iklan

Kelainan Dan Penyakit Pada Sistem Ekskresi

Beberapa kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi sanggup kita lihat ibarat yang ada dibawah ini.

1. Gagal Ginjal
Gagal ginjal ialah kelainan ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana
mestinya (sebagai alat penyaring darah).

Ada dua macam gagal ginjal yaitu
gagal ginjal yang bersifat sementara dan gagal ginjal tetap.
Penderita gagal ginjal sementara sanggup ditolong dengan basuh darah secara berkala. Dengan memakai alat yang disebut dialisator darah dari penderita dikeluarkan dari arteri (tabung atas), melewati perangkap gelembung, dan masuk ke dalam ginjal tiruan. Darah yang sudah dimurnikan keluar dari ginjal buatan (bawah), dan dikembalikan ke urat dalam lengan (tabung bawah)

Kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi
Penderita gagal ginjal tetap sanggup ditolong dengan mencangkok ginjal. Ginjal sakit yang dimiliki penderita biasanya diambil. Arteri dan uratnya diikat (agar putus hubungan), kecuali cabang yang berafiliasi dengan kelenjar adrenal. Kemudian ginjal yang sakit tersebut diganti ginjal yang sehat dari donor yang sesuai.

2. Batu Ginjal
Batu ginjal terbentuk alasannya ialah adanya endapan garam kalsium yang makin usang makin mengerasdi rongga ginjal, kemudian terbawa arus urine, juga terdapat di ureter dan kantong kemih.
Batu ginjal sanggup dihilangkan dengan beberapa cara antara lain dengan pengobatan, yaitu mengkonsumsi obat yang sanggup menghancurkan kerikil ginjal. Namun jikalau dengan pengobatan sulit hancur sanggup dilakukan dengan pembedahan untuk mengambil kerikil ginjal tersebut.

3. Diabetes Insipidus
Diabetes insipidus ialah suatu penyakit yang penderitanya mengeluarkan urine terlalu banyak. Penyebab penyakit ini ialah kekurangan hormone ADH (Anti Diuretic Hormone), yaitu hormon yang menghipnotis proses reabsorbsi cairan pada ginjal. Bila kekurangan hormon ADH, jumlah urine sanggup meningkat hingga 30 kali lipat.

4. Nefritis
Nefritis ialah peradangan pada nefron terutama glomerulus. Penyebabnya ialah abuh basil Streptococcus dan membesar.Beberapa kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi sanggup kita lihat ibarat yang ada dibawah ini.


Sumber http://sabenggo1.blogspot.com/

0 Response to "Kelainan Dan Penyakit Pada Sistem Ekskresi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel