan susila istiadat menghipnotis barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

JENIS-JENIS KEBUTUHAN
Kebutuhan insan yang beraneka ragam dan tidak terbatas sanggup dikelompokkan berdasarkan tingkat kepentingan (intensitasnya), sifat, waktu pemenuhannya dan subjeknya.

1.       Menurut intensitasnya (tingkat kepentingannya)
Berdasarkan tingkat kepentingannya kebutuhan insan dapat  dibedakan menjadi kebutuhan primer, sekunder dan tersier

a.       Kebutuhan Primer
Kebutuhan sekunder disebut dengan kebutuhan pokok/dasar, kebutuhan tersebut tidak sanggup ditangguhkan pemenuhannya, lantaran apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi maka insan tersebut tidak sanggup melangsungkan kehidupannya.
Contoh kebutuhan primer :
1)      Makan dan Minum ( Pangan)
2)      Pakaian atau sandang
3)      Rumah daerah tinggal.
4)      Pendidikan dan ilmu agama
5)      Kesehatan

 Apabila satu kebutuhan sudah terpenuhi ingin lagi kebutuhan yang lain KEBUTUHAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIb.      Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan tambahan atau pelengkap. Kebutuhan sekunder tidak mutlak harus dipenuhi lantaran apabila kebutuhan ini terpenuhi maka tidak akan mengganggu kelangsungan hidup manusia, tapi kalau terpenuhi maka kehidupan insan dalam lingkungannya akan lebih baik.
Misalnya : Kebutuhan pokok bagi siswa pakaian seragam, buku pelajaran dan lain-lain. Untuk melengkapi pakaian seragam biar rapi digunakan ikat pinggang, pakai jam tangan.
Contoh lainnya, kebutuhan pokok setiap insan makan, minum dan lain-lain. Orang tidak cukup makan nasi dan sambal saja, maka perlu makan buah. Kalau rumah perlu dilengkapi dengan perabot dan lainnya.
Contoh kebutuhan sekunder lainnya adalah, televise, handphone, laptop dll

c.       Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan akan barang mewah, kebutuhan ini sanggup dipenuhi apabila kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder sudah terpenuhi dengan baik.  Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi maka tidak akan mengganggu kelangsunganhidup manusia, tetapi kalau terpenuhi maka insan tersebut sanggup dikatakan makmur dan sejahtera
Contoh : perhiasan emas, kendaraan beroda empat mewah, AC, rumah glamor dll

2.       Kebutuhan berdasarkan waktunya.

Kebutuhan insan berdasarkan waktu dibedakan atas dua macam :
a.       Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan kini yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi pada ketika ini dan tidak sanggup ditunda-tunda. Apabila ditunda maka menciptakan kehidupan seseorang terganggu, mungkin akan menjadikan malapetaka (musibah).
Contoh : Obat bagi seseorang yang sedang sakit, Makanan bagi orang yang sedang lapar, kalau hal ini tidak terpenuhi sanggup menciptakan orang tersebut meninggal.

b.      Kebutuhan yang akan datang.
Kebutuhan yang akan tiba yaitu kebutuhan yang pemenuhannya sanggup ditunda tidak harus sekarang. Kebutuhan ini digunakan untuk kerja yang akan tiba dan dipersiapkan dari sekarang.
Contoh : Menabung, Asuransi, Dana Pensiun dan Pendidikan

3.       Kebutuhan berdasarkan sifatnya.

Kebutuhan ini sanggup dibedakan menjadi dua macam :
a.       Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan Jasmani yaitu kebutuhan insan yang pemenuhannya semata-mata ditunjukkan untuk member kepuasan kepada tubuh atau  jasmani, yang termasuk kebutuhan jasmani menyerupai mobil, sepeda motor, rumah, pakaian dll

b.      Kebutuhan Rohani
Kebutuhan Rohani yaitu kebutuhan yang digunakan untuk member rasa aman, rasa tenang, rasa puas pada jiwa seseorang.
Contoh  : Ilmu pengetahuan, Belajar agama, Rekreasi, Mendengan music dan istirahat.

4.       Kebutuhan berdasarkan subjeknya.
Terdiri dari :
a.       Kebutuhan Individu (perorangan).
Kebutuhan individu (perorangan) yaitu kebutuhan yang mempunyai kegunaan untuk memenuhi kebutuhan seseorang atau individu. Contoh : Sepeda, computer, daerah tinggal, pakaian dll

b.      Kebutuhan social atau kelompok (masyarakat)
Kebutuhan social atau masyarakat yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dibutuhkan bagi kepentingan bersama atau kepentingan orang banyak.

Contohnya : Jalan raya, rumah sakit, telepon umum, pasar, daerah ibadah dan sekolah.

Sumber http://sabenggo1.blogspot.com/

0 Response to "Kebutuhan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel