iklan

40 Soal Dan Pembahasan Unbk Matematika Sma Ipa Tahun 2019 (*Simulasi Unbk 2020)

atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)Catatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas untuk kelompok IPA tahun 2019.

Perbedaan soal pada UNBK dan UNKP tidak terlalu signifikan, alasannya yaitu anatara UNBK dan UNKP yang berbeda yaitu media mengerjakan soalnya. UNBK yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer, dimana siswa mengerjakan soal pada komputer, sedangkan UNKP yaitu Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), dimana siswa mengerjakan pada Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Karena soal yang diujikan pada UNBK dan UNKP tidak terlalu jauh sehingga soal-soal pada UNBK, UNKP atau simulasi UNBK pada tahun sebelumnya sangat baik dijadikan materi latihan persiapan dalam menghadapai UNKP atau UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas baik itu kelompok IPA atau kelompok IPS/Bahasa.

Berikut beberapa catatan calon guru perihal soal dan pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas kelompok IPA, yang sanggup dijadikan materi latihan dalam persiapan menghadapi UNBK atau UNKP Matematika Sekolah Menengan Atas Kelompok IPA.
Untuk melengkapi materi latihan dalam persiapan menghadapi UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas Kelompok IPA, berikut kita diskusikan soal dan pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas kelompok IPA Tahun 2019, mari berlatih dan diskusi dari soal-soal berikut:

1. Perhatikan gambar grafik berikut.
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Jika grafik fungsi $f(x)=ax^{2}+bx+c$ menyerupai pada gambar, nilai $a,b$, dan $c$ yang memenuhi adalah...

$\begin{align}
(A)\ & a \gt 0,\ b \gt 0,\ \text{dan}\ c \gt 0 \\
(B)\ & a \lt 0,\ b \gt 0,\ \text{dan}\ c \gt 0 \\
(C)\ & a \lt 0,\ b \gt 0,\ \text{dan}\ c \lt 0 \\
(D)\ & a \gt 0,\ b \lt 0,\ \text{dan}\ c \gt 0 \\
(E)\ & a \lt 0,\ b \lt 0,\ \text{dan}\ c \lt 0
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk memilih keadaan nilai $a,b$, dan $c$ pada grafik Fungsi Kuadrat $f(x)=ax^{2}+bx+c$ sanggup kita ketahui dengan melihat keadaan parabola dari gambar tanpa harus memilih nilai $a,b$, dan $c$.

  • Parabola terbuka ke atas sehingga nilai $a \gt 0$
  • Parabola memotong sumbu-$Y$ di atas sumbu-$X$ sehingga nilai $c \gt 0$
  • Titik puncak parabola berada di sebelah kiri sumbu-$Y$ maka $x_{p}=-\dfrac{b}{2a}$ bernilai negatif. Nilai $a \gt 0$ dan $b \gt 0$ atau $a \lt 0$ dan $b \lt 0$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A)\ a \gt 0,\ b \gt 0,\ \text{dan}\ c \gt 0$

2. Pada tahun $2001$ usia Bayu $7$ tahun lebih bau tanah dari usia Andi, sedangkan jumlah umur mereka pada tahun $2007$ yaitu $43$ tahun. Pada tahun $2018$ usia Bayu adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 39\ \text{tahun} \\
(B)\ & 38\ \text{tahun} \\
(C)\ & 37\ \text{tahun} \\
(D)\ & 36\ \text{tahun} \\
(E)\ & 35\ \text{tahun}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan umur Andi dan Bayu pada tahun $2018$ yaitu $\text{Andi}=A$ dan $\text{Bayu}=B$.

Dengan patokan tahun $2018$, tahun $2001$ yaitu $17$ tahun yang lalu, sehingga umur mereka yaitu $(A-17)$ dan $(B-17)$, berlaku:
$ \begin{align}
(A-17) +7& = (B-17) \\
A-10 & = B-17 \\
A-B & = -7\ \cdots (Pers.1)
\end{align} $

Dengan patokan tahun $2018$, tahun $2007$ yaitu $11$ tahun yang lalu, sehingga umur mereka yaitu $(A-11)$ dan $(B-11)$, berlaku:
$ \begin{align}
(A-11)+ (B-11) & = 43 \\
A+B & = 43+22 \\
A+B & = 65\ \cdots (Pers.2)
\end{align} $

Dari Sistem Persamaan Linear (Pers.1) dan (Pers.2) kita peroleh;
$\begin{array}{c|c|cc}
A-B = -7 & \\
A+B = 65 & (-) \\
\hline
-2B=-72 \\
B=36
\end{array} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 36\ \text{tahun}$

3. Perhatikan kawasan penyelesaian berikut!
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Penyelesaian sistem pertidaksamaan $x+2y \leq 10$; $x-y \leq 0$; $2x-y \geq 0$; $x \geq 0$; $y \geq 0$ ditunjukkan oleh daerah...

$\begin{align}
(A)\ & I \\
(B)\ & II \\
(C)\ & III \\
(D)\ & IV \\
(E)\ & V \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk memilih kawasan sistem pertidaksamaan pada Program Linear, pertama kita tentukan persamaan garis yang membatasi kawasan pada gambar. Dengan memakai cara memilih persamaan garis, kita peroleh persamaan sebagai berikut:

  • Garis $(1)$ yaitu sumbu-$Y$, yaitu garis $x=0$
  • Garis $(2)$ melalui titik $(0,0)$ dan $(1,2)$, persamaan garis yaitu $2x-y=0$
  • Garis $(3)$ melalui titik $(0,0)$ dan $(3,3)$, persamaan garis yaitu $ x-y=0$
  • Garis $(4)$ melalui titik $(10,0)$ dan $(0,5)$, persamaan garis yaitu $x+2y=10$
  • Garis $(5)$ yaitu sumbu-$X$, yaitu garis $y=0$
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)

Untuk memilih kawasan sistem pertidaksamaan pada Program Linear, pertama kita tentukan persamaan garis yang membatasi kawasan pada gambar. Dengan memakai cara memilih persamaan garis sanggup dengan memakai uji titik atau dengan trik berikut:
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\leq$ maka kawasan HP berada di bawah garis.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\geq$ maka kawasan HP berada di atas garis.
Himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan $x+2y \leq 10$; $x-y \leq 0$; $2x-y \geq 0$; $x \geq 0$; $y \geq 0$ jikalau kita gambarkan (*dengan metode terbalik), menyerupai berikut:
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(E)\ V$

4. Perhatikan gambar berikut.
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Daerah yang diarsir pada gambar di atas merupakan kawasan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan...

$(A)\ x+2y \geq 8;\ 2x+3y \geq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
$(B)\ 2x+y \geq 8;\ 3x+2y \geq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
$(C)\ 2x+y \leq 8;\ 2x+3y \leq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
$(D)\ 2x+y \leq 8;\ 3x+2y \leq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
$(E)\ x+2y \leq 8;\ 2x+3y \leq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
Alternatif Pembahasan:

Untuk memilih sistem pertidaksamaan dari kawasan yang diarsir pada gambar, pertama kita harus mendapat sistem persamaannya atau batas-batas kawasan yang diarsir.
Pada gambar diatas ada 4 garis yang membatasi kawasan yang diarsir, coba kita berikan ilustrasinya;

atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Batas-batas kawasan yang memenuhi;
$\begin{align}
(1) &:\ 4x+6y=24\ \rightarrow\ 2x+3y=12 \\
(2) &:\ 8x+4y=32\ \rightarrow\ 2x+ y=8 \\
(3) &:\ y=0 \\
(4) &:\ x=0
\end{align}$
Untuk memilih pertidaksamaannya, kita tentukan dengan titik uji. Kita pilih sebuah titik pada kawasan yang merupakan himpunan penyelesaian atau kawasan yang diarsir pada gambar.
  • Titik $(0,0)$ ke $2x+3y=12$ diperoleh $ 0 \leq 12 $, maka pertidaksamaannya yaitu $ 2x+3y \leq 12 $
  • Titik $(0,0)$ ke $2x+ y=8$ diperoleh $ 0 \leq 8 $, maka pertidaksamaannya yaitu $ 2x+ y \leq 8 $
  • Untuk batas $(3)$ dan $(4)$ kawasan yang diarsir yaitu kawasan $x \geq 0;\ y \geq 0$

Alternatif untuk melihat atau memilih kawasan Himpunan Penyelesaian sanggup dengan melihat koefisien $y$.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\leq$ maka kawasan HP berada di bawah garis.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\geq$ maka kawasan HP berada di atas garis.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ 2x+y \leq 8$; $2x+3y \leq 12$; $x \geq 0$; $y \geq 0$

5. Rita akan menciptakan masakan ringan manis bolu dan donat. Untuk satu gabungan masakan ringan manis bolu diharapkan $200$ gr tepung terigu dan $100$ gr gula pasir, sedangkan untuk satu gabungan donat diharapkan $300$ gr tepung terigu dan $80$ gr gula pasir. Rita hanya mempunyai $9,4$ kg tepung terigu dan $4$ kg ggula pasir. Jika keuntungan yang diperoleh dengan menjual masakan ringan manis bolu yang dibentuk dari satu gabungan yaitu $Rp80.000,00$ dan keuntungan yang di sanggup dari menjual donat yang dibentuk dari satu gabungan yaitu $Rp60.000,00$, keuntungan maksimum yang di sanggup Rita adalah...
$\begin{align}
(A)\ & Rp1.560.000,00 \\
(B)\ & Rp1.880.000,00 \\
(C)\ & Rp3.160.000,00 \\
(D)\ & Rp3.200.000,00 \\
(E)\ & Rp3.760.000,00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk sanggup memodelkan duduk kasus di atas ke dalam model matematika, kita coba misalkan banyak gabungan $\text{bolu} = x$ dan $\text{donat} = y$.

Deskripsi Soal
Kue Banyak Tepung Gula
bolu $x$ $200x$ $100x$
donat $y$ $300y$$80y$
Ketersediaan$\cdots $ $9.400$$4.000$
Dari tabel di atas dan keterangan soal, pemodelan matematikanya sanggup kita tuliskan dalam bentuk pertidaksamaan berikut;
  • Ketersedian tepung yaitu $9.400$ maka $200x+300y \leq 9.400$, disederhanakan: $2 x+3 y \leq 9 4 $.
  • Ketersedian gula yaitu $4.000$ maka $100x+80y \leq 4.000$, disederhanakan: $5 x+4 y \leq 200$.
  • Banyak bolu $(x)$ paling sedikit yaitu $0$ maka $x \geq 0$
  • Banyak donat $(y)$ paling sedikit yaitu $0$ maka $y \geq 0$
  • Fungsi keuntungan $L=80.000x+60.000y$
Daerah Himpunan Penyelesaian dari sistem pertidaksamaan diatas kita gambarkan sebagai berikut;
Dengan Metode Sebenarnya, kawasan HP yaitu kawasan yang paling banyak dilalui oleh arsiran, dan umumnya di selesai pekerjaan akan kesulitan untuk menemukan kawasan yang paling banyak diarsir sehingga digunakan Dengan Metode Terbalik, kawasan Hipunan Penyelesaian yaitu kawasan yang higienis (tidak ada arsiran).
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Dari kawasan HP diatas, untuk memilih nilai maksimum kita gunakan dengan titik uji;
Uji Titik
Titik $L=80.000x+60.000y$ Total Laba
$(0,0)$ $80(0)+60(0) $ $0$
$A\ \left(0,\dfrac{94}{3}\right)$ $80(0)+60(31) $ $1.860$
$B\ \left(32,10 \right)$ $80(32)+60(10) $ $3.160$
$C\ \left(40,0 \right)$ $80(40)+60(0) $ $3.200$
Dari tabel diatas keuntungan maksimum $3.200$ (dalam ribuan).

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(D)\ Rp3.200.000,00 $

6. Seorang peternak ayam petelur mencatat banyak telur yang dihasilkan selama $12$ hari. Setiap hari, banyaknya telur yang dihasilkan bertambah $4$ buah. Jika hari pertama telur yang dihasilkan berjumlah $20$ buah, jumlah seluruh telur selama $12$ hari adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 480 \\
(B)\ & 496 \\
(C)\ & 504 \\
(D)\ & 512 \\
(E)\ & 520
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pertambahan telur setiap hari yaitu sama, ini sesuai dengan konsep deret aritmatika. Catatan calon guru perihal deret artimatika yang mungkin kita butuhkan yaitu suku ke-$n$ yaitu $U_{n}=a+(n-1)b$ dan jumlah $n$ suku pertama yaitu $S_{n}=\dfrac{n}{2} \left(2a+(n-1)b \right)$ atau $S_{n}=\dfrac{n}{2} \left(a+U_{n} \right)$.

Dengan suku pertama $a=20$ dan pertambahan $b=4$, maka deretnya yaitu $20+24+28+\cdots$ dan jumlah $12$ suku pertama adalah:
$\begin{align}
S_{n} & = \dfrac{n}{2} \left(2a+(n-1)b \right) \\
S_{12} & = \dfrac{12}{2} \left(2(20)+(12-1)(4) \right) \\
& = 6 \left(40+44 \right) \\
& = 6 \left(84 \right) =504
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ 504$

7. Seorang peneliti melaksanakan pengamatan terhadap basil tertentu. Setiap $\dfrac{1}{2}$ hari basil membelah diri menjadi dua. Pada awal pengamatan terdapat $2$ bakteri. Jika setiap $2$ hari $\dfrac{1}{4}$ dari jumlah basil mati, banyak basil setelah tiga hari adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 48\ \text{bakteri} \\
(B)\ & 64\ \text{bakteri} \\
(C)\ & 96\ \text{bakteri} \\
(D)\ & 128\ \text{bakteri} \\
(E)\ & 192\ \text{bakteri}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pertumbuhan basil yang diamati pada soal di atas memakai konsep deret geometri dengan $r=2$. Untuk menuntaskan soal di atas sanggup digunakan rumus suku ke-n barisan geometri yaitu $U_{n}=ar^{n-1}$.

Tetapi alasannya yaitu yang diminta banyak basil dalam waktu tiga hari, kita kerjakan secara manual;

  • Hari Pertama: $2 \rightarrow 4 \rightarrow 8$
  • Hari Kedua: $8 \rightarrow 16 \rightarrow 32$
    Bakteri mati $\dfrac{1}{4}$, sehingga tinggal $32-8=24$
  • Hari Ketiga: $24 \rightarrow 48 \rightarrow 96$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ 96$

8. Seorang anak melompat di atas trampolin. Dalam sekali ayun, pantulan pertama setinggi $150$ cm. Tinggi pantulan berikutnya hanya $\dfrac{1}{4}$ tinggi sebelumnya. Panjang lintasan seluruhnya hingga berhenti adalah...
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
$\begin{align}
(A)\ & 450\ cm \\
(B)\ & 400\ cm \\
(C)\ & 350\ cm \\
(D)\ & 300\ cm \\
(E)\ & 250\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung panjang lintasan lompatan anak hingga berhenti sanggup digunakan konsep deret geometri tak hingga dengan suku pertama $a=150$ dan rasio $r=\dfrac{1}{4}$. Catatan calon guru perihal deret geometri tak hingga yang mungkin kita butuhkan yaitu jumlah deret geometri tak hingga $S_{\infty}=\dfrac{a}{1-r}$.

Jika kita tuliskan keseluruhan lintasan yang di tempuh anak naik dan turun adalah:
$\begin{align}
& 150+150+\dfrac{75}{2}+\dfrac{75}{2}+\dfrac{75}{8}+\dfrac{75}{8}+\cdots \\
&=2 \left( 150+ \dfrac{75}{2}+\dfrac{75}{8}+\cdots \right) \\
&=2 \left( 150+ \dfrac{75}{2}+\dfrac{75}{8}+\cdots \right) \\
\hline
S_{\infty} &=\dfrac{a}{1-r} \\
\hline
&=2 \left( \dfrac{150}{1-\dfrac{1}{4}} \right) \\
&=2 \left( \dfrac{150}{\dfrac{3}{4}} \right) \\
&=2 \left( 150 \times \dfrac{4}{3} \right) \\
&=2 \left( 200 \right) \\
&= 400
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B)\ 400\ cm$

9. Daerah asal fungsi $h(x)= \sqrt{ \dfrac{x^{2}-3x+2}{x+2}}$ semoga terdefenisi adalah...
$(A)\ \left \{x | -2 \lt x \leq 1\ \text{atau}\ x \geq 2,\ x \in \mathbb{R} \right \}$
$(B)\ \left \{x | -2 \leq x \leq 1\ \text{atau}\ x \geq 2,\ x \in \mathbb{R} \right \}$
$(C)\ \left \{x | -2 \lt x \leq 1\ \text{atau}\ x \geq 1,\ x \in \mathbb{R} \right \}$
$(D)\ \left \{x | x \lt -2\ \text{atau}\ 1 \leq x \leq 2\ x \in \mathbb{R} \right \}$
$(E)\ \left \{x | x \leq -2\ \text{atau}\ 1 \leq x \leq 2\ x \in \mathbb{R} \right \}$
Alternatif Pembahasan:

Domain (daerah asal) fungsi $f(x)$ semoga $f(x)$ terdefinisi maksudnya yaitu batasan nilai $x$ semoga fungsi $f(x)$ mempunyai nilai real atau sering juga disebut hanya "agar fungsi $f(x)$ mempunyai penyelesaian".

Fungsi pada soal terdiri atas dua fungsi yaitu, fungsi bentuk akar dan fungsi pecahan.

Untuk fungsi bagian $f(x)=\dfrac{u(x)}{v(x)}$, semoga fungsi bagian terdefenisi (mempunyai nilai real) syaratnya yaitu penyebut tidak sama dengan nol $v(x) \neq 0$.
$ \begin{align}
x+2 & \neq 0 \\
x & \neq -2
\end{align} $

Untuk fungsi bentuk akar $f(x)=\sqrt{u(x)}$, semoga fungsi bagian terdefenisi (mempunyai nilai real) syaratnya yaitu yang di dalam akar harus lebih dari atau sama dengan nol $u(x) \geq 0$.
$ \begin{align}
\dfrac{x^{2}-3x+2}{x+2} & \geq 0 \\
\dfrac{(x-2)(x-1)}{x+2} & \geq 0
\end{align} $
Untuk mencari himpunan penyelesaian pada pertidaksamaan bagian beliau atas, menyerupai gambar berikut:

atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Himpunan penyelesaian $\dfrac{(x-2)(x-1)}{x+2} \geq 0$ yaitu $-2 \leq x \leq 1$ atau $x \geq 2$.

Jika kesulitan untuk menuntaskan pertidaksamaan bagian di atas, silahkan dicoba Bank Soal Matematika Dasar Pertidaksamaan (*Soal dan Pembahasan).

Batasan nilai $x$ yang memenuhi yaitu irisan dari pertidaksamaan $-2 \leq x \leq 1$, $x \geq 2$ dan $x \neq -2$ yaitu:

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A)\ \left \{x | -2 \lt x \leq 1\ \text{atau}\ x \geq 2,\ x \in \mathbb{R} \right \}$


10. Fungsi $f:R \rightarrow R$ dan $g: R \rightarrow R$. Jika $g(x)=x-1$ dan $(fog)(x)=x^{3}-4x$, nilai dari $f(2)=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 9 \\
(B)\ & 13 \\
(C)\ & 15 \\
(D)\ & 17 \\
(E)\ & 25
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal Fungsi Komposisi di atas, diketahui $(fog)(x)=x^{3}-4x$ maka:
$ \begin{align}
f \left ( g(x) \right ) & = x^{3}-4x \\
f \left ( x-1 \right ) & = x^{3}-4x \\
\hline
\text{untuk}\ x=3 \\
\hline
f \left ( 3-1 \right ) & = 3^{3}-4(3) \\
f \left ( 2 \right ) & = 27-12 \\
& = 15 \\
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ 15$

11. Diketahui fungsi $f(x)=\sqrt{5x+1}$, dengan $x \geq -\dfrac{1}{5}$. Jika $f^{-1}(x)$ yaitu invers dari fungsi $f(x)$, nilai dari $f^{-1}(3)=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 0 \\
(B)\ & \dfrac{4}{5} \\
(C)\ & 1 \\
(D)\ & \dfrac{8}{5} \\
(E)\ & 2
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal Fungsi Invers di atas, diketahui $f(x)=\sqrt{5x+1}$ maka berlaku:
$ \begin{align}
y & = \sqrt{5x+1} \\
y^{2} & = 5x+1 \\
y^{2}-1 & = 5x \\
\dfrac{y^{2}-1}{5} & = x \\
\hline
f^{-1}(x) &=\dfrac{x^{2}-1}{5} \\
f^{-1}(3) &=\dfrac{3^{2}-1}{5} \\
&=\dfrac{8}{5}
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ \dfrac{8}{5}$

12. Diketahui persamaan matriks $\begin{pmatrix}
a & b\\
1 & 3
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
2 & 1\\
4 & -2
\end{pmatrix}=\begin{pmatrix}
8 & 12\\
14 & -5
\end{pmatrix}$. Nilai $2a-b=\cdots$

$\begin{align}
(A)\ & 18 \\
(B)\ & 16 \\
(C)\ & 14 \\
(D)\ & 10 \\
(E)\ & 6
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal perkalian matriks di atas, maka berlaku:
$\begin{align}
\begin{pmatrix}
a & b\\
1 & 3
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
2 & 1\\
4 & -2
\end{pmatrix} &= \begin{pmatrix}
8 & 12\\
14 & -5
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
2a+4b & a-2b\\
2+12 & 1-6
\end{pmatrix} &= \begin{pmatrix}
8 & 12\\
14 & -5
\end{pmatrix}
\end{align} $
$\begin{array}{c|c|cc}
2a+4b = 8 & \times 1 \\
a-2b = 12 & \times 2 \\
\hline
2a+4b = 8 & \\
2a-4b = 24 & (+)\\
\hline
4a=32 \\
a=8 \\
b=-2
\end{array} $
Nilai $2a-b=2(8)-(-2)=18$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A)\ 18$

13. Misalkan $A'(-1,-2)$ dan $B'(3,7)$ yaitu hasil bayangan titik $A(-1,0)$ dan $B(2,1)$ oleh transformasi matriks $X$ berordo $2 \times 2$. Jika $C'(0,1)$ yaitu bayangan titik $C$ oleh transformasi tersebut, titik $C$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & (-1,1) \\
(B)\ & (1,1) \\
(C)\ & (1,3) \\
(D)\ & (2,-3) \\
(E)\ & (2,3)
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari catatan calon guru perihal Transformasi Geometri bahwa sebuah titik $A(x,y)$ ditransformasikan oleh sebuah matriks $X$ dan menghasilkan bayangan $A'(x',y')$ sehingga berlaku;
$\begin{align}
\begin{pmatrix}
x'\\
y'
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
a & b \\
c & d
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
x \\
y
\end{pmatrix}\\
\begin{pmatrix}
-1 \\
-2
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
a & b \\
c & d
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
-1 \\
0
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
-1 \\
-2
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
-a \\
-c
\end{pmatrix}\\
a=1\ \text{dan}\ c=2 \\
\hline
\begin{pmatrix}
3 \\
7
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
a & b \\
c & d
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
2 \\
1
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
3 \\
7
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
2a+b \\
2c+d
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
3 \\
7
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
2(1)+b \\
2(2)+d
\end{pmatrix} \\
b=1\ \text{dan}\ d=3 \\
\hline
\end{align}$
Matriks $X=\begin{pmatrix}
1 & 1 \\
2 & 3
\end{pmatrix}$

Titik $C(x,y)$
$\begin{align}
\begin{pmatrix}
0 \\
1
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
1 & 1 \\
2 & 3
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
x \\
y
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
0 \\
1
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
x+y \\
2x+3y
\end{pmatrix}
\end{align}$
Dari kesamaan dua matriks di atas, kita peroleh $x+y=0$ dan $2x+3y=1$. Dengan proses eliminasi atau substitusi kita peroleh nilai $(x,y)$ yaitu $(-1,1)$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A)\ (-1,1)$

14. Diketahui $f(x)=5x^{2}+3$. Hasil dari $\lim\limits_{h \to 0} \dfrac{f(x+h)-f(x)}{h}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 0 \\
(B)\ & 5 \\
(C)\ & 10 \\
(D)\ & 10x \\
(E)\ & 5x^{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada soal, yang ditanyakan yaitu $\lim\limits_{h \to 0} \dfrac{f(x+h)-f(x)}{h}$ dari sebuah fungsi $f(x)$. Jika kita teliti dalam membaca soal bahwa yang ditanyakan pada soal yaitu turunan fungsi $f(x)$.
Defenisi turunan fungsi $f(x)$ yaitu $f'(x)=\lim\limits_{h \to 0} \dfrac{f(x+h)-f(x)}{h}$.
$ \begin{align}
f(x) &=5x^{2}+3 \\
f'(x) &=10x
\end{align}$

Tetapi jikalau ingin mengerjakannya dengan proses limit fungsi,
$\begin{align}
& \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{f(x+h)-f(x)}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{ 5(x+h)^{2}+3 -\left( 5x^{2}+3 \right)}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{ 5 \left(x^{2}+2hx+h^{2} \right) +3 - 5x^{2}-3}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{ 5 x^{2}+10hx+5h^{2} +3 - 5x^{2}-3}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{ +10hx+5h^{2}}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \left( +10 x+5h \right) \\
& = 10 x+5(0) \\
& = 10x
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 10x$

15. Nilai $\lim\limits_{x \to 2} \dfrac{x^{2}-6x+8}{3-\sqrt{17-2x^{2}}}=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 6 \\
(B)\ & \dfrac{2}{3} \\
(C)\ & 0 \\
(D)\ & -\dfrac{3}{2} \\
(E)\ & -6
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Bentuk soal limit fungsi di atas sanggup kita kerjakan dengan memakai turunan atau dengan akar sekawan, disini kita coba dengan mengalikan dengan akar sekawan.
$\begin{align}
& \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{x^{2}-6x+8}{3-\sqrt{17-2x^{2}}} \cdot \dfrac{3+\sqrt{17-2x^{2}}}{3+\sqrt{17-2x^{2}}} \\
& = \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{(x-2)(x-4)\left( 3+\sqrt{17-2x^{2}} \right)}{9-\left( 17-2x^{2} \right)} \\
& = \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{(x-2)(x-4)\left( 3+\sqrt{17-2x^{2}} \right)}{ 2x^{2}-8} \\
& = \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{(x-2)(x-4)\left( 3+\sqrt{17-2x^{2}} \right)}{ 2(x-2)(x+2)} \\
& = \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{ (x-4)\left( 3+\sqrt{17-2x^{2}} \right)}{ 2 (x+2)} \\
& = \dfrac{ (2-4)\left( 3+\sqrt{17-2(2)^{2}} \right)}{ 2 (2+2)} \\
& = \dfrac{ (-2)\left( 3+3 \right)}{8} \\
& = -\dfrac{3}{2}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(D)\ -\dfrac{3}{2}$

16. Nilai dari $ \lim\limits_{x \to \infty} \left ( \left (\sqrt{3x} -\sqrt{3x-4} \right ) \left( \sqrt{3x+2} \right) \right )$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -\dfrac{4}{3}\sqrt{3} \\
(B)\ & -2 \\
(C)\ & 0 \\
(D)\ & 2 \\
(E)\ & \dfrac{4}{3}\sqrt{3}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Soal limit fungsi tak hingga di atas kita coba kerjakan dengan sumbangan rumus alternatif yaitu $\dfrac{b-q}{2\sqrt{a}}$.
$\begin{align}
& \lim\limits_{x \to \infty} \left ( \left (\sqrt{3x} -\sqrt{3x-4} \right ) \left( \sqrt{3x+2} \right) \right ) \\
&= \lim\limits_{x \to \infty} \left (\sqrt{\left( 3x \right)\left( 3x+2 \right)} -\sqrt{\left( 3x-4 \right)\left( 3x+2 \right)} \right ) \\
&= \lim\limits_{x \to \infty} \left (\sqrt{9x^{2}+6x} -\sqrt{9x^{2}-6x-8} \right ) \\
&= \dfrac{b-q}{2\sqrt{a}} \\
&= \dfrac{6-(-6)}{2\sqrt{9}} \\
&= \dfrac{12}{6}=2
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 2$

17. Persamaan garis singgung kurva $y=\sqrt{2x+7}$ yang tegak lurus dengan garis $5x+y-10=0$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & x-5y+4=0 \\
(B)\ & x-5y+16=0 \\
(C)\ & x-5y+34=0 \\
(D)\ & x+5y-4=0 \\
(E)\ & x+5y-16=0 \\ \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika gradien garis singgung kurva yaitu $m_{1}$, gradien garis $5x+y-10=0$ yaitu $m_{2}=-5$ dan kedua garis saling tegak lurus maka berlaku:
$\begin{align}
m_{1} \times m_{2}=-1 \\
m_{1} \times -5=-1 \\
m_{1} = \dfrac{1}{5}
\end{align}$

Untuk mendapat Persamaan Garis Singgung Kurva kita perlu sebuah titik singgung pada kurva dan gradien garis. Gradien persamaan garis singgung pada kurva $y=\sqrt{2x+7}$ gradiennya yaitu $m=\dfrac{1}{5}$.
$\begin{align}
y & = \sqrt{2x+7} \\
y & = \left( 2x+7 \right)^{\frac{1}{2}} \\
m=y' & = \frac{1}{2} \left( 2x+7 \right)^{-\frac{1}{2}} \cdot 2 \\
\dfrac{1}{5} & = \left( 2x+7 \right)^{-\frac{1}{2}} \\
\dfrac{1}{5} & = \dfrac{1}{\sqrt{2x+7}} \\
\sqrt{2x+7} & = 5 \\
2x+7 & = 25 \\
2x & = 18 \\
x & = 9 \\
y & = \sqrt{2x+7}\\
&=\sqrt{2(9)+7}=5
\end{align} $

Persamaan garis singgung kurva melalui titik $(9,5)$ dengan gradien $m=\dfrac{1}{5}$
$\begin{align}
y-y_{1} & = m (x-x_{1}) \\
y-5 & = \dfrac{1}{5} (x-9) \\
5y-25 & = x-9 \\
5y-x-25+9 & = 0 \\
5y-x-16 & = 0 \\
x-5y+16 & = 0
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B)\ x-5y+16=0$

18. Persamaan garis yang melalui $A(2,-4)$ dan tegak lurus dengan garis singgung kurva $y=2x^{2}-3x-6$ pada titik tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 5x-y-14=0 \\
(B)\ & 5x+y-6=0 \\
(C)\ & x+5y-27=0 \\
(D)\ & x+5y+18=0 \\
(E)\ & x-5y-22=0 \\ \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk mendapat Persamaan Garis Singgung Kurva kita perlu sebuah titik singgung pada kurva dan gradien garis.
$\begin{align}
y & = 2x^{2}-3x-6 \\
m=y' & = 4x-3 \\
\hline
x=2 \\
\hline
m=4(2)-3=5
\end{align} $

Jika gradien garis singgung kurva yaitu $m_{1}=5$, gradien garis yaitu $m_{2}$ dan kedua garis saling tegak lurus maka berlaku:
$\begin{align}
m_{1} \times m_{2}=-1 \\
5 \times m_{2}=-1 \\
m_{2} = -\dfrac{1}{5}
\end{align}$

Persamaan garis singgung kurva melalui titik $A(2,-4)$ dengan gradien $m=-\dfrac{1}{5}$
$\begin{align}
y-y_{1} & = m (x-x_{1}) \\
y-(-4) & = -\dfrac{1}{5} (x-2) \\
-5y-20 & = x-2 \\
-5y-20-x+2 & = 0 \\
-5y-x-18 & = 0 \\
x+5y+18 & = 0
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ x+5y+18=0$


19. Dari selembar karton berbentuk persegi yang berukuran sisi $30\ cm$ akan dibentuk kotak tanpa tutup, dengan cara mengunting empat persegi di setiap pojok karton, menyerupai gambar. Volume kotak yang terbesar yang sanggup dibentuk adalah...
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
$\begin{align}
(A)\ & 2.000\ cm^{3} \\
(B)\ & 3.000\ cm^{3} \\
(C)\ & 4.000\ cm^{3} \\
(D)\ & 5.000\ cm^{3} \\
(E)\ & 6.000\ cm^{3} \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Soal ini yaitu salah satu contoh penerapan atau aplikasi fungsi turunan, volume kotak sanggup kita hitung dengan hukum menghitung volum tabung yaitu $\text{Luas Alas} \times \text{tinggi}$.

Panjang sisi karton yaitu $30\ cm$ dan dipotong sebesar $x\ cm$ di setiap sudut karton, sehingga ganjal kotak nantinya yaitu persegi dengan panjang sisi $30-2x$ dan tinggi kotak yaitu $x$. Volume kotak adalah:
$\begin{align}
V(x) & = \left(30-2x \right)^{2} \cdot x \\
& = \left( 900-120x+4x^{2} \right) \cdot x \\
& = 4x^{3}-120x^{2}+900x \\
\end{align}$

Volume kotak terbesar kita coba tentukan dengan uji turunan pertama yaitu;
$\begin{align}
V'(x) & = 0 \\
12x^{2}-240x+900 & = 0 \\
x^{2}-20x+75 & = 0 \\
(x-15)(x-5) & = 0
\end{align}$

Untuk memilih volume kotak terbesar sanggup dengan menguji pembuat nol pada turunan pertama ($x=5$ dan $x=15$) ke turunan kedua yaitu;
$\begin{align}
V''(x) & = 2x-20 \\
\hline
x=15 & \rightarrow V''(15) = 10\ ( 10 \gt 0) \\
& x=15\ \text{pembuat volume minimum} \\
\hline
x=5 & \rightarrow V''(5) = -10\ (-10 \lt 0) \\
& x=15\ \text{pembuat volume maximum} \\
\hline
V(x) & = \left(30-2x \right)^{2} \cdot x \\
V(5) & = \left(30-2(5) \right)^{2} \cdot 5 \\
V(5) & = 400 \cdot 5 =2000
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A)\ 2.000\ cm^{3}$

20. $\int \left ( 12x^{2}-4x+1 \right )\ dx =\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 6x^{3}-4x^{2}+x + C \\
(B)\ & 6x^{3}-4x^{2} + C \\
(C)\ & 4x^{3}+2x^{2}+x + C \\
(D)\ & 4x^{3}-2x^{2}+x + C \\
(E)\ & 4x^{3}+2x^{2}+x + C
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
&\int \left ( 12x^{2}-4x+1 \right )\ dx \\
& = \dfrac{12}{2+1}x^{2+1}-\dfrac{4}{1+1}x^{1+1}+1x+C\\
& = 4x^{3}-2x^{2}+ x+C
\end{align}$
Soal integral di atas sangat sederhana, coba berlatih lagi soal integral disini

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 4x^{3}-2x^{2}+x + C$

21. Hasil dari $\int \left ( x-2 \right ) \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{5}\ dx $ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{1}{3} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C \\
(B)\ & \dfrac{1}{6} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C \\
(C)\ & \dfrac{1}{12} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C \\
(D)\ & \dfrac{1}{6} \left ( x-2 \right )^{2} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C \\
(E)\ & \dfrac{1}{6} \left ( x-2 \right )^{2} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menuntaskan soal Integral di atas kita coba dengan memakai pemisalan;

misal:
$\begin{align}
u & = x^{2}-4x+3 \\
\dfrac{du}{dx} & = 2x-4 \\
\dfrac{du}{dx} & = 2 (x-2) \\
\dfrac{1}{2}\ du & = (x-2)\ dx
\end{align}$

Soal di atas, sekarang bisa kita rubah menjadi;
$\begin{align}
&\int \left ( x-2 \right ) \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{5}\ dx \\
& = \int u^{5} \left ( x-2 \right )\ dx \\
& = \int u^{5} \cdot \dfrac{1}{2}\ du \\
& = \dfrac{1}{5+1} u^{5+1} \cdot \dfrac{1}{2}+C \\
& = \dfrac{1}{12} u^{6} +C \\
& = \dfrac{1}{12} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} +C \\
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ \dfrac{1}{12} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C$

22. Diketahui $sin\ A=\dfrac{1}{a}$, $A$ yaitu sudut tumpul. Nilai $cos\ A=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{a}{\sqrt{a^{2}+1}} \\
(B)\ & \dfrac{1}{\sqrt{a^{2}+1}} \\
(C)\ & \dfrac{\sqrt{a^{2}+1}}{a} \\
(D)\ & -\dfrac{\sqrt{a^{2}+1}}{a} \\
(E)\ & -\dfrac{\sqrt{a^{2}-1}}{a}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Masalah trigonometri di atas sanggup kita selesaikan dengan memakai sumbangan segitiga siku-siku kemudian defenisi sinus dan cosinus. Tetapi berikut ini kita coba selesaikan dengan memakai identitas trigonometri dasar yaitu:
$\begin{align}
sin^{2}A+cos^{2}A &=1 \\
cos^{2}A &=1-sin^{2}A \\
&=1-\left( \dfrac{1}{a} \right)^{2} \\
&=1- \dfrac{1}{a^{2}} \\
&=\dfrac{a^{2}}{a^{2}}-\dfrac{1}{a^{2}} \\
&=\dfrac{a^{2}-1}{a^{2}} \\
cos\ A &=\pm \sqrt{\dfrac{a^{2}-1}{a^{2}}} \\
cos\ A &=\pm \dfrac{\sqrt{ a^{2}-1}}{a}
\end{align}$
Karena $A$ yaitu sudut tumpul, maka $A$ berada di kwadran kedua sehingga $cos\ A$ bernilai negatif, $cos\ A =- \dfrac{\sqrt{ a^{2}-1}}{a}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ -\dfrac{\sqrt{a^{2}+1}}{a}$

23. Grafik fungsi trigonometri $y=sin \left( 2x-90^{\circ} \right)$ adalah...
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Alternatif Pembahasan:

Grafik fungsi trigonometri $y=sin \left( 2x-90^{\circ} \right)$

  • Aplitudo yaitu $1$,
    • Nilai maksimum yaitu $1$ ketika $x=90^{\circ},270^{\circ},\cdots$
    • Nilai minimum yaitu $-1$ ketika $x=0^{\circ},180^{\circ},\cdots$
  • Pembuat fungsi nol atau $y=0$ ketika $x=45^{\circ},135^{\circ},225^{\circ},\cdots$
Silahkan disimak, soal suplemen untuk grafik fungsi trigonometri

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)$

24. Sebidang tanah berbentuk segitiga dengan setiap titik sudutnya diberi tonggak pembatas $A, B,\ \text{dan}\ C$. Jika jarak antara tonggak $A$ dan $B$ yaitu $300\ m$, sudut $ABC=45^{\circ}$, dan sudut $BCA=60^{\circ}$, jarak antara tonggak $A$ dan $C$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 50\sqrt{6}\ m \\
(B)\ & 100\sqrt{3}\ m \\
(C)\ & 150\sqrt{2}\ m \\
(D)\ & 100\sqrt{6}\ m \\
(E)\ & 300\sqrt{6}\ m
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Sebagai gambaran jikalau kita gambarkan tonggak pembatas $A, B,\ \text{dan}\ C$ beserta ukurannya, sanggup digambarkan menyerupai berikut:


Dengan menggunkan Aturan Sinus sanggup kita hitung, $AC$ yaitu:
$\begin{align}
\dfrac{AC}{sin\ ABC} & = \dfrac{AB}{sin\ ACB} \\
\dfrac{AC}{sin\ 45^{\circ}} & = \dfrac{300}{sin\ 60^{\circ}} \\
AC & = \dfrac{300}{sin\ 60^{\circ}} \cdot sin\ 45^{\circ} \\
& = \dfrac{300}{\frac{1}{2} \sqrt{3}} \cdot \frac{1}{2} \sqrt{2} \\
& = \dfrac{300\sqrt{2}}{ \sqrt{3}} \cdot \dfrac{\sqrt{3}}{ \sqrt{3}}\\
& = 100 \sqrt{6}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 100 \sqrt{6}$

25. Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $6\ cm$. Titik $P,\ Q,\ \text{dan}\ R$ berturut-turut merupakan titik tengah rusuk $EH,\ BF,\ \text{dan}\ CG$. Jarak titik $P$ ke garis $QR$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 3 \sqrt{7}\ cm \\
(B)\ & 3 \sqrt{6}\ cm \\
(C)\ & 3 \sqrt{5}\ cm \\
(D)\ & 3 \sqrt{3}\ cm \\
(E)\ & 2 \sqrt{3}\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan kubus $ABCD.EFGH$ dan titik $P,\ Q,\ R$ menyerupai berikut ini:

teorema phytagoras pada segitiga $PTS$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
PS^{2} &= PT^{2}+TS^{2} \\
&= 6^{2}+3^{2} \\
&= 36+9 \\
&= 45 \\
PS &= \sqrt{45} \\
&= 3 \sqrt{5}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ 3 \sqrt{5}\ cm$

26. Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $3\ cm$. Jarak titik $C$ ke garis $BDG$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \sqrt{2}\ cm \\
(B)\ & \sqrt{3}\ cm \\
(C)\ & 2 \sqrt{2}\ cm \\
(D)\ & 2 \sqrt{3}\ cm \\
(E)\ & 3 \sqrt{3}\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan kubus $ABCD.EFGH$ dan titik $C$ ke bidang $BDG$ menyerupai berikut ini:

atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Jarak titik $C$ ke bidang $BDG$ adalah
$\begin{align}
OC &= \dfrac{1}{3} EC \\
&= \dfrac{1}{3} \cdot 6 \sqrt{3} \\
&= 2\sqrt{3}
\end{align}$

Jika ingin melihat klarifikasi jarak titik ke bidang dengan posisi sama menyerupai soal diatas yaitu $\frac{1}{3} a \sqrt{3}$. Penjelasannya silahkan simak di Pertanyaan Tentang Jarak Titik ke Bidang [Geometri] atau Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Terbuat Dari Kertas.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 2 \sqrt{3}\ cm$

27. Persamaan peta garis $x-2y-4=0$ yang dirotasikan dengan sentra $O(0,0)$ sebesar $90^{\circ}$ berlawanan arah dengan jarum jam dan dilanjutkan dengan pencerminan terhadap garis $y=$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & x+2y+4=0 \\
(B)\ & x+2y-4=0 \\
(C)\ & 2x+ y+4=0 \\
(D)\ & 2x-y-4=0 \\
(E)\ & 2x+y-4=0
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Catatan calon guru perihal Transformasi Geometri yang mungkin membantu yaitu;

  • Jika titik $A(x,y)$ dicerminkan terhadap garis $y=x$ maka bayangan yang dihasilkan yaitu $A'\left( y, x \right)$
    Dengan memakai matriks,
    $A'=\begin{pmatrix}
    x'\\y'
    \end{pmatrix}=\begin{pmatrix}
    0 & 1\\
    1 & 0
    \end{pmatrix}\begin{pmatrix}
    x\\y
    \end{pmatrix}$
  • Jika titik $A(x,y)$ dirotasi sejauh $\theta$ dengan sentra $(0,0)$ maka bayangan yang dihasilkan adalah
    $A'=\begin{pmatrix}
    x'\\y'
    \end{pmatrix}=\begin{pmatrix}
    cos\ \theta & - sin\ \theta\\
    sin\ \theta & cos\ \theta
    \end{pmatrix}\begin{pmatrix}
    x \\y
    \end{pmatrix}$
  • Jika $T_{1}$ yaitu suatu transformasi yang memetakan obyek $A(x,y)$ ke obyek lain $A'$, kemudian dilanjutkan oleh transformasi $T_{2}$ obyek $A'$ dipetakan ke obyek $A''(x'',y'')$ secara umum Bayangan hasil komposisi transformasi (*Refleksi, Rotasi dan Dilatasi)
    $\begin{pmatrix}
    x''\\ y''
    \end{pmatrix}=T_{2} \cdot T_{1} \cdot \begin{pmatrix}
    x \\ y
    \end{pmatrix}$
Bayangan kurva $x-2y-4=0$ oleh rotasi $[0,90^{\circ}]$, kemudian dilanjutkan oleh pencerminan terhadap garis $y=x$
$\begin{align}
\begin{pmatrix}
x''\\ y''
\end{pmatrix} &= T_{2} \cdot T_{1} \cdot \begin{pmatrix}
x \\ y
\end{pmatrix} \\
&= \begin{pmatrix}
0 & 1\\
1 & 0
\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}
cos\ 90^{\circ} & - sin\ 90^{\circ}\\
sin\ 90^{\circ} & cos\ 90^{\circ}
\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}
x \\ y
\end{pmatrix} \\
&= \begin{pmatrix}
0 & 1\\
1 & 0
\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}
0 & -1\\
1 & 0
\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}
x \\ y
\end{pmatrix} \\
&= \begin{pmatrix}
1 & 0\\
0 & -1
\end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix}
x \\ y
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
x''\\ y''
\end{pmatrix} &= \begin{pmatrix}
x \\ -y
\end{pmatrix}
\end{align}$
Dari kesamaan dua matriks di atas kita peroleh $x''=x$ dan $y''=-y$
$\begin{align}
x-2y-4 &= 0 \\
x''-2\left( -y''\right)-4 &= 0 \\
x +2y-4 &= 0
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B)\ x+2y-4=0$


28. Diagram batang berikut mengatakan produksi pakaian yang dikelola Bu Rahmi selama tahun 2017 dari bulan Januari hingga bulan Desember.
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Peningkatan tertinggi jumlah produksi pakaian Bu Rahmi terjadi pada bulan...
$\begin{align}
(A)\ & \text{April} \\
(B)\ & \text{Juni} \\
(C)\ & \text{Juli} \\
(D)\ & \text{September} \\
(E)\ & \text{November} \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari informasi yang disampaikan pada diagram batang di atas sanggup kita lihat produksi pakaian setiap bulan yang dikelola oleh Bu Rahma. Tiap bulan hasil produksi pakaian berbeda-beda dan peningkatan produksi jikalau kita jabarkan mulai bulan Februari, menyerupai berikut ini:

  • Februari: $136-122=14$
  • Maret: $112-136=-24$
  • April: $151-112=39$
  • Mei: $18-151=-133$
  • Juni: $81-18=63$
  • Juli: $133-81=52$
  • Agustus: $150-133=17$
  • September: $166-150=16$
  • Oktober: $87-166=-79$
  • November: $153-87=66$
  • Desember: $131-153=-22$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(E)\ \text{November}$

29. Perhatikan histogram data hasil pengukuran berat tubuh sekelompok domba berikut ini.
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Kuartil bawah dari data tersebut adalah...

$\begin{align}
(A)\ & 43,19\ kg \\
(B)\ & 46,27\ kg \\
(C)\ & 46,88\ kg \\
(D)\ & 47,28\ kg \\
(E)\ & 56,00\ kg
\end{align} $
Alternatif Pembahasan:

Kuartil yaitu suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi empat bab yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Kuartil terdiri dari tiga jenis yaitu kuartil pertama $(Q_{1})$ yang disebut juga kuartil bawah, Kuartil kedua $(Q_{2})$ yang disebut juga median atau nilai tengah, dan Kuartil ketiga $(Q_{3})$ yang disebut juga kuartil atas.

Untuk Statistika data berkelompok, data sanggup disajika dalam bentuk histogram menyerupai di atas dan jikalau kita sajikan dalam bentuk tabel, menyerupai berikut;

Berat Frekuensi
$36-40$ $3$
$41-45$ $5$
$46-50$ $13$
$51-55$ $10$
$56-60$ $6$
$61-65$ $3$
Jumlah $40$
Untuk memilih letak $Q_{1}$ ada pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(n+1) \right]$
$Q_{1}$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(40+1) \right]=10,25$

$Q_{1}$ pada data ke-$10,25$ artinya $Q_{1}$ berada pada kelas interval $46-50$
Tepi bawah kelas $Q_{1}$: $46-50$
$t_{b}= 46 - 0,5 = 45,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Q_{1}$,
$f_{k}= 3+5=8$
Frekuensi kelas $Q_{1}$, $f_{Q_{1}}=13$
Panjang kelas $c=50,5-46,5=5$

$ \begin{align}
Q_{1} & = t_{b} + \left( \frac{\frac{1}{4}n - f_{k}}{f_{Q_{1}}} \right)c \\
& = 45,5 + \left( \frac{\frac{1}{4} \cdot 40 - 8}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \left( \frac{10 - 8}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \left( \frac{2}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \frac{10}{13} \\
& = 45,5+0,77 \\
& = 46,27
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 46,27\ kg$

30. Tabel berikut menyatakan hasil evaluasi guru terhadap kemampuan pelajaran fisika dari $70$ orang siswa.
Nilai Frekuensi
$34-38$ $5$
$49-43$ $9$
$44-48$ $14$
$49-53$ $20$
$54-58$ $16$
$59-63$ $6$
Modus dari data pada tabel tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 49,5 \\
(B)\ & 50,5 \\
(C)\ & 51,5 \\
(D)\ & 52,5 \\
(E)\ & 53,5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Modus yaitu nilai yang paling sering muncul atau frekuensi yang paling besar.
Untuk data tunggal modus suatu data gampang ditemukan, tetapi untuk Statistika data berkelompok modus data sedikit lebih rumit.
Modus data berkelompok dirumuskan menyerupai berikut ini;
$Mo = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c$
dimana;
$Tb_{mo}:$Tepi bawah kelas modus, dan Kelas modus yaitu kelas dengan frekuensi paling besar.
Dari tabel terlihat bahwa kelas yang mempunyai frekuensi tertinggi yaitu kelas $49-53$ dengan frekuensi $20$, maka kelas modusnya yaitu kelas ke-4 dengan interval $49-53$; $(Tb_{mo} = 49 - 0,5 = 48,5)$;
$d_1:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelum kelas modus; $(d_{1}=20-14=6)$;
$d_2:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas setelah kelas modus; $(d_{2}=20-16=4)$;
$c:$ Panjang Kelas $(c=53,5-48,5=5)$;

$ \begin{align}
Mo & = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c \\
& = 48,5 + \left( \frac{6}{4 + 6} \right) \cdot 5 \\
& = 48,5 + \left( \frac{4}{10} \right) \cdot 5 \\
& = 48,5 + \frac{20}{10} \\
& = 48,5 + 2 \\
& = 50,5
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 50,5$

31. Diketahui data: $7,6,2,p,3,4$. Jika rata-rata dari data tersebut sama dengan mediannya banyaknya nilai $p$ yang mungkin untuk $p$ bilangan orisinil adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1 \\
(B)\ & 2 \\
(C)\ & 3 \\
(D)\ & 4 \\
(E)\ & 5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Data $7,6,2,p,3,4$, maka $\bar{x} = \dfrac{p+2+3+4+6+7}{6}= \dfrac{22+p}{6}$.

Karena rata-rata dari data tersebut sama dengan mediannya, sehingga jikalau pada semua kemungkinan nilai $p$ data diurutkan dari yang terkecil ke terbesar kemungkinannya adalah

  • $p, 2,3,4,6,7$
    $p$ yang mungkin yaitu $1$ atau $2$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{23}{6}=3,8...$ atau $\bar{x}= \dfrac{24}{6}=4$ dan $Me=3,5$
  • $2, p,3,4,6,7$
    $p$ yang mungkin yaitu $3$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{25}{6}=4,1..$ dan $Me=3,5$
  • $2,3,p,4,6,7$
    $p$ yang mungkin yaitu $4$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{26}{6}$ dan $Me=3,5$
  • $2,3,4,p,6,7$
    $p$ yang mungkin yaitu $5$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{27}{6}=4,5$ dan $Me=4,5$
  • $2,3,4,6,p,7$
    $p$ yang mungkin yaitu $6$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{28}{6}=4,6..$ dan $Me=4,5$
  • $2,3,4,6,7,p$
    $p$ yang mungkin yaitu $7,8,\cdots$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{29}{6}=4,8..$ atau lebih dari $4,8$ dan $Me=4,5$
Banyak nilai $p$ yang mungkin yang mengakibatkan rata-rata dari data tersebut sama dengan mediannya yaitu $1$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A)\ 1$

32. Dalam sebuah kantong terdapat $6$ bola hitam dan $4$ bola merah. Dari kantong tersebut akan diambil $5$ bola sekaligus. Banyak cara yang mungkin bila paling sedikit diambil $3$ bola berwarna hitam adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 60\ \text{cara} \\
(B)\ & 120\ \text{cara} \\
(C)\ & 180\ \text{cara} \\
(D)\ & 186\ \text{cara} \\
(E)\ & 206\ \text{cara}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Banyak kemungkinan cara pengambilan $5$ bola sekaligus dari $10$ bola dimana bola yang diharapkan paling sedikit diambil $3$ bola berwarna hitam dari $6$ bola hitam ($H$) dan $4$ bola merah ($M$).

Secara kalimat yang cara yang mungkin terjadi yaitu terpilih $5H$ dari $6H$ dan $0M$ dari $4M$ atau $4H$ dari $6H$ dan $1M$ dari $4M$ atau $3H$ dari $6H$ dan $2M$ dari $4M$.

Untuk menghitung banyak kemungkinan $5H$ dari $6H$, kita gunakan aturan combinasi:
Banyak kombinasi $r$ elemen dari $n$ elemen berbeda diberi notasi $C(6,5)$ atau $C_{5}^{6}$ atau $_{6}C_{5}$ atau $\binom{6}{5}$.
$C(n,r)=\binom{n}{r}=\dfrac{n!}{r!(n-r)!}$
dimana $r \leq n$

Total banyak cara adalah:
$5H$ dari $6H$ dan $0M$ dari $4M$ atau $4H$ dari $6H$ dan $1M$ dari $4M$ atau $3H$ dari $6H$ dan $2M$ dari $4M$.
$\begin{align}
&=C(6,5) \cdot C(4,0) + C(6,4) \cdot C(4,1) + C(6,3) \cdot C(4,2) \\
&= \dfrac{6!}{5!(6-5)!} \cdot \dfrac{4!}{0!(4-0)!}+\dfrac{6!}{4!(6-4)!} \cdot \dfrac{4!}{1!(4-1)!}+\dfrac{6!}{3!(6-3)!} \cdot \dfrac{4!}{2!(4-2)!} \\
&= 6 \cdot 1 + 15 \cdot 4 + 20 \cdot 6 \\
&= 6 + 60 + 120 \\
&= 186
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 186\ \text{cara}$

33. Bejo mempunyai $8$ bola dengan warna yang sama. Ia ingin memasukkan bola tersebut ke dalam $3$ kotak. Kotak I sanggup menampung $2$ bola. Kotak II sanggup menampung $4$ bola. Kotak III sanggup menampung $2$ bola. Banyak cara Bejo memasukkan bola tersebut ke dalam kotak adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 56 \text{cara} \\
(B)\ & 210 \text{cara} \\
(C)\ & 420 \text{cara} \\
(D)\ & 840 \text{cara} \\
(E)\ & 1.680 \text{cara}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Banyak kemungkinan cara Bejo memasukkan bola ke dalam $3$ kotak.

Karena urutan kotak tidak diatur sehingga urutan kotak tidak ada jadi masalah. Secara keseluruhan banyak cara memasukkan bola ke dalam kotak jikalau kita tuliskan dalam kalimat yaitu akan dipilih $2$ bola dari $8$ bola untuk isi kotak I dan akan dipilih $4$ bola dari $8-2=6$ bola untuk isi kotak II dan akan dipilih $2$ bola dari $6-4=2$ bola untuk isi kotak III
$\begin{align}
&C(8,2) \cdot C(6,4) \cdot C(2,2) \\
&= \dfrac{8!}{2!(8-2)!} \cdot \dfrac{6!}{4!(6-4)!} \cdot \dfrac{2!}{2!(2-2)!} \\
&= \dfrac{8 \cdot 7 \cdot 6!}{2!(6)!} \cdot \dfrac{6 \cdot 5 \cdot 4!}{4!(2)!} \cdot \dfrac{2!}{2!(0)!} \\
&= 28 \cdot 15 \cdot 1 \\
&= 420
\end{align}$

Alternatif penyelesaian, mungkin lebih sanggup dipahami, yaitu dengan memakai permutasi jikalau ada unsur yang sama, alasannya yaitu akan kita susun $8$ unsur kepada tiga kelompok yang terdiri dari $2$, $4$, dan $2$ kelompok yaitu:
$\begin{align}
P_{n_{1},n_{2},n_{3}}^{n} &=\dfrac{n!}{n_{1}! \times n_{2}! \times n_{3}!} &=\dfrac{8!}{2! \times 4! \times 2!} \\
&=\dfrac{8 \cdot 7 \cdot 6 \cdot 5 \cdot 4!}{2! \times 4! \times 2!} \\
&=\dfrac{8 \cdot 7 \cdot 6 \cdot 5}{2! \times 2!} \\
&=4 \cdot 7 \cdot 6 \cdot 5 \\
&= 420
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ 420 \text{cara}$

34. Sekolah $P$ akan mengirim $2$ perwakilan band untuk Pentas Musik Nusantara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda. Sekolah tersebut mempunyai $6$ band putra dan $4$ band putri. Berdasarkan penilaian, kemampuan band tersebut merata sehingga penentuan kedua perwakilan band dilakukan dengan cara mengambil secara acak satu per satu. Peluang terambil band putra pada pengambilan pertama dan band putri pada pengambilan kedua adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{1}{5} \\
(B)\ & \dfrac{6}{25} \\
(C)\ & \dfrac{4}{15} \\
(D)\ & \dfrac{2}{5} \\
(E)\ & \dfrac{13}{25}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Banyak grup keseluruhan yaitu $10$ grup yang terdiri dari $6$ grup putra dan $4$ grup putri.

Untuk mendapat peluang band putra pertama dan kedua putri sanggup kita hitung dengan peluang kejadi bersyarat atau peluang terpilih putra pertama dan putri kedua dengan syarat pertama sudah terpilih putra.
$\begin{align}
P(A \cap B) &= P(A) \cdot P(B|A) \\
P(Pa_{1} \cap Pi_{2}) &= P(Pa_{1}) \cdot P(Pi_{2}|Pa_{1}) \\
&= \dfrac{6}{10} \cdot \dfrac{4}{9} \\
&= \dfrac{24}{90}= \dfrac{4}{15}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ \dfrac{4}{15}$

35. Suatu alat percobaan bisa mengeluarkan satu kartu secara acak dari seperangkat kartu remi yang ada di dalamnya dengan menekan sebuah tombol pada alat tersebut. Terdapat $52$ kartu yang terdiri dari $26$ warna hijau dan $26$ warna merah.
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Kartu yang sudah keluar dimasukkan kembali ke dalam alat. Bila tombol alat tersebut ditekan sebanyak $260$ kali, frekuensi impian keluarnya kartu king merah dari $4$ kartu king adalah...

$\begin{align}
(A)\ & 20\ \text{kali} \\
(B)\ & 18\ \text{kali} \\
(C)\ & 10\ \text{kali} \\
(D)\ & 9\ \text{kali} \\
(E)\ & 6\ \text{kali}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung frekuensi impian sebuah peluang kejadian, sebagai tahap awal kita harus sanggup memilih peluang insiden yang diharapkan. Kejadian yang diharapkan yaitu keluar kartu king merah dari $52$ kartu.

$E$ = Kejadian yang diharapkan Muncul kartu king merah maka $n(E) = 2$
$S$ = Kejadian yang mungkin terjadi dari satu set kartu remi, maka $n(S) = 52$

$ P(E) = \frac{n(E)}{n(S)} = \dfrac{2}{52} = \dfrac{1}{26} $

Aturan untuk menghitung frekuensi harapan yaitu $ f_{h}(E)= n\ \cdot P(E) $ dengan $n$ yaitu banyak percobaan.
$\begin{align}
f_{h}(E) &= n\ \cdot P(E) \\
&= 260\ \cdot \dfrac{1}{26} \\
&= \dfrac{260}{26} \\
&= 10
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C)\ 10\ \text{kali}$

36. Peluang hidup seekor gajah, unta, dan warak di sebuah kebun hewan untuk jangka waktu $30$ tahun ke depan berturut-turut yaitu $30\%$, $25\%$, dan $20\%$. Peluang bahwa hanya gajah saja yang hidup sedangkan unta dan warak keduanya mati untuk jangka waktu tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1,5\% \\
(B)\ & 4,5\% \\
(C)\ & 12,0\% \\
(D)\ & 18,0\% \\
(E)\ & 75,0\% \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dalam waktu $30$ tahun ke depan

  • Peluang gajah, hidup $P \left( G \right)=30\%$, mati $P \left( G' \right)70\%$
  • Peluang unta, hidup $P \left( U \right)=25\%$, mati $P \left( U' \right)=75\%$
  • Peluang badak, hidup $P \left( B \right)=20\%$, mati $P \left( B' \right)=80\%$

Peluang bahwa hanya gajah saja yang hidup sedangkan unta dan warak keduanya mati untuk jangka waktu tersebut, jikalau kita jawab dalam kalimat yaitu gajah hidup dan unta mati dan badak mati.
$\begin{align}
P \left( E \right) &= P \left( G \right) \cdot P \left( U' \right) \cdot P \left( B' \right) \\
&= 30\% \cdot 75\% \cdot 80\% \\
&= 30\% \cdot 75\% \cdot 80\% \\
&= 18,0\%
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 18,0\%$


37. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, Desa X mengadakan lomba mengambil kelereng dari wadah dengan hukum sebagai berikut:
  • Setiap tim terdiri dari $5$ orang dan setiap anggota kelompok harus mengambil kelereng sesuai urutannya
  • Pada pengambilan putaran pertama ($5$ orang secara bergantian) hanya diperbolehkan mengambil masing-masing satu kelereng
  • Pada putaran kedua, orang pertama setiap kelompok mengambil $2$ kelereng dan selalu bertambah $3$ kelereng untuk akseptor pada urutan berikutnya dalam kelompok tersebut
  • Pada putaran selanjutnya, setiap anggota tim mengambil $3$ kelereng lebih banyak dari anggota sebelumnya.
Tim A beranggotakan Andi, Beny, Cakra, Dani, dan Eko (Urutan pengambilan kelereng sesuai dengan urutan huruf awal nama). Bersamaan dengan habisnya waktu, ternyata Tim A berhasil mengumpulkan $265$ kelereng. Banyak kelereng yang berhasil diambil pada pengambilan terakhir oleh salah seorang anggota Tim A adalah...kelereng
Alternatif Pembahasan:

  • Pada pengambilan pertama, kelereng yang terambil yaitu $1+1+1+1+1= 5$
  • Pada pengambilan kedua, kelereng yang terambil yaitu $2+5+8+11+14=40$
Sampai pada tahap ini kelereng yang terambil sudah $5+40=45$ dan total kelereng yang belum terambil yaitu $265-45=220$

Jumlah kelereng $220$ yaitu jumlah keseluruhan kelereng pada pengambilan ketiga oleh Tim A dimana beda banyak kelereng yang diambil oleh setiap akseptor yaitu $3$ kelereng. Secara matematis sanggup kita tuliskan:
$\begin{align}
A+B+C+D+E &= 220 \\
A+(A+3)+(A+6)+(A+9)+(A+12) &= 220 \\
5A + 30 &= 220 \\
5A &= 220-30 \\
5A &= 190 \\
A &= \dfrac{190}{5} \\
A &=38 \\
\end{align}$
Banyak kelereng yang berhasil diambil Eko yaitu $A+12=38+12=50$

$\therefore$ Jawaban yang sesuai yaitu $50$

38. Perhatikan gambar berikut.
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Sumber :meowwwhoney.blogspot.com/search?q=unbk-matematika-ipa
Tiga orang petugas dinas lingkungan hidup akan mengukur panjang Danau Tanralili di Kabupaten Goa. Orang pertama berada di titik $A$, orang kedua berada di titik $B$, dan orang ketiga berada di titik $C$. Ketiga petugas tersebut mengukur panjang Danau Tanralili dengan sumbangan drone. Dari titik $A$ orang pertama menerbangkan drone dengan jurusan tiga angka $045^{\circ}$ ke titik $B$ dan tercatat drone terbang selama $15$ menit dengan kecepatan $1,2\ km/jam$. Kemudian dari titik $B$ orang kedua menerbangkan drone dengan jurusan tiga angka $105^{\circ}$ ke titik $C$ dan tercatat drone terbang selama $20$ menit dengan kecepatan $1,2\ km/jam$. Jika $p$ yaitu jarak titik $A$ ke titik $C$ atau panjang Danau Tanralili dalam meter, nilai $p^{2}=\cdots$
Alternatif Pembahasan:

Drone begerak dengan arah $045^{\circ}$ artinya diukur $45^{\circ}$ dari Utara dan searah jarum jam (Jurusan Tiga Angka). Jika apa yang disampaikan di atas kita gambarkan kembali, menyerupai berikut ini:

atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)

$\therefore$ Jawaban yang sesuai yaitu $670$

39. Sebuah penyedia layanan telepon seluler akan mengeluarkan produk gres dengan nomor kartu terdiri dari $12$ digit. Seorang pegawai mendapat kiprah menyusun nomor kartu dengan isyarat prefix (empat nomor awal dari identitas penyedia layanan telepon seluler) yaitu $0844$ dan epat digit terakhir merupakan angka bagus yaitu $1221$. Pegawai tersebut hanya diperbolehkan memakai angka $2,3,4,5,7,8,9$ untuk menyusun nomor kartu. Banyak nomor kartu yang sanggup dibentuk oleh pegawai tersebut adalah...
Alternatif Pembahasan:

Banyak nomor kartu yaitu $12$ digit yaitu $0844-xxxx-1221$ sehingga pegawai kantor hanya akan menyusun $4$ angka yang belum diketahui, yang disusun dari $2,3,4,5,7,8,9$.

$\begin{array}{c|c|c|cc}
x_{1} & x_{2} & x_{3} & x_{4} \\
\hline
7 & 7 & 7 & 7
\end{array} $
Banyak nomor kartu yang sanggup dibentuk yaitu adalah $7^{4}=2401$

$\therefore$ Jawaban yang sesuai $2.401$

40. Sebuah akuarium berbentuk balok tanpa tutup mempunyai ganjal berbentuk persegipanjang dengan perbandingan lebar dan panjangnya $2:3$. Jika luas permukaan akuarium yaitu $1.800\ cm^{2}$, volume maksimum akuarium tersebut adalah...$cm^{3}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita ilustrasikan balok yang disampaikan pada soal dan dengan memisalkan panjang $3x$, lebar $2x$ tinggi $t$, kurang lebih menyerupai berikut ini:

atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)

Luas permukaan balok tanpa tutup yaitu $1.800\ m^{2}$ sehingga berlaku:
$\begin{align}
1800 &= 2x \cdot 3x + 2 \cdot 2x \cdot t + 2 \cdot 3x \cdot t \\
1800 &= 6x^{2} + 4xt + 6xt \\
1800 &= 6x^{2} + 10xt \\
1800 - 6x^{2} &= 10xt \\
\dfrac{1800- 6x^{2}}{10x} &= t
\end{align} $
Volume balok:
$\begin{align}
V &= 2x \cdot 3x \cdot t \\
&= 6x^{2} \cdot \dfrac{1800- 6x^{2}}{10x} \\
&= 6x \left( 1800- 6x^{2} \right) \\
&= 10800x- 36x^{3}
\end{align} $
Dengan memakai uji turunan pertama (V'=0) kita peroleh $x$ pembuat maksimum:
$\begin{align}
V' &= 10800 - 108x^{2} \\
0 &= 108 \left( 100 - x^{2} \right) \\
0 &= 108 \left( 10 + x \right)\left( 10 - x \right) \\
\hline
& x = -10\ \text{atau}\ x=10 \\
\hline
V &= 10800x- 36x^{3} \\
V &= 10800(10)- 36(10)^{3} \\
V &= 108.000- 36.000 \\
V &= 72.000
\end{align} $

$\therefore$ Jawaban yang sesuai $72.000$


Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Jika tertarik untuk menyimpan catatan calon guru di atas dalam bentuk file (.pdf) silahkan di d0wnl0ad pada link berikut ini:
  • Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas Kelompok IPA Tahun 2019 ๐Ÿ‘€ Download
  • Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas Kelompok IPA Tahun 2019 ๐Ÿ‘€ Download
Untuk saran yang sifatnya membangun terkait duduk kasus alternatif penyelesaian Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan๐Ÿ˜ŠCMIIW.

Jangan Lupa Untuk Berbagi ๐Ÿ™Share is Caring ๐Ÿ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE๐Ÿ˜Š

Video pilihan khusus untuk Anda ๐Ÿ˜Š Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka;
atatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini yaitu perihal soal dan pembahasan 40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)


Sumber http://defantri.blogspot.com

0 Response to "40 Soal Dan Pembahasan Unbk Matematika Sma Ipa Tahun 2019 (*Simulasi Unbk 2020)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel