iklan

Rumus Excel If | Cara Memakai Fungsi If Di Microsoft Excel

Microsoft Excel 2007 adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampilan kerja berupa kumpulan tabel yang sanggup dipakai untuk menciptakan laporan keuangan dengan mudah, Microsoft Excel 2007 mempunyai kumpulan rumus yang sanggup dipakai untuk menghitung, selain untuk menghitung rumus yang ada pada Microsoft Excel 2007 juga mempunyai fungsi lain menyerupai rumus fungsi =today() yang dipakai untuk melihat tanggal dan hari ketika ini 

Pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan Rumus Excel IF atau Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel sebelumnya kita sudah membahas Kumpulan Dasar Rumus Fungsi Excel pada Microsoft Excel 2007 dimana diantaranya terdapat rumus fungsi IF, ya fungsi IF sangat mempunyai kegunaan sekali untuk membantu menuntaskan pekerjaan penghitungan yang bekerjasama dengan logika, untuk lebih jelasnya mari kita lihat apa itu rumus excel IF dan bagaimana atau menyerupai apa cara penggunaannya pada rumus Microsoft Excel 2007

Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi IF yaitu sebuah rumus yang dipakai sebagai pengecek atau membandingkan suatu kondisi atau syarat biar ketika syarat itu terpenuh maka akan menentukan nilai sebuah nilai dan ketika syarat itu tidak terpenuhi maka akan menentukan nilai yang lain, rumus if juga sanggup ditambahkan dengan rumus fungsi excel lainnya, kita akan mempelajari beberapa hal yang sanggup dilakukan dari rumus fungsi if

1. Operator Pembanding (Comparison Operator)

Operator Pembanding sesuai dengan namanya operator ini dipakai untuk membandingkan dua buah nilai yang akan dipakai untuk menentukan apakah syarat atau kondisi tersebut terpenuhi atau tidak, operator ini membantu dalam penggunaan rumus fungsi IF, berikut operatornya beserta fungsinya :

 - Sama dengan (=)
 - Kurang dari (<)
 - Lebih dari (>)
 - Kurang dari atau sama dengan (<=)
 - Lebih dari atau sama dengan (>=)
 - Tidak sama dengan (<>)

ada beberapa Rumus Fungsi Excel yang sanggup dipakai untuk membantu penghitungan logika menyerupai :
 - And
 - Or
 - Not

untuk lebih jelasnya anda sanggup melihat pada Operator Microsoft Excel

2. Penggunaan IF tunggal / sederhana / sendiri

IF tunggal dipakai untuk menentukan apakah suatu nilai tersebut memenuhi atau tidak

misal kalau ada sebuah nilai yang sudah di ketahui dan kita ingin nilai itu memenuhi syarat atau kondisi yang sudah kita tentukan, maka kita cukup memakai sebuah rumus excel IF untuk mengetahuinya berikut penulisan rumusnya :

=IF(value_test;value_true;value_false)

adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel
klarifikasi rumus :
-logical_test untuk kondisi atau syarat yang akan dipakai untuk menentukan apakah nilai tersebut memenuhi atau tidak memenuhi kondisi atau syarat
-value_true untuk sebuah nilai yang akan dipilih ketika kondisi atau syarat terpenuhi atau benar(TRUE)
-value_false untuk sebuah nilai yang akan dipilih ketika kondisi atau syarat tidak terpenuhi atau salah(FALSE)

3. Penggunaan IF beragam / ganda / bertumpuk

IF majemuk yaitu sebuah IF yang sanggup dipakai untuk menguji sebuah nilai yang memerlukan banyak syarat atau tahap biar sanggup menentukan apakah memenuhi syarat atau tidak

Disini saya mempunyai 2 contoh, teladan sederhana dan teladan yang kompleks

Contoh sederhana mencari tau apakah nilai yang di masukkan mendapat nilai A, B, atau C :
adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel
klarifikasi rumus :
pada gambar terdapat 3 buah syarat dimana
-syarat ke 1 kalau nilai dibawah 50 maka mendapat nilai C
-syarat ke 2 kalau nilai diatas samadengan 50 atau dibawah sama dengan 60 maka mendapat nilai B
-syarat ke 3 kalau nilai diatas 60 maka akan mendapat nilai A

Contoh kompleksnya bagaimana memakai IF bercabang, kalau saya ingin mengetahui bagaimana cara menentukan tahun itu kabisat atau bukan
adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel



untuk lebih jelasnya menyerupai ini
adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel
klarifikasi rumus :
- Syarat ke 1 kalau tahun habis dibagi 400 maka kabisat
- Syarat ke 2 kalau tahun tidak habis dibagi 400 dan habis dibagi 100 maka bukan kabisat
- Syarat ke 3 kalau tahun tidak habis dibagi 400 dan tidak habis dibagi 100 dan habis dibagi 4 maka kabisat
- Syarat ke 4 kalau tahun tidak habis dibagi 400 dan tidak habis dibagi 100 dan tidak habis dibagi 4 maka bukan kabisat


4. Penggunaan IF dengan aritamatika

IF memerlukan data atau nilai yang sudah diolah biar sanggup ditentukan apakah nilai yang sudah diolah tersebut sudah memenuhi atau tidak, untuk melakukannya biasanya memerlukan 3 hingga 4 cell dimana :
cell 1 dipakai untuk nilai pertama
cell 2 dipakai untuk nilai kedua
cell 3 dipakai untuk menghitung antara cell 1 dengan cell 2
cell 4 dipakai IF untuk menentukan dari cell 3
adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

anda sanggup menyingkatnya menjadi 2 hingga 3 cell dimana :
cell 1 dipakai untuk nilai pertama
cell 2 dipakai untuk nilai kedua
cell 3 dipakai untuk IF
adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

untuk IF dengan aritmatika anda sanggup memakai rumus excel menyerupai sqrt(akar),sum,average,dan lain lain anda sanggup meliat rumus nya di sini

5. Penggunaan IF dengan kalimat

Tidak semua IF harus membandingkan angka, IF juga sanggup dipakai untuk membandingkan huruf, berikut cara penulisan rumusnya :
adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

perlu diingat kalau memakai karakter pada Rumus Fungsi IF harus memakai tanda " " (kutip)

6. Penggunaan IF dengan LEFT , RIGHT , MIDLE

rumus IF juga sanggup mengambil beberapa karakter dari sebuah kata, misal kalau mahasiswa mempunyai isyarat 14xxxxxxx maka akan diambil hanya angka 14 yang mewakili mahasiswa masuk pada tahun 2014 atau kalau ada isyarat pengiriman barang menyerupai regxxxxx maka akan diambil kata reg yang mewakili kata "reguler"

fungsi if sanggup mengambil sebagian kata baik di kiri, tengah, kanan dimana terdapat isyarat unik yang sanggup di baca
rumus fungsi IF LEFT
mengambil karakter yang ada disebelah paling kiri dari sebuah kata :

adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

Penjelasan rumus :
=if(left(a2;2)="14";2014;"tidak ada tahun")

==>  rumus =if( sebagai awal bab rumus if
==>  left(a2;2) berfungsi sebagai rumus yang dipakai untuk mengambil karakter yang paling kiri dalam sebuah kata, a2 yaitu letak cell yang diambil hurufnya, 2 yaitu banyaknya karakter yang diambil
==>  bagian ="14" yaitu sebuah test apakah hasil dari Rumus Fungsi LEFT sama dengan kata 14 (dalam hall ini angka 14 tetap dianggap sebagai karakter bukan angka jadi dalam penulisan rumusnya tetap memakai tanda kutip( " " ) untuk lebih jelasnya shilahkan lihat disini )
==>  bagian ;2014 kalau hasil dari Rumus Fungsi LEFT sama dengan kata 14 atau kalau hasil bernilai true(benar)
==>  bagian ;"tidak ada tahun" kalau hasil dari Rumus Fungsi LEFT tidak sama dengan kata 14 atau kalau hasil bernilai false(salah)

rumus fungsi IF MID
mengambil dari karakter yang berada ditengah kata :

adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

Penjelasan rumus :
=if(mid(a5;3;3)="reg";"reguler";"yanglain")

==>  rumus excel =if( sebagai awal bab rumus if
==>  mid(a5;3;3) berfungsi sebagai rumus yang dipakai untuk mengambil karakter yang berada ditengah dalam sebuah kata, a5 yaitu letak cell yang diambil hurufnya, 3 pertama yaitu pada karakter keberapa karakter akan diambil, 3 kedua yaitu banyak karakter yang akan diambil
==>  bagian ="reg" yaitu sebuah value yang akan dipakai untuk mengetahui apakah hasil dari Rumus Fungsi MID sama dengan kata reg
==>  bagian ;"reguler" dipilih kalau hasil Rumus Fungsi MID yaitu reg maka akan tertulis "reguler" atau kalau hasil bernilai true(benar)
==>  bagian ;"yanglain" dipilih kalau hasil Rumus Fungsi MID bukan reg maka akan tertulis "yanglain" atau kalau hasil bernilai false(salah)

rumus fungsi IF right
mengambil dari karakter yang ada di sebelah paling kanan dari sebuah kata

adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

Penjemasan Rumus :
=if(right(a8;1)="3";"3 hari";"tidak hari")

==>  bagian =if( yaitu awal penulisan rumus fungsi IF
==>  right(a8;1) berfungsi sebagai rumus yang dipakai untuk mengambil karakter pada bab paling kanan dari sebuah kata, a8 yaitu letak rujukan kata yang diambil katanya, 1 yaitu banyaknya karakter yang diambil dimulai dari paling kanan
==>  bagian ="3" yaitu sebuah tester apakah hasil dari Rumus Fungsi RIGHT sama dengan kata 3 (dalam hall ini angka 3 dibaca sebagai karakter bukanlahh angka oleh alasannya itu dipakai tanda kuti ( " " untuk lebih jelasnya silahkan liat disini )
==>  bagian ;"3 hari" yaitu sebagai value_true, dipilih kalau hasil dari Rumus Fungsi RIGHT sama dengan 3 maka akan tertulis 3 hari
==>  bagian ;"tidak hari" adlah sebagai value_false, dipilih kalau hasil dari Rumus Fungsi Right tidak sama dengan 3 maka akan tertulis "tidak hari"

7. Penggunaan IF dengan tanggal

Rumus fungsi IF sanggup ditambahkan rumus lain menyerupai rumus untuk tanggal, hal ini sanggup membantu menentukan apakah hari yang di tentukan sudah terlewat atau belum, menghitung jumlah hari / bulan / tahun antara dua tanggal

contoh 1, mengetahui apakah tanggal kini sama dengan tanggal yang kita tentukan memakai rumus fungsi today :

adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

penjelasan :
=if(a1=today();"sekarang";"bukan sekarang")

- bab =if( yaitu awal Rumus Fungsi IF
- a1 yaitu letak rujukan tanggal yang akan ditentukan apakah sama dengan tanggal yang dibandingkan
- sama dengan(=) yaitu operator pembanding
- today() yaitu salah satu rumus tanggal yang ada di Microsoft Excel 2007 yang dipakai untuk mengetahui tanggal kini sanggup dilihat pada tanggal yang ada di pc/laptop agan, untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini
- "sekarang" yaitu value_true, akan ditulis atau ditampilkan ketika syarat atau kondisi terpenuhi atau value bernilai benar(salah)
- ;"bukan sekarang" yaitu value_false, akan ditulis atau ditampilkan kalau syarat atau kondisi tidak terpenuhi atau value bernilai false(benar)

contoh 2, untuk mengetahui apakah tanggal tersebut libur atau tidak memakai rumus fungsi choose dan rumus fungsi weekday :

adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel


penjelasan rumus :

=if(choose(weekday(a1;1);"minggu";"senin";"selasa";"rabu";"kamis";"jum'at";"sabtu")="minggu";"hari libur";"hari tidak libur")

ada 3 bab dalam rumus ini

- bab =if( sebagai awal penulisan rumus

=> Bagian pertama sebagai test_valuenya
- choose dipakai untuk mengubah dari angka menjadi bilangan yang sudah kita tentukan
- weekday untuk mengubah hari menjadi angka sesuai urutan
- bab ;"minggu" yaitu value pertama yang dipilih kalau kesannya 1
- bab ;"senen" yaitu value kedua yang dipilih kalau kesannya 2, dan seterusnya

=> Bagian kedua sebagai value_true(benar) atau kalau nilai benar hari ini hari minggu
- "hari ini libur" kalau hari ini yaitu hari ahad atau nilai benar minggu, maka tertulis hari ini hari libur

=> Bagian ketiga sebagai value_false(salah) atau kalau nilai salah hari ini bukan hari minggu
- "hari ini tidak libur"

8 Penggunaan IF untuk mengecek apakah kosong(empty) atau tidak(not)

IF juga sanggup memakai rumus ISBLANK, apa itu ? ISBLANK yaitu rumus fungsi excel yang dipakai untuk mengecek apakah field atau cell yang ada pada table excel kosong atau tidak

ada cara lain untuk mengetahui apakah suatu cell itu kosong atau tidak selain memakai rumus ISBLANK kita juga sanggup memakai dua tanda kutip ( "" )

dengan adanya ini kita sanggup memebuat sebuah laporan dimana kalau belum terisi atau masih kosong maka kita sanggup menciptakan sebuah perintah untuk mencetak sesuatu

teladan sederhananya yaitu peminjaman buku, kalau buku yang dipinjam belum dikembalikan maka tanggal kembali kosong, kemudian kalau field kembali kosong maka akan tertulis belum dikembalikan, untuk lebih jelasnya silahkan lihat teladan penggunaan rumus ini :

Contoh 1 memakai ISBLANK :
adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

klarifikasi rumus :
=if(isblank(c3);"belum dikembalikan";"sudah dikembalikan")

=>    tulisan  =if(  adalah bab awal dari rumus if
=>    isblank(c3) yaitu rumus fungsi yang dipakai untuk mengecek apakah kosong atau tidak dan          juga sebagai value_test, c3 yaitu letak atau posisi cell yang dilihat atau di cek
=>    titik koma(;) sebagai pemisah antara value_test dengan value_true
=>    "belum dikembalikan" sebagai value_true(benar) , dipilih kalau nilai memenuhi kondisi atau                  syarat pada value_test
=>    "sudah dikembalikan" sebagai value_false(salah) , dipilih kalau nilai memenuhi kondisi atau                  syarat pada value_test

Contoh 2 memakai TANDA DUA KUTIP ( "" ), tanda ini juga sanggup kita gunakan untuk melihat apakah cell kosong atau tidak alasannya tanda dua kutip ( "" ) artinya kosong atau tidak ada apa berbeda kalau diantara tanda dua kutip terdapat spa si atau jarak ( " " ) artinya tidak kosong terdapat tanda spasi berikut teladan penggunaan tanda dua kutip ( "" )

adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

Penjelasan rumus :
=if(c3="";"belum dikembalikan";"sudah dikembalikan")

=>  bagian dari rumus excel =if( yaitu awal rumus fungsi IF
=>  c3="" yaitu fungsi untuk mengetahui apakah cell c3 sama dengan kosong
=>  bagian   ;"belum dikembalikan" sebagai value_true(benar)  jika nilai sudah memenuhi syarat maka akan tercetak "belum dikembalikan"
=>  bagian   ;"sudah dikembalikan" sebagai value_false(salah) kalau nilai tidak memenuhi syarat maka akan tercetak "sudah dikembalikan"

Contoh 3 memakai fungsi OR, ada banyak hall yang sanggup dipakai untuk menandai kalau cell tersebut kosong beberapa kegiatan biasanya menandainya dengan tanda minus/strip ( - ) ada juga yang memakai spas ( ), kita memakai fungsi OR untuk menggabungkan semuah tanda tersebut untuk menyatakan cell tersebut kosong hall ini diharapkan alasannya kalau mengisi selain lambang itu maka akan dianggap cell itu isi

adalah sebuah software yang sanggup dipakai untuk menghitung angka dengan gampang dan tampil Rumus Excel IF | Cara Menggunakan Fungsi IF di Microsoft Excel

klarifikasi rumus :
=if(or(c3="";c3="-";c3=" ";"belum dikembalikan";"sudah dikembalikan")

=>    tulisan   =if(   yaitu bab awal dari rumus if
=>    or(c3="-";c3="";c3=" ") yaitu operator fungsi logika yang dipakai untuk melihat apakah nilai memenuhi syarat atau tidak dengan 3 kondisi pertama c3="-" apakah c3 isinya sama dengan tanda minus(-) atau kedua c3=" " apakah c3 isinya sama dengan spasi atau ketiga c3="" apakah nilainya sama dengan kosong
=>    ;"belum dikembalikan" yaitu bab value_true kalau nilai memenuhi syarat maka akan dicetak atau ditulis belum dikembalikan
=>    ;"sudah dikembalikan" yaitu bab value_false kalau nilai memenuhi syarat maka akan di cetak atau ditulis sudah dikembalikan

Sekian dari Rumus Excel IF atau Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel Terima Kasih ^_^

Sumber http://caraexcelpowerpointmsword.blogspot.com

0 Response to "Rumus Excel If | Cara Memakai Fungsi If Di Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel