iklan

8 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Dari Dunia Peternakan

Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Di Bidang Agrobisnis Peternakan 8 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Dari Dunia PeternakanKalau sudah bicara soal bisnis Indonesia yang paling berprospek, memang tidak bisa lepas dari agrobisnis. Sebagai negara yang mempunyai kekayaan alam yang begitu kaya, dunia agro menyimpan begitu banyak peluang dan memberi begitu banyak pilihan bisnis yang menguntungkan.


Salah satu bab dari perjuangan dalam dunia agro yaitu bisnis dalam dunia peternakan. Bisnis peternakan sendiri terdiri dari banyak pilihan, selaras dengan banyaknya ragam jenis pakan hewani yang berkembang di Indonesia. Mulai dari perjuangan peternakan dasar menyerupai perjuangan peternakan ayam, sapi, kambing hingga jenis bebek, burung puyuh, kelinci, kalkun dan masih banyak lagi.


Tetapi pilihan dari perjuangan dalam bidang peternakan tidak hanya terpaku pada perbedaan jenis ternak yang dipelihara. Beberapa perjuangan yang menguntungkan berikut ini juga bisa menjadi pilihan dalam mengambil keputusan menjalankan bisnis peternakan.



  1. Usaha Pembibitan

    Beberapa pelaku perjuangan peternakan menentukan menggeluti bisnis pembibitan dan bergerak sebagai hulu dari bisnis peternakan. Anda bisa memulainya dengan memelihara beberapa indukan dan melaksanakan proses pembuahan hingga bibit siap dibesarkan. Para pelaku perjuangan bisnis penggemukan akan sangat membutuhkan produk bibit  yang Anda hasilkan. Biasanya bibit atau kadang pada jenis unggas disebut DOC ini dijual dikala sudah dianggap siap untuk proses pembesaran dan sudah cukup berpengaruh untuk keluar dari sangkar dan mengalami pemindahan.

  2. Usaha penetasan

    Usaha yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari inspirasi bisnis bidang peternakan dengan modal kecil. Bisa Anda jalankan untuk penetasan telur ayam atau telur bebek. Hasil final dari bisnis ini sama dengan bisnis pembibitan, hanya bedanya di sini Anda tidak berurusan dengan indukan. Yang perlu Anda lakukan hanya membeli telur sehat dan menetaskannya dengan menggunaka alat tetas yang murah meriah.

  3. Usaha penggemukan

    Bisnis produksi daging untuk pakan hewani yaitu salah satu perjuangan yang menguntungkan dalam bidang peternakan. Pasarnya sangat luas dan bisa Anda jalankan dalam tempo yang singkat. Kadang untuk proses penggemukan Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 – 8 bulan saja, tentu saja bergantung pada jenis binatang yang Anda pelihara. Karena fokus pada pembentukan daging, maka pemeliharaan diarahkan pada proteksi pakan yang optimal demi bisa mendapat bobot optimal dari binatang ternak secara sehat.

  4. Usaha Petelur

    Telur ayam atau angsa juga mempunyai pasar sangat besar yang bisa Anda kembangkan. Anda bisa menjalankan peternakan dengan fokus hasil telur daripada daging. Fokus pakan diutamakan untuk menjaga kesehatan perkembang biakan ternak. Justru beberapa fakta mengambarkan pasar dari telur bisa lebih besar dari perjuangan ternak pedaging.

  5. Usaha susu

    Bila dalam ternak unggas telur bisa menjadi alternative hasil ternak, maka dalam pemeliharaan jenis mamalia maka ternak dengan fokus hasil susu yaitu pilihan alternative yang tidak kalah potensial. Fokus pakan diarahkan pada memaksimalkan kualitas dan kuantitas hasil susu. Usaha jenis ini belakangan juga semakin menarik dengan munculnya bermacam-macam jenis binatang ternak penghasil susu selain sapi menyerupai kambing etawa dan kuda. Meski seruan di pasar konsumsi tidak terlalu besar, perjuangan ini bisa Anda arahkan sebagai supplier industri susu kemasan.

  6. Usaha pakan

    Setiap pelaku perjuangan peternakan terang mutlak membutuhkan suplai pakan. Di sinilah peluang yang bisa Anda olah sebagai perjuangan yang menguntungkan. Misalkan dengan memproduksi pakan khusus ternak, sebagai penyalur pakan ternak atau penjual ecer binatang ternak.

  7. Usaha binatang hias

    Di luar perjuangan ternak pedaging, petelur dan perah rupanya adalagi perjuangan pemeliharaan binatang yang tak kalah berpeluang. Apalagi jikalau bukan perjuangan ternak binatang hias. Biasanya binatang jenis ini tidak dipelihara untuk dikonsumsi melainkan sebagai binatang peliharaan. Bisa alasannya yaitu suaranya yang menarik atau malah bentuk uniknya. Pasar jenis ini bisa memberi Anda untung bebrapa kali lipat alasannya yaitu memang kebanyakan harga jualnya relatif tinggi. Tetapi kebanyakan juga menuntut kemampuan khusus dalam pemeliharaan.

  8. Usaha kompos

    Kompos bisa dibentuk dari sisa pakan dan kotoran dari ternak. Bebeapa orang malah tertarik untuk menjadi penampung kotoran tersebut untuk kemudian diolah sebagai kompos dan dijual ke pasar pertanian. Ini juga bisa menjadi pilihan menarik dari bisnis peternakan.


Tingginya jumlah penduduk di Indonesia menjadi salah satu alasan fundamental mengapa bisnis peternakan memberi Anda begitu banyak peluang. Jumlah penduduk yang tinggi menyebabkan seruan yang tinggi terhadap pakan hewani. Demikian tingginya seruan hingga impor masih menjadi pilihan untuk menutup gap kekurangan. Dan dari sanalah Anda bisa melihat masih besarnya peluang membangun perjuangan yang menguntungkan dalam bidang peternakan.


sumber gambar: nasional.republika.co.id



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "8 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Dari Dunia Peternakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel