iklan

Cara Budidaya Belut Yang Tepat, Ikuti 4 Langkah Ini

Cara budidaya belut, Anda tentunya sudah kenal dengan binatang menyerupai ular ini, meski terlihat mengelikan, belut merupakan binatang yang cukup banyak menyimpan protein. Sehingga baik untuk Anda konsumsi bersama keluarga dirumah. Sebelum mencar ilmu cara budidaya belut, Anda harus tahu kalifikasi belut, untuk lebih detailnya sebagai berikut :


Pengenalan Cara Budidaya Belut


 Anda tentunya sudah kenal dengan binatang menyerupai ular ini Cara Budidaya Belut yang Tepat, Ikuti 4 Langkah Ini
gambar cara budidaya belut

Nama             : Synbranchus, (Belut)


Species          : Synbranchus bengalensis


Genus             : Synbranchus


Ordo               : Synbranchoidae


Famili             : Synbranchidae


Kelas              : Pisces


Subkelas       : Teleostei


Cara budidaya belut Anda harus memperhatikan jenis. Ada tiga jenis belut yang sanggup di budidayakan yaitu :



  1. belut rawa,

  2. belut sawah,

  3. belut kali,


 Anda tentunya sudah kenal dengan binatang menyerupai ular ini Cara Budidaya Belut yang Tepat, Ikuti 4 Langkah Ini
gambar cara budidaya belut

Ketiga jenis belut diatas terindentifikasi mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, namun sayangnya populasi jenis belut ini semakin usang semakin menurun seiring dengan menyempitnya lahan pertanian serta penggunaan obat-obat pertanian yang berlebihan.


Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat, banyak kalangan pengusaha belut yang mulai membudidayakan belut. dengan aneka macam macam cara, menyerupai cara budidaya belut media tanah, cara budidaya belut media kolam terpal, cara budidaya belut media kolam semen, dan lainya.


Pada kesempatan ini, Kami akan menunjukkan tips cara budidaya belut sederhana yang sanggup Anda terapkan, baik dirumah, di halaman, di pekarangan, atau di mana saja, hehehe


Perlu Anda tahu, selama ini banyak peternak sukses menjalakan usaha budidaya belut, padahal cara budidaya belut yng dijalankan masih konvensional. Harga jual belut yang terus melejit menciptakan peternak tetap saja untung meski cara budidaya belut yang dilakukan konvensional. Apalagi kalau Anda mengunakan cara budidaya belut ini, mungkin Anda  akan lebih gampang berhasil..


Ok dari pada kepanjangan, eksklusif saja ya.. Kami akan berikan tips dan trik cara budidaya belut yang benar. Selamat mencar ilmu !


Pedoman Cara Budidaya Belut:


1.  Syarat Lokasi



  • Secara geografis,  tidak ada perkara baik dataran rendah maupun dataran tinggi, belut sanggup dikembangbiakan.

  • Temperatur udara yang paling cocok untuk budidaya belut berkisar 25-31 derajat C.

  • Kondisi air kolam harus selalu bersih, tidak tercemar limbah, sampah beracun dan obat-obat kimia berbahaya.

  • Pilih daerah yang terlindung dari penyinaran matahari secara penuh, penyinaran matahari secukupnya saja.

  • Buat kolam di bersahabat rumah, baik disamping ataupun belakang biar lebih gampang dalam pegawasan dari gaguan binatang


2. Persiapan daerah dan alat



  • Langkah pertama buat kolam budidaya berbentuk lingkaran maupun persegi sesuai selera dengan materi tanah, semen atau tong.

  • Ukuran kolam harus disesuiakan dengan kapasitas dan ukuran belut. Estimasi ukuran kolam untuk bibit belut 250 ekor/meter (belut ukuran 1-3 cm), ukuran kolam belut remaja (4-7cm) kapasitas tampung 250 ekor/meter, kolam belut sampaumur daya tampung 100 ekor/meter untuk ukurran belut 15-20cm dan kapasitas kolam 50 ekor/meter untuk belut 30-50cm.

  • Siapkan media dasar pada kolam, berupa sekam padi, pupuk kandang, serta materi organik lainya.

  • Komposisi  media dasar (1:1:1), sekam padi untuk dasartumpuk dengan pupuk sangkar dan diatasnya ditimbun jerami padi.

  • Aliri air secara bertahap, ketinggian kolam 100 cm, maka komposisi materi organik yaitu 30 cm rendam air hingga ketinggian 50 cm.

  • Diamkan kolam hingga 2-3 ahad hingga membentuk lumpur, dengan catatan jerami, pupuk dan sekam padi sudah terurai menjadi lumpur tidak berbau menyengat.

  • Setelah kolam siap bibit/benih belut sanggup dimasukan kedalam kolam dengan komposisi jumlah menyerupai diatas.

  • Perlengkapan alat yang diperluka menyerupai selang air atau pipa air untuk mengairi kolam, baskom plastic, jaring untuk menangkap belut, dan peralatan lainya menyerupai sekop atau serok.


Berikut gambar cara budidaya belut media kolam semen.


 Anda tentunya sudah kenal dengan binatang menyerupai ular ini Cara Budidaya Belut yang Tepat, Ikuti 4 Langkah Ini
gambar cara budidaya belut media kolam semen

 3. Persiapan Bibit Belut


Memahami pemilihan bibit belut sangatlah penting. Cara budidaya belut yang baik, Anda harus diperhatikan ciri-ciri fisik bibit, umur, dan mengetahui silsilah perindukan bibit.


 Anda tentunya sudah kenal dengan binatang menyerupai ular ini Cara Budidaya Belut yang Tepat, Ikuti 4 Langkah Ini
gambar cara budidaya belut media kolam kolam plastik

Proses pemilihan bibit belut sebagai berikut :



  • Gunakan bibit ukuran 1-3 cm dan 5-8 cm. (berusia 3-4 minggu)

  • Pilih bibit belut yang mempunyai ciri fisik sehat, bergerak lincah,dan perhatikan pada kulit luar, jangan menentukan bibit berkulit kusam.

  • Upayakan Anda menentukan bibit yang mempunyai napsu makan yang banyak dan tidak terjangkit penyakit.

  • Hindari pilih bibit belut yang lemas atau telihat lesu secara fisik terlihat tidak segar geraknya lambat.

  • Lakukan pemilihan bibit secara jelas, jagan ada luka atau lecet pada sirip maupun belut, biasanya bibit yang menyerupai sudah terjangkit penyakit.

  • Cara budidaya belut biar lebih kondusif yaitu sebaiknya bibit di peroleh dari daerah penangkaran belut, seperti dinas pembibitan.


 4. Pemeliharaan


Cara budidaya belut sekanjutnya yaitu pemeliharaan belut. Dalam pemeliharan bibit hingga sampaumur dibutuhkan waktu 2-4 bulan tergantung ajakan konsumsi, apakah ukuran sedang atau belut ukuran besar.


Tahapan pemeliharaan dilakukan sehabis Anda memperoleh bibit belut, dan selanjutnya bibit dimasukan kedalam kolam pembesaran, berikut tahapan cara budidaya belut dalam proses pemeliharaan yaitu :



  • Berikan pakan cukup 1 kali sehari saja.

  • Waktu sumbangan pakan yaitu pada sore/malam hari alasannya belut yaitu binatang yang suka beraktifitas pada malam di banding siang hari.

  • Komposisi pakan yaitu 1:1 berupa pelet : Tambahan pakan untuk belut setiap harinya.

  • Agar hasil lebih maksimal, dibutuhkan suplemen pakan yang berasal dari asupan hewani yang alami, menyerupai cacing, ulat, kecoa, bekicot, atau kiong sutra

  • Cara penyajian pakan suplemen berupa bekicot atau keong sebaiknya dipisahkan dari cangkang terlebih dahulu, sehabis itu dipotong-potong menjadi bab kecil, kemudian dicuci dengan bersih, sehabis itu sanggup diberikan  eksklusif kepada belut atau dikeringkan terlebih dahulu.

  • Untuk menjaga keshatan belut, Anda sanggup berikan suplemen obat atau vaksinasi biar belut tidak gampang terjangkit penyakit, yang dilakukan 2 bulan sekali.


 


Tips Cara Mengatasi Penyakit Belut


Belut biasanya jarang terkena penyakit kalau kondisi air tetap terjaga kebersihanya. Meskipun demikian bukan berarti belut tidak sanggup terjangkit penyakit. Cara budidaya belut yang penting pula untuk Anda ketahui, yaitu bagaimana mengatasi penyakit.


Ada dua jenis basil yang sering menyerang belut yaitu Pseuudomonas dan Aeromonas.


Kedua basil tersebut sanggup menyerang kolam belut dengan cepat. Belut yang terinfeksi baksteri ini ditandai dengan bercak-bercak merah pada bawah ingsang, lisan dan kemudian menjalar keseluruh tubuh, yang balasannya belut mulai terlentang (perut diatas) dan kemudian mati.


Anda jangan kawatir alasannya ada cara budidaya belut dari kami untuk mencegahan penyebaran basil tersebut, yaitu dengan manfaat gedebog pisang busuk. Enzim yang terkandung pada gedebog pisang berfungsi sebagai antiseptik juga sanggup menghambat pertembuhan basil Pseuudomonas dan Aeromonas.


Manfaat penggunaan  gedebog pisang selain sebagai pencegahan bakteri, juga sebagai sumber pakan alami belut. Karena gedebog pisang yang membusuk sanggup menumbuhkan cacing-cacing berprotein  tinggi bagi belut.


Demikian klarifikasi kami wacana cara budidaya belut, kalau ada pertanyaan silahkan berikan konentar Anda?


Temukan Artikel  Terkait Tips-Tips Budidaya di www.infoagribisnis.com




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Budidaya Belut Yang Tepat, Ikuti 4 Langkah Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel