iklan

Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word 2007 agar sanggup memakai software Microsoft Office tentu anda harus memahami ihwal apa itu microsoft Word 2007 dan juga cara penggunaanya,  Microsoft Word 2007 ialah sebuah aplikasi yang dipakai untuk mengolah kata yang cukup terkenal dikala ini, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang tersedia di dalam Microsoft Office 2007, software/aplikasi ini dibentuk oleh microsoft dan pertama luncurkan di diluncurkan pada tahun 2007 ini mengalami banyak perubahan dari versi yang sebelumnya yaitu Microsoft Word 2003, berbagai perubahan yang terjadi pada versi ini diantaranya tampilan pada menubar, terdapat tombol office button, ribbon, tab, dan lain lainnya

Pada pertama kali aplikasi pengolah kata ini di luncurkan mempunyai nama Multi-Tool Word yang diluncurkan pada tahun 1983 untuk sistem operasi xenix, sampai tahun 1989 ke atas aplikasi microsoft word ini akibatnya menjadi bab dari Microsoft Office System dan di beri nama Microsoft Office Word sampai pada tahun 2007

Aplikasi pengolah kata ini sering dipakai untuk menciptakan laporan, makalah, buku, surat, tabel, dan lain-lainnya banyak hall yang sanggup dilakukan oleh aplikasi pengolah kata ini, aplikasi Microsoft Word 2007 ini mempunyai banyak fungsi ibarat ketika kita menciptakan laporan dan ingin menambahkan grafik dalam laporan kita sanggup memakai fitur yang ada di dalam Microsoft Word 2007 atau kita sanggup menghemat penggunaan kertas ketika ada laporan yang salah kita sanggup melihat dan mengedit laporan tersebut pada software Microsof Word 2007 sebelum dicetak

oke... sesudah mengetahui apa itu Microsoft Word 2007 dan juga fungsi serta manfaatnya, saya akan menjelaskan bagaimana penggunaan dari software aplikasi Microsoft Word 2007 ini

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word 2007

Aplikasi Microsoft Word 2007 mempunyai konsep What You See Is What You Get (WYSIWYG) apa itu WYSIWYG ?... maksudnya ialah ketika kita menciptakan sebuah document pada Microsoft Word 2007 pada komputer maka ketika dicetak itu lahh yang akan dicetak WYSIWYG bila di bahasa indonesiakan menjadi Apa Yang Kamu Lihat Adalah Apa Yang Kamu Dapatkan tentu saja hal ini membantu kita dalam menciptakan laporan alasannya ialah ini kita tidak perlu ragu ragu dalam menciptakan document

Sebelum memulainya anda perlu membuka aplikasi Microsoft Word 2007 anda dengan cara
1. klik Start
Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

2. klik all program
Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

3. klik Microsoft Office
Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

4. klik Microsoft Word 2007
Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

sesudah anda membukanya maka tampilannya sebagai berikut

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

Microsoft Office 2007 mempunyai beberapa bagian, berikut ialah penjelasannya :

- Office Button
Office Button ialah daerah tools untuk mengatur document, alat fungsi tersebut dipakai untuk mengatur document ibarat menciptakan document baru, menyimpan document, cetak document, dan lain sebagainya
Office Button mempunyai dua tampilan atau sisi, yaitu sisi kiri terdapat alat atau fungsi yang dipakai untuk mengatur document, kemudian sisi kanan biasanya menampilkan file-file yang pernah dibuka atau biasa dipakai untuk menampilkan pilihan lanjutan dari alat yang berada disisi kiri, untuk memunculkan pilihan lanjutan anda cukup mengarahkan pointer mouse (tanda panah penunjuk) ke atas tool yang ada di sebelah kiri dan terdapat tanda segitiga disebelah nama toolnya
Pada Office Button juga terdapat Word Option yang dipakai untuk mengatur microsoft word
Letak Office Button ada di pojok kiri atas sebelah Quick Access Toolbar

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

pada bab sisi kiri terdapat beberapa alat seperti
New(Ctrl+N) : fungsinya untuk menciptakan document baru
Open(Ctrl+O) : untuk membuka file document yang ada
Save(Ctrl+S) : menyimpan document word anda
Save As : menimpan document dalam format yang berbeda
Print(Ctrl+P) : untuk mencetak document anda
Prepare : untuk mengedit propertis dari document ibarat menciptakan tanda document, dan juga sanggup mengamankan document dengan memperlihatkan password
Send : untuk mengirimkan document baik secara fax ataupun email dan lainnya
Publish : untuk menshare document kita siapapun baik diblog atau server
Close : untuk menutup document

- Quick Access Button
Quick Access Button mempunyai fungsi untuk mengatur cara pintas yang ada pada Microsoft Word 2007 biar ketika kita ingin memakai salah satu fungsi yang sering kita gunakan pada Microsoft Word 2007 kita hanya perlu menekan 1 tombol pintas yang sudah kita atur, Quick Access Button ini berisi tombol sortcut ibarat undo, redo, dan lainnya namun anda juga sanggup menambah cara tombol pintas yang ada Quick Access Button, Quick Access Button biasanya berada di kiri atas pada tampilan Microsoft Word 2007

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

pada Quick Access Button secara default terdapat beberapa alat ibarat (dari kiri ke kanan)  :
Save(Ctrl+S) : untuk menyimpan document
Undo(Ctrl+Z) : untuk mengulang kembali apa yang sudah kita rubah pada document kita
Redo(Ctrl+Y) : untuk mengulang maju apa yang sudah kita rubah sesudah di undo
kemudian pada sebelah kanan terdapat tanda panah kecil yang mempunyai kegunaan untuk menambahkan alat pintas yang ada pada Quick Access Button

- Tittle Bar
Title Bar ialah judul dari document yang dibuka atau Tittle Bar ini mengikuti nama document yang disimpan, bila masa aktif software Microsoft Word 2007 anda habis maka pada Tittle Bar akan muncul goresan pena berwarna merah yang mengambarkan anda harus mengaktifasi software anda, kenapa anda harus mengaktivasi software anda ? alasannya ialah Microsoft Word 2007 ialah aplikasi pengolah kata yang berbayar tentu bila kita menggunakannya maka ada batas waktu untuk penggunaannya kecuali anda membeli yang asil

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

ada beberapa fungsi dari Tittel Bar
     -berfungsi untuk memperlihatkan nama document yang dibuka
     -sebagai penunjuk bila software microsoft word telah habis masa aktifnya

- Control Button
Control Button ialah tombol-tombol yang berfungsi untuk mengatur tampilan dari Microsoft Word 2007
letak Control Button ada di pojok sebelah kanan software microsoft word 2007

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

beberapa alat dalam Control Button ibarat (dari kiri ke kanan) :
Close : menutup document
Restore Down : untuk mengecil besar kan tampilan word
Minimize : untuk menghilangkan tampilan word tanpa harus menutup softwarenya

- Ribbon
Ribbon ialah daerah dimana terdapat banyak tools atau alat yang dipakai untuk mengedit atau menciptakan document, jadi Ribbon ini mempunyai fungsi untuk meringkas dan mengurutkan tools sesuai dengan jenis dan fungsinya
Ribbon ini menggantikan fungsi dropdown(menu menurun) yang ada pada versi sebelumnya yaitu Microsoft Word 2003, hal ini tentu menjadi lebih simple dan ringkas dengan adanya ribbon ini jadi kita tidak perlu mencari cari tools atau alat berada dikarenakan sudah dikelompokkan sesuai jenisnya
letak Ribbon ini berada di bawah Tittle Bar dan Office Button

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007


Dalam mengurutkan tools yang berdasarkan jenis dan fungsinya diletakkan pada tab dan group yang berbeda,
Tab ialah pengelompokan fungsi dari tool-tools yang ada di microsoft word 2007
Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

Group ialah pengelompokkan dari beberapa fungsi yang hampir sama namun berbeda
Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

untuk klarifikasi lebih lanjut anda sanggup melihat klarifikasi mengenai Tab Ribbon

- Ruller
Ruller ialah fitur yang ada di Microsoft Word 2007 dipakai untuk mengukur ukuran tinggi dan lebar document, Ruller ini juga berfungsi mengatur batas batas awal paragraf dengan memakai indents
Terdapat dua buah Ruller pada Microsoft Word 2007 yaitu ruller secara horizontal yang berada diatas document dan ruller secara vertical yang berada disebelah kiri document, anda sanggup memuncul atau menyembunyikan ruller ini dengan ruller control yang berada di sebelah kanan atas

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

View Ruller : untuk memunculkan ruller pada Microsoft Word 2007
pada horizontal Ruller terdapat beberapa alat ibarat :
First Line Indent : untuk mengatur letak awal penulisan
Hanging Indent : untuk mengatur sub baris baru
Left Indent : untuk menggeser Hanging Indent dan Frist Line Indent secara bersamaan
Right Indent : untuk mengatur batas simpulan dari sebelah kanan
Right Margin : untuk batas cetak document sebelah kanan
Left Margin : untuk batas cetak document sebelah kiri
Left Tab : dipakai untuk berhenti tabulasi dengan rata kiri
Center Tab : tabulasi untuk berhenti secara rata tengah
Right Tab : dipakai untuk berhenti tabulasi dengan rata kanan
Decimal Tab : dipakai untuk berhenti tabulasi pada angka desimal
Bar Tab : dipakai untuk berhenti tabulasi pada garis tegak
pada Vertical Ruller terdapat beberapa alat ibarat :
Top Margin : untuk mengatur batas atas cetak document
Down Margin : untuk mengatur batas bawah cetak document

- Scroll Bar
Scroll Bar ialah fungsi navigasi yang dipakai untuk melihat layar document atas atau kebawah, biasanya ini dibutuhkan ketika document terlalu banyak sehingga kita perlu melihatnya kebawah dan ke atas atau ke kanan dan kekiri
Scroll Bar terdapat 2 buah yaitu Scroll Bar Vertical  yang dipakai untuk melihat keatas & kebawah document dan Scroll Bar Horizontal yang dipakai untuk melihat ke kanan & ke kiri Document, biasanya Scroll Bar Horizontal akan muncul bila document terlalu kecil ukurannya
letak Scroll Vertical ini berada di sebelah kanan halaman document
letak Scroll Horizontal ini berada di sebelah bawah halaman document sempurna ia atas zoom dan status bar

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

pada Scroll Vertical terdapat
Select Browser Object (Alt+Ctrl+Home) : untuk mengatur seleksi object apakah yang akan dipilih oleh button Prevesious dan Next
Previous (Ctrl+Page Up) ; untuk menuju object sebelumnya, diatur oleh Select Browser Object
Next (Ctrl+Page Down) : untuk menuju object selanjutnya, diatur oleh Select Browser Obhect
Scroll Up : untuk menggeser halaman ke atas
Scroll Down : untuk menggeser halaman ke bawah
untuk Scroll Horizontal terdapat :
Scroll Left : untuk menggeser halaman ke kiri
Scroll Right : untuk menggeser halaman ke kanan

- Zoom
Zoom adalah sebuah fungsi navigasi yang dipakai untuk memperbesar dan memperkecil tampilan view dari document, anda sanggup menggeser kekanan untuk memperbesar dan kekiri untuk memperkecil atau anda sanggup mengatur seberapa besar zoom yang anda inginkan dengan cara mennekan tombol yang ada disebelah kiri zoom yang memperlihatkan berapa persen zoomnya
letak Zoom ini berada di bawah kanan dari document

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

Zoom Slider punya beberapa bab ibarat (dari kiri ke kanan):
Zoom In : untuk memperbesar tingkat zoom
Zoom Out : untuk memperkecil tingkat zoom
Zoom slider : untuk menggeser seberapa besar tingkat zoom, bila di geser ke kiri maka akan lebih kecil, bila di geser ke kanan maka akan membesar
Zoom level : untuk mengatur sendiri seberapa besar zoom yang kita inginkan

- View Mode
View Mode dipakai untuk mengatur jenis tampilan document, kita sanggup mengatur untuk melihat hasil dari document yang diprint, atau melihatnya ketika dibuka di web dan lain sebagainya
letaknya View Mode berada di sebelah kiri dari Zoom Slider

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

Veiw Mode terdapat beberapa bab yaitu (dari kiri ke kanan) :
Print Layout : untuk melihat bagaimana tampilan document yang akan dicetak
Full Screen Reading : untuk melihat secara full dari document kita
Web Layout : bagaimana tampilan dari document bila dilihat di web
Outline : untuk melihat document tanpa ada editan dan tanpa ada gambar
Draft : untuk melihat document dalam bentuk polos hanya ketikan

- Halaman Document
Halaman Document ialah daerah kita menulis, mengedit, atau mengatur document
letaknya Halaman Document sempurna berada ditengah tampilan software Microsoft Word 2007

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

Halaman Document mempunyai beberapa bab yaitu :
Header & Footer : biasanya untuk meletakkan nomor halaman, serta sanggup dipakai untuk catatan kaki
Page : halaman tengah dipakai untuk menulis document

- Status Bar
Status Bar dipakai untuk melihat status dari document ibarat berapa banyaknya halaman yang ada, bahasa yang digunakan, berapa jumlah kata yang terdapat dalam 1 document, dan lain sebagainya
letaknya Status Bar berada di pojok kiri bawah dari Microsoft Word 2007

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

bab dari Status Bar (dari kiri ke kanan) yaitu :
Page Number In Document : untuk melihat seberapa banyak halaman yang ada dalam document
Number of Word in Document : untuk mengetahui seberapa banyak kata yang ada didocument
Spelling and Grammar Checking : untuk mengecek apakah ada kata yang salah atau error
Language : untuk mengatur pengecekan bahasa berdasarkan bahasa yang di atur

- Help Button
Help Button ialah sebuah tool yang dipakai untuk mencari santunan bila kita tidak terlalu memahami apa saja yang ada di Microsoft Word 2007, anda sanggup melihatnya secara offline ataupun online
Untuk shortcutnya anda sanggup menekan F1 untuk memunculkan Word Help nya
letak Help Button berada di bawah Control Button, dan di ujung sebelah kanan Tab

Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word  Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007

memunculkan jendela Help Word, untuk Short Cut (F1)

Ok sekian dulu dari postingan ini yang berjudul Belajar Memahami Pengertian dan Penggunaan serta Fungsi Microsoft Word 2007 semoga bermanfaat bagi anda ^_^



Sumber http://caraexcelpowerpointmsword.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Ms Word 2007 | Penggunaan Fungsi Microsoft Word 2007"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel