iklan

Ini Ia 5 Tips Jitu Cara Ternak Angsa Dari Kota Brebes

 mataku tertuju pada gugusan para penjual telor asin yang menjadi cirri khas produk andala Ini Dia 5 Tips Jitu Cara Ternak Bebek Dari Kota Brebes
gambar ternak bebek

Dalam perjalananku menuju Jakarta, ketika datang di tempat Brebes, Jawa Tengah, mataku tertuju pada gugusan para penjual telor asin yang menjadi cirri khas produk andalan warga setempat. Akhirnya kuparkirkan mobilku pada salah satu warung yang menjajakan aneka olahan yang terbuat dari telur angsa tersebut.


Setelah berkenalan dengan sang pemilik warung, Pak Sukardi namanya, Kamipun ngobrol ngalor ngidul hingga hingga pada dialog Ternak Bebek yang Pak Sukardi lakukan di rumahnya sendiri sekitar 500 meter dari toko miliknya tadi.


Saya pun diajak oleh Beliau untuk mampir ke rumahnya, melihat ternak angsa miliknya. Pak Sukardi ternyata tidak hanya ternak angsa petelur untuk kebutuhan pasokan warungnya, Beliau juga ternak angsa pedaging untuk memenuhi permintaan warung – warung tenda khas Lamongan yang menjual Bebek Goreng dan Bebek Bakar di sekitar rumahnya.


Ternak Bebek yang Pak Sukardi lakukan sudah dilakukan semenjak tahun 2000an, kala itu bahwasanya tidak sengaja dan tidak pernah terpikir olehnya bahwa ternyata sumber rejeki keluarganya justru berasal dari Ternak Bebek.


 mataku tertuju pada gugusan para penjual telor asin yang menjadi cirri khas produk andala Ini Dia 5 Tips Jitu Cara Ternak Bebek Dari Kota Brebes
gambar bibit ternak bebek

Berawal dari ekspresi dominan PHK kala itu, Pak Sukardi yang terkena PHK dari Perusahaan tempatnya bekerja merasa resah harus diapakan pesangon yang Beliau dapat, sesudah berdiskusi dengan Istri tercinta, risikonya Beliau memutuskan untuk ternak Bebek. Saat itu yang terpikir olehnya hanyalah untuk menyambung hidup dan mencukupi kebutuhan anak istrinya.


Saya pun iseng bertanya kenapa Bapak berpikir ternak angsa kala itu? Pak Sukardi pun menjawab bahwa ketika itu ia membaca peluang bahwa di wilayahnya banyak yang menjual produk Telur Asin, tentunya untuk menjual hasil ternak angsa nya tidak mengalami kesulitan lantaran para tetangganya sendiri kala itu masih kekurangan pasokan Telur Bebek sebagai materi bakunya.


Pada awal perjuangan Ternak Bebek nya, pak Sukardi hanya bisa membeli Bibit Bebek Petelur sekitar 10 ekor saja. Dengan tekun dan penuh semangat Pak Sukardi pun memulai Ternak Bebeknya dengan dibantu oleh istrinya yang memang sehari harinya hanya bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga.


Seiring berjalannya waktu, dengan kerja keras dan ketekutan yang Beliau lakukan, sekarang Ternak Bebeknya mencapai kurang lebih 10.000 ekor. Bahkan tidak hanya Bebek Petelur saja, sekarang Pak Sukardi merambah usahanya dengan Ternak Bebek Pedaging untuk memenuhi permintaan pasar di daerahnya.


 mataku tertuju pada gugusan para penjual telor asin yang menjadi cirri khas produk andala Ini Dia 5 Tips Jitu Cara Ternak Bebek Dari Kota Brebes
gambar bisnis ternak bebek

Beliau pun tak segan untuk memperlihatkan tips jitu biar perjuangan ternak bebek sanggup menuai hasil yang maksimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya yaitu :


Berikut 5 Tips Jitu Cara Ternak Bebek


1. Persiapan Kandang Ternak Bebek


Kandang yang akan dipakai untuk Ternak Bebek yang baik tidak perlu terbuat dari materi yang mahal, asalkan bersih dan bersih juga sanggup menampung Bibit Bebek yang akan Anda bubidayakan tanpa berdesakan.


Hanya saja berdasarkan Pak Sukardi, sangkar untuk Ternak Bebek yang baik yaitu sangkar yang mempunyai kelembaban kurang lebih 65% , dengan temperatur sangkar kira – kira 38 – 39 derajat celcius biar perkembangan Bibit Bebek sanggup tumbuh maksimal sesuai dengan yang diharapkan.


2. Menentukan Bibit Ternak Bebek


Hal terpenting berikutnya sesudah sangkar siap, yaitu pemilihan hibrida Bebek yang akan Anda ternak. Ciri – cirri fisik bibit Bebek yang manis yaitu bulu Bebek berwarna kuning mengkilat dan terbebas dari banyak sekali macam penyakit atau cacat fisik.


3.     Tahapan Pemeliharaan Ternak Bebek


Pemeliharaan yang dimaksud dalam Ternak Bebek yaitu sanitasi dan pengawasan secara rutin biar Bebek – Bebek yang sakit sanggup segera ditangani dan tidak menularkan penyakitnya kepada Bebek yang lain. Tahan ini memerlukan ketekunan dan perhatian ekstra bagi para Peternak Bebek, begitu kata Pak Sukardi.


4.     Pemberian Pakan Ternak Bebek


Pak Sukardi memperlihatkan diam-diam kenapa Ternak Bebeknya sanggup berkembang cepat dan menguntungkan. Beliau memakai pakan olahan sendiri dari materi jagung, bekatul, tepung ikan, bungkil, dengan dicampur aksesori biar Bebeknya sehat. Keuntungan menciptakan pakan sendiri sanggup menekan biaya pakan yang biasanya sangat mahal.


5.     Masa Panen Ternak Bebek


Masa inilah yang biasanya dinantikan oleh para Peternak Bebek. Yang perlu diperhatikan pada tahap ini yaitu bagaimana Anda sanggup menyeimbangkan antara hasil panen dengan kebutuhan pasar. Jangan hingga hasil panen Anda melebihi kuota permintaan pasar yang sanggup menyebabkan kelebihan hasil produksi sehingga perputaran uang perjuangan Ternak Bebek Anda kurang maksimal.


Hal ini sanggup diantisipasi dengan cara mencari sebanyak banyaknya calon pembeli hasil Ternak Bebek Anda. Kebetulan duduk perkara ini bukan hal yang serius bagi Pak Sukardi. Sebab untuk memenuhi permintaan pasar di tempat Brebes saja, Ternak Bebek yang dimiliki Beliau masih sangat kewalahan.


Untuk Anda yang ingin mencoba ternak bebek, Pak Sukardi tidak sungkan untuk mengundang Anda ke lokasi Ternak Bebek miliknya. Beliau justru sangat bahagia bila ada Orang yang ingin mencar ilmu wacana Ternak Bebek mengingat permintaan pasar baik Telur Bebek maupun Daging Bebek masih sangat tinggi.


 mataku tertuju pada gugusan para penjual telor asin yang menjadi cirri khas produk andala Ini Dia 5 Tips Jitu Cara Ternak Bebek Dari Kota Brebes
gambar telur ternak bebek

Tanpa terasa langit sudah mulai gelap, Saya pun berniat pamit untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Tanpa disangka Pak Sukardi memperlihatkan Saya beberapa Telur Asin hasil olahannya sendiri. Saya pun kembali berterimakasih atas derma itu. Sudah sanggup ilmu banyak wacana Ternak Bebek, masih pula dikasih Telur Asin gratis hehehe


Dan mobilku pun kembali melaju menyisiri pantura menuju tujuan Saya sebenarnya, menyisakan rasa ingin tau untuk mempraktekkan ilmu yang gres saja didapat mengenai perjuangan Ternak Bebek yang menggiurkan. Bagaimana dengan Anda apak tertarik melokani perjuangan ternak bebek? Semoga Artikel ini sanggup meng Inspirasi Anda Untuk membuka perjuangan baru..




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Ia 5 Tips Jitu Cara Ternak Angsa Dari Kota Brebes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel