Rumus Microsoft Excel | Cara Memakai Rumus Excel Di Ms Excel
Cara Menggunakan Rumus Excel sangat lahh gampang anda hanya perlu mengetahui tahapan serta penulisan yang benar, Microsoft Excel akan secara otomatis memperlihatkan saran dalam penulisan rumus yang nantinya anda gunakan, anda hanya perlu menuliskan awal nama dari rumus fungsi yang ingin anda gunakan kemudian akan muncul daftar rumus yang mempunyai aksara yang anda tuliskan selanjutnya anda sanggup menekan tombol tab untuk eksklusif menggunakannya
Microsoft Excel merupakan software pengolah angka yang cukup terkenal dikala ini software ini bisa menjadi pendukung kerja insan dimana software ini sanggup melaksanakan penghitungan yang banyak ragamnya, didalamnya terdapat banyak rumus fungsi yang sanggup dipakai untuk menghitunng selain itu sanggup juga dipakai untuk menciptakan laporan dalam bentuk tabel, dalam pekerjaan kantor tentu ada Rumus Fungsi Dasar yang sering dipakai dalam kantor untuk memudahkan pekerjaan
Microsoft Excel merupakan software pengolah angka yang cukup terkenal dikala ini software ini bisa menjadi pendukung kerja insan dimana software ini sanggup melaksanakan penghitungan yang banyak ragamnya, didalamnya terdapat banyak rumus fungsi yang sanggup dipakai untuk menghitunng selain itu sanggup juga dipakai untuk menciptakan laporan dalam bentuk tabel, dalam pekerjaan kantor tentu ada Rumus Fungsi Dasar yang sering dipakai dalam kantor untuk memudahkan pekerjaan
Cara Menulis Rumus Fungsi Excel cukup mudah setelah anda mengetahui apa fungsi dari dan kegunaan Microsoft Excel kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara memakai rumus ini sehingga anda tau bagaimana cara memakai rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel yang berkhasiat untuk mempercepat proses perhitungan dengan memakai Microsoft Excel
Untuk memakai rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel tentu anda harus memahami bagaimana cara penulisan rumus fungsi dan juga harus mengetahui rumus fungsi apa saja yang ada pada Microsoft Excel, pada Microsoft Excel terdapat ratusan rumus yang sanggup anda gunakan untuk membantu menuntaskan pekerjaan dengan gampang dan semua rumus tersebut dikelompokkan sesuai dengan kegunaan fungsi tersebut, rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel diberikan nama sesuai dengan kegunaannya sehingga anda harus tahu betul apa saja nama dari rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel
mari kita lihat bagaimanakah cara membuat Rumus Microsoft Excel | Cara Menggunakan Rumus Excel di Ms Excel semoga bermanfaat untuk anda
Dalam pembuatan rumus fungsi yang sederhana diharapkan tanda/symbol/karakter/operator sama dengan (=) yang merupakan awal dari penulisan rumus fungsi, pada Microsoft Excel penulisan tanda sama dengan (=) merupakan hal utama yang harus anda lakukan untuk memulai perhitungan dengan Microsoft Excel, ketika anda memakai tanda sama dengan (=) pada cell yang ada pada Microsoft Excel maka character selanjutnya yang anda tambahkan akan dianggap sebagai operasi perhitungan
Selain bagaimana penggunaan rumus di microsoft excel saya juga akan memberitahukan kepada anda penggunaan lain dari Microsoft Excel menyerupai penggunaan rumus fungsi, mengambil data cell, dan lainnya
A. Penggunaan Operasi Hitung Dasar
Operasi perhitungan yang ada pada Microsoft Excel menyerupai memakai rumus fungsi, menyamakan data dengan cell yang lain, penghitungan langsung, atau mengambil data dari cell yang lain tergantung kebutuhan anda, misal jikalau anda ingin memakai untuk mengambil data dari cell yang lain anda cukup menuliskan tanda sama dengan (=) kemudian menuliskan nama cell yang diinginkan misalnya =a1 maka akan diambil data yang ada pada cell a1, kemudian pada operasi lain jikalau anda menulis character saja sesudah tanda sama dengan dan tidak mempunyai arti sama sekali maka Microsoft Excel akan menganggapnya error atau salah, dan masih banyak operasi lain yang sanggup anda lakukan dengan Microsoft Excel untuk itu saya akan menjelaskannya satu per satu kepada anda semoga ini sanggup membantu anda dalam memakai rumus fungsi yang ada di Microsoft Excel
Untuk pertama kali anda harus mengenal penulisan sederhana dari rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel 2007, saya akan mencontohkan bagaimana penggunaan rumus dengan perhitungan angka sederhana berikut tahapan perhitungannya anda sanggup mengikuti setiap tahapnya perlahan
Pertama anda harus menulis operator sama dengan(=)
Kedua tulis angka atau bilangan yang anda ingin hitung
Ketiga tulis operator yang ingin anda gunakan untuk menghitung menyerupai penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lainnya sesuai dengan keiinginan anda, kali ini saya akan mencontohkan penggunaan operator tambah(+) untuk menjumlahkan bilangan
Keempat tulis angka kedua yang ingin anda tambahkan dengan angka pertama
Kelima kemudian tekan enter jikalau sudah selesai
Anda sanggup menambahkan bilangan yang ingin anda hitung dengan Microsoft Excel, anda sanggup memakai bilangan positif, negatif, pecahan, persen, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan anda, selain itu operator yang dipakai bermacam macam ada operator aritmatika yang dipakai untuk menghitung dan operator budi yang dipakai untuk mencari nilai logika
Baca Juga : Pengenalan Operator Microsoft Excel
Baca Juga : Pengenalan Operator Microsoft Excel
B. Penggunaan Rumus Fungsi Ms Excel
Setelah anda mengetahui penggunaan dasar dari rumus Microsoft Excel kali ini kita akan memakai rumus fungsi yang ada di Microsoft Excel, rumus fungsi yakni sebuah rumus yang sudah dibentuk Microsoft Excel untuk membantu pekerjaan sehingga anda tidak perlu menuliskan rumus secara manual, menyerupai jikalau secara manual untuk penjumlahan anda akan menuliskan rumus =1+2 kemudian menekan enter untuk menghitungnya padahal ada cara lain yang sanggup anda gunakan yaitu memakai rumus fungsi yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel untuk penjumlahan anda cukup memakai rumus fungsi SUM untuk menjumlahkan anda hanya perlu memasukkan angka saja kedalam rumus fungsi tersebut, untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan rumus fungsi saya akan mencontohkan penggunaan rumus fungsi
Saya akan mencontohkan penggunaan rumus fungsi yang umum dipakai dan juga pola penggunaan rumus fungsi yang bekerjasama budi yaitu IF
Pertama tulis simbol atau karakter sama dengan (=) untuk awal penulisan rumus fungsi
Kedua tulis rumus fungsi yang ingin anda gunakan, kali ini saya akan mencontohkan penggunaan rumus fungsi SUM, pada umumnya untuk semua rumus fungsi diawali dengan cara yang sama yang membedakan yakni nama dari rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel jadi pastikan anda sudah mengetahui nama dan bentuk dari rumus fungsi yang anda inginkan
Ketiga kemudian sesudah menulis rumus fungsi tambahkan operator tanda kurung ( untuk mengawali value yang akan dihitung, biasanya ketika anda menuliskan rumus fungsi kemudian menekan tombol tab secara otomatis Microsoft Excel akan menulis kurung buka "(" jikalau belum anda sanggup menuliskan rumus fungsi dan menambahkan tanda kurung buka "(" secara manual
Keempat masukkan value yang ingin anda hitung sanggup anda isi dengan bilangan yang diinginkan
anda sanggup menambahkan banyak bilangan yang ingin anda hitung dengan memperlihatkan Operator pemisah atau Operator Union, pada pola saya memakai titik koma alasannya yakni setingan bahasa yang ada pada komputer yakni bahasa indonesia jikalau anda tidak bisa memakai titik koma maka pakai tanda koma
untuk rumus fungsi yang lain tentu bentuk isi yang harus anda isi kan ke dalam rumus fungsi akan berbeda tergantung rumus fungsi yang anda gunakan, anda harus membaca apa saja yang diharapkan oleh rumus fungsi semoga menerima kan hasil yang anda ingin kan
Kelima tekan tombol keyboard enter jikalau sudah jawaban menghitung angka yang anda inginkan
Bagaimana ? Mudahkan ?..... anda sanggup menghitung dengan gampang menghitung dengan memakai rumus fungsi yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, untuk itu anda perlu mengetahui apasaja rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel
Selanjutnya saya akan memperlihatkan bagaimana cara memakai rumus fungsi yang bekerjasama dengan budi yaitu rumus fungsi IF, dan rumus fungsi IF sanggup ditambahkan dengan operasi hitung lain menyerupai penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lainnya anda sanggup mengikuti setiap tahap ini dengan perlahan
berikut klarifikasi tahapan penggunaan rumus fungsi IF
Pertama tulis operator sama dengan (=) untuk memulai penggunaan rumus fungsi
Kedua tulis kata IF untuk memakai rumus fungsi IF pada Microsoft Excel dan tambahkan tanda kurung buka ( untuk awal memasukkan isi yang akan dipakai untuk menghitung dengan rumus fungsi biasanya sesudah anda menuliskan nama rumus fungsi kemudian menekan tombol tab pada keyboard maka otomatis Microsoft Excel akan menambahkan tanda kurung buka (
Ketiga masukkan nilai yang dibandingkan untuk mengetahui benar atau salah yang nantinya akan dipakai untuk pemilihan apakah akan memakai perintah yang benar atau perintah yang salah
disini saya memakai perbandingan apakah 1 lebih kecil dari 2 anda sanggup memakai Operator pembanding lain yang ada pada Microsoft Excel, dan tidak hanya operator pembanding anda juga sanggup memakai rumus fungsi lain yang dipakai untuk pembanding
Keempat masukkan operator pemisah atau operator union kemudian masukkan bab perintah benar, maksudnya jikalau hasil dari perbandingan itu benar atau true maka akan melaksanakan perintah benar yaitu mencetak kata "aku"
Kelima masukkan lagi operator pemisah atau operator union untuk memisahkan argumen, kemudian masukkan bab perintah salah jikalau hasil dari perbandingan salah maka akan dilakukan perintah salah yaitu mencetak kata "dia" kemudian jikalau sudah tekan enter untuk melihat hasilnya
Keenam kemudian jikalau sudah tekan enter untuk melihat hasil dari perhitungan rumus fungsi
tentu dalam penggunaan rumus fungsi IF diharapkan beberapa bab yang harus anda gunakan untuk memproses logika, ada 3 bab pada rumus fungsi IF yaitu logical_test , value_true , dan value_false yang harus anda isi untuk memakai rumus fungsi IF namun dalam penggunaannya rumus fungsi IF
Baca Juga : Penggunaan Rumus Fungsi IF
Baca Juga : Penggunaan Rumus Fungsi IF
Itu yakni sebagian rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel yang sanggup anda gunakan untuk membantu pekerjaan dan perlu untuk diingat dalam penulisannya rumus fungsi besar kecilnya aksara yang anda gunakan untuk menuliskan nama dari rumus fungsi yang ada tidalah kuat yang penting selama penulisan benar maka akan tetap bisa digunakan
C. Penggunaan Untuk Mengambil Referensi Data Cell
Selain untuk menghitung dengan operator aritmatika dan menggunakan rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel anda juga sanggup mengambil data dari cell yang anda ingin ambil datanya, anda sanggup menuliskan nama cell sesudah operator sama dengan (=) kemudian menekan enter untuk melihat hasilnya, jikalau anda hanya menuliskan nama cell sesudah operator sama dengan (=) maka kesannya cell yang kita tulis rumus isinya akan sama dengan cell yang anda tulis tadi
Mengambil rujukan data dari cell yang lain cukup membantu untuk perhitungan atau menciptakan laporan alasannya yakni secara otomatis isi cell a yang kita atur untuk melihat cell b lmaka akan sama isi cellnya sehingga ketika ada perubahan isi pada cell b secara otomatis isi cell a juga akan mengalami perubahan
Selanjutnya saya akan menjelaskan secara sedikit demi sedikit bagaimana cara mengambil data dari cell lain sederhana dengan tahap per tahap, berikut yakni penjelasannya
Pertama tulis operator sama dengan (=) dengan untuk memilai penulisan rumus
Kedua tulis nama cell yang anda inginkan, nama cell yang pertama ditulis yakni bab kolom cell kemudian nama baris cell, jikalau anda menuliskannya terbalik maka Microsoft Excel tidak akan mengenali cell yang anda ingin gunakan
Ketiga pada tahap ini selain anda menuliskan nama cell yang ingin diambil datanya, anda juga sanggup mengklik cell yang ingin diambil sehingga anda tidak perlu repot menulis nama cell
Keempat tekan enter sesudah anda jawaban menuliskan nama cell untuk melihat hasil
perlu diingat baris dan kolom itu berbeda namun jikalau anda resah saya akan memperlihatkan pola dengan gambar perbedaan kolom dan baris berikut yakni gambarannya :
Pengambilan data dari cell lain biasanya tidak hanya mengambil 1 buah cell saja tetapi sanggup mengambil beberapa cell yang dipakai untuk menghitung atau disebut dengan rentang cell, rentang cell yakni sekumpulan data yang sudah dipilih oleh pengguna dimana isinya nanti dari setiap cell yang dipilih akan diproses dengan operasi perhitungan yang ada pada Microsoft Excel
Baca Juga : Mengambil Data dari Rentang Cell dengan Mudah
Demikian ulasan saya kali ini tentang Rumus Microsoft Excel atau Cara Menggunakan Rumus Excel Di Ms Excel. semoga apa yang saya sampaikan kali ini sanggup bermanfaat untuk anda.
0 Response to "Rumus Microsoft Excel | Cara Memakai Rumus Excel Di Ms Excel"
Posting Komentar