Cara Mengoperasikan Kemudahan Consolidate Pada Excel 2007
Rumus excel lengkap menjelaskan salah satu akomodasi penting dalam excel yang harus diketahui ialah Consolidate, akomodasi yang dipakai untuk menggabungkan nilai dari beberapa rentang dalam satu rentang baru. Maksudnya meringkas data dari beberapa sumber menjadi satu jumlah data dalam suatu range.
Dalam kehidupan sehari-hari akomodasi consolidate ini dipakai untuk menghitung atau menjumlah suatu data dengan beberapa sumber yang berbeda, contohnya kita mempunyai tiga toko. Ketiga toko tersebut menjual barang yang sama, namun ternyata penghasilan pendapatan penjualannya berbeda. Dari ketiga toko tersebut kita ingin mengetahui pendapatan masing-masing. Dalam kasus inilah kita memakai fassilitas Consolidate untuk menuntaskan persoalan tersebut dengan gampang dan cepat. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut.
Cara Menggunakan Fasilitas Consolidate Pada Excel 2007
Sebagaimana telah dijelaskan di atas, akomodasi Consolidate pada excel berfungsi menggabungkan data atau meringkas data yang berbeda-beda menjadi satu data baru, biasanya penggunaan akomodasi ini untuk menciptakan laporan dari beberapa sumber sehingga menjadi satu, sehingga gampang untuk ditampikan.
Baiklah mari simak langkah-langkah pengoperasiaanya berikut;
Pertama, Kita buat terlebih dahulu pola datanya sebagai berikut.
Pada sheet 1 kita buat data untuk Toko 1
Pada sheet 2 kita buat data untuk Toko 2
Pada sheet 3 kita buat data untuk Toko 3
Dari ketiga data tabel diatas, kita ingin mengetahui jumlah total keseluruhan barang yang ada yaitu Televisi, Kulkas, Mesin Cuci, dan Kipas Angin.
Laporan Total akan kita letakkan pada Sheet 4.
>> Buka Sheet 4
>> Klik Tab Menu Data
>> Pada Group Data Tools Klik Consolidate.
Selanjutnya akan tampil obrolan Consolidate, sebagai berikut.
Pada bab Function pilih SUM, kemudian pada bab Reference masukkan sumber data 1,“Sheet1!$A$5:$B$95” (tanpa tanda petik) untuk Toko 1, kemudian Klik Add. Masukkan sumber data 2 (Sheet2!$A$5:$B$9) untuk Toko 2, klik Add dan masukkan data 3 (Sheet3!$A$5:$B$9) untuk Toko 3, klik Add.
Selanjutnya untuk bab Use labels in, centang Top row dan Left colomn. Klik OK, Bisa dilihat kesannya pada tampilan berikut.
Lihat apa yang akan terjadi? Pada laporan di atas secara otomatis ditampilkan jumlah total hasil penjualan dari ketiga sumber tersebut yaotu toko 1, 2 dan 3
Demikian cara mengoperasikan akomodasi Consolidate yang sangat membantu memudahkan untuk menciptakan laporan yang di ambil dari banyak sekali sumber. Semoga bahan ini membantu dalam mengelola data—khususnya laporan penjualan—atau laporan-laporan lainnya. Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com
Dalam kehidupan sehari-hari akomodasi consolidate ini dipakai untuk menghitung atau menjumlah suatu data dengan beberapa sumber yang berbeda, contohnya kita mempunyai tiga toko. Ketiga toko tersebut menjual barang yang sama, namun ternyata penghasilan pendapatan penjualannya berbeda. Dari ketiga toko tersebut kita ingin mengetahui pendapatan masing-masing. Dalam kasus inilah kita memakai fassilitas Consolidate untuk menuntaskan persoalan tersebut dengan gampang dan cepat. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut.
Cara Menggunakan Fasilitas Consolidate Pada Excel 2007
Sebagaimana telah dijelaskan di atas, akomodasi Consolidate pada excel berfungsi menggabungkan data atau meringkas data yang berbeda-beda menjadi satu data baru, biasanya penggunaan akomodasi ini untuk menciptakan laporan dari beberapa sumber sehingga menjadi satu, sehingga gampang untuk ditampikan.
Baiklah mari simak langkah-langkah pengoperasiaanya berikut;
Pertama, Kita buat terlebih dahulu pola datanya sebagai berikut.
Pada sheet 1 kita buat data untuk Toko 1
Pada sheet 2 kita buat data untuk Toko 2
Pada sheet 3 kita buat data untuk Toko 3
Dari ketiga data tabel diatas, kita ingin mengetahui jumlah total keseluruhan barang yang ada yaitu Televisi, Kulkas, Mesin Cuci, dan Kipas Angin.
Laporan Total akan kita letakkan pada Sheet 4.
>> Buka Sheet 4
>> Klik Tab Menu Data
>> Pada Group Data Tools Klik Consolidate.
Selanjutnya akan tampil obrolan Consolidate, sebagai berikut.
Pada bab Function pilih SUM, kemudian pada bab Reference masukkan sumber data 1,“Sheet1!$A$5:$B$95” (tanpa tanda petik) untuk Toko 1, kemudian Klik Add. Masukkan sumber data 2 (Sheet2!$A$5:$B$9) untuk Toko 2, klik Add dan masukkan data 3 (Sheet3!$A$5:$B$9) untuk Toko 3, klik Add.
Selanjutnya untuk bab Use labels in, centang Top row dan Left colomn. Klik OK, Bisa dilihat kesannya pada tampilan berikut.
Lihat apa yang akan terjadi? Pada laporan di atas secara otomatis ditampilkan jumlah total hasil penjualan dari ketiga sumber tersebut yaotu toko 1, 2 dan 3
Demikian cara mengoperasikan akomodasi Consolidate yang sangat membantu memudahkan untuk menciptakan laporan yang di ambil dari banyak sekali sumber. Semoga bahan ini membantu dalam mengelola data—khususnya laporan penjualan—atau laporan-laporan lainnya. Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com
0 Response to "Cara Mengoperasikan Kemudahan Consolidate Pada Excel 2007"
Posting Komentar