iklan

Pengertian, Fungsi, Tujuan Akuntansi Keuangan Terlengkap

Mungkin teman-teman sebelumnya sudah pernah mendengar jenis-jenis akuntansi menyerupai akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi perbankan dan sebagainya.

teman sebelumnya sudah pernah mendengar jenis Pengertian, Fungsi, Tujuan Akuntansi Keuangan Terlengkap

Secara teknis bidang-bidang akuntansi tersebut mempunyai beberapa kesamaan diantaranya yaitu sama-sama dipakai untuk menyajikan warta keuangan. Nah pada artikel kali ini Akuntansilengkap.com akan membahas secara khusus perihal Akuntansi Keuangan.

Secara sederhana akuntansi keuangan sanggup diartikan sebagai suatu bab dari ilmu akuntansi mencakup penyiapan laporan keuangan bagi pihak dalam dan luar perusahaan contohnya pemegang saham, pemasok, kreditor dan sebagainya.

Pengertian Akuntansi Keuangan


Banyak pendapat berdasarkan para hebat perihal akuntansi keuangan diantaranya menurut:

Kieso & Weygant, menyatakan bahwa Akuntansi Keuangan merupakan serangkaian proses penyusunan laporan keuangan yang berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk sanggup menunjukkan manfaat untuk pengguna laporan keuangan baik internal maupun eksternal perusahaan.

Sugiarto menyatakan bahwa Akuntansi Keuangan yaitu bidang dalam akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan secara terencana oleh suatu perusahaan. Laporan ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban administrasi kepada pemegang saham. Persamaan akuntansi yang dipakai yaitu mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan.

Akuntansi keuangan sebagai sebuah sistem yang mengatur aneka macam proses pencatatan transaksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan sampai menyusun sebuah laporan keuangan yang mengenai transaksi yang terjadi.

Akuntansi keuangan yaitu suatu bab dari ilmu akuntansi mencakup penyiapan laporan keuangan bagi pihak dalam dan luar perusahaan contohnya pemegang saham, pemasok, kreditor dan sebagainya.

Akuntansi keuangan yaitu bidang akuntansi berkaitan dengan transaksi-transaksi keuangan yang bekerjasama dengan perubahan asset, modal dan kewajiban perusahaan.

Akuntansi Keuangan mencerminkan suatu bentuk pertanggungjawaban dana yang telah  dipercayakan oleh pihak luar perusahaan sebagai para penyedia dana kepada suatu administrasi perusahaan.

Fungsi Akuntansi Keuangan


Fungsi utama dari akuntansi keuangan yaitu menyediakan warta kondisi dan perkembangan keuangan yang terkait dengan perseorangan, organisasi/perusahaan yang tujuannya sebagai materi pertambangan administrasi untuk mengambil dan memutuskan keputusan yang akurat.

  • Untuk membantu perusahaan mengetahui keuntungan yang diperoleh.
  • Memudahkan perusahaan untuk menghitung dan memilih hak dari aneka macam pihak yang terlibat biak internal maupun eksternal.
  • Sebagai alat untuk menyediakan warta yang mempunyai kegunaan bagi manajamen.
  • Mengelola (mengendalikan) dan mengawasi aktvitas dalam perusahaan.
  • Memudahkan pencapaian sasaran yang telah ditetapkan.

Tujuan Akuntansi Keuangan


Beberapa tujuan akuntansi keuangan berdasarkan para hebat diantaranya adalah:

  • Untuk menyediakan warta yang akurat dan sanggup mendapatkan amanah perihal suatu perubahan sumber ekonomi suatu perusahaan yang timbul dari acara ekonomi guna mendapatkan keuntungan (laba).
  • Untuk menyediakan warta yang terpercaya mengenai Aktiva, Kewajiban dan  yang terakhir Modal.
  • Untuk membantu para pemakai warta keuangan dalam memperkirakan suatu potensi atau peluang perusahaan untuk mendapatkan laba.
  • Untuk mengungkapkan suatu warta lainnya yang berkaitan dengan suatu laporan keuangan yang relevan untuk kepentingan dan kebutuhan pemakai laporan keuangan.

Itulah klarifikasi perihal pengertian, fungsi dan tujuan akuntansi keuangan. Semoga sanggup bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Kunjungi Juga:


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Tujuan Akuntansi Keuangan Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel