iklan

✔ Definisi Public Relations

Institute of Public Relations, UK
Definisi Public Relations - Public Relations yaitu upaya yang sengaja, direncanakan, dan dilakukan terus menerus untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan publiknya

Denny Griswold, uitgever van Public Relations News, NY
Public Relations adalah

Baca Juga

  • Fungsi administrasi yang mengevaluasi sikap publik,
  • mengidentifikasi kebijakan dan mekanisme organisasi dengan interes publik
  • dan melakukan kegiatan tindakan (komunikasi) untuk mendapat pemahaman dan pengertian publik
 EL Berneys, USA, 1956
PR merupakan upaya dengan memakai isu persuasi dan pembiasaan untuk menghidupkan pemberian publik atas suatu kegiatan, atau suatu sebab


Mexican Statement in Public Relations Practice, Mexico City, 1978

Public Relations adalah
  • seni dan ilmu sosial untuk menganalisis kecenderungan,
  • memprediksikan konsekuensi-konsekuensi,
  • menasihati para pimpinan organisasi, 
  • dan melakukan kegiatan yang direncanakan dari tindakan-tindakan yang akan melayani baik organisasi maupun interes publiknya
 dan dilakukan terus menerus untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar or ✔ Definisi Public Relations
International Public Relations Association (IPRA)
PR (Public Relations) merupakan

  • fungsi administrasi yang khas yang mendukung training dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama, melibatkan administrasi dalam permasalahan dan persoalan
  • Membantu administrasi memperlihatkan penerangan dan jawaban dalam hubungan dengan opini publik
  • Menetapkan dan menekankan tanggung jawab administrasi dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam membantu mendahului kecenderungan
  • Menggunakan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama


Artinya?
  • Fungsi manajemen, menegaskan bahwa komunikasi dalam kegiatan PR sangat penting.
  • Komunikasi, dua arah dari organisasi ke publik dan sebaliknya.
  • PR berfungsi memantapkan kepemimpinan manajer dan mengefektifkan serta mengefisienkan upaya pencapaian tujuan organisasi menjadi kenyataan
  • Hubungan dengan banyak sekali publik sangat penting untuk selalu dipelihara, sehingga ada pengertian bersama hubungan serasi antar organisasi dan publik
Catatan: public dalam PR
Kelompok atau publik yang terkait dalam pelaksanaan fungsi PR
Ada dua macam Public :
  1. Internal PR: yaitu seluruh jajaran personel dalam organisasi : Top Manajemen hingga lapisan terbawah
  2. Eksternal PR: pribadi atau kelompok publik yang terkait dalam kegiatan PR
C dalam PR
  • Credibility (kredibilitas)
  • Context (konteks)
  • Content (Isi)
  • Clearify (kejelasan)
  • Continuety (kesinambungan)
  • Concistency (konsistensi)
PR, Marketing, Promosi
  • PR bukan potongan Marketing. PR memperlihatkan layanan kepada potongan marketing, memperlihatkan jasanya kepada organisasi
  • Promosi merupakan pelayanan khusus (dg fungsi dan falsafah PR), pribadi dan tidak dalam membantu Marketing-nya secara preventif atau pun kreatif, demi kepentingan dan laba semua pihak
Kronologi
  • Abad ke-19: PR di AS dan Eropa merupakan kegiatan studi mandiri, berdasar pada perkembangan IPTEK
  • 1865-1945: public dianggap terbelakang diberi isu dididik dihargai
    1925: NY, PR sebagai Pendidikan Tinggi- resmi
  • 1928: Belanda, memasuki Pendidikan Tinggi, di fakultas, minimal sebagai mata kuliah wajib, ada kursus-kursus bermutu
  •  1945-1968 : publik mulai terbuka dan banyak mengetahui
  • 1968 : di Belanda berkembang ke arah ilmiah; NY berkebang ke arah bisnis
  • 1968-1979: Public dikembangkan ke banyak sekali bidang
  • 1979-1990: profesional/Internasional memasuk globalisasi (mental dan kualitas)


1990 – sekarang:
  1. Perubahan mental, kualitas, contoh pikir, contoh pandang, sikap, dan contoh sikap secara nasional/internasional
  2. Membangun kerjasama secara lokal, nasional, internasional
  3. Saling berguru di bidang IPOLEKSOSBUD sesuai kebutuhan periode global/informasi
Pahlawan PR
Mereka mengubah PR dari sebuah KoNSEP menjadi PROFESI
Ivy Ledbetter Lee (The Father of Public Relations)
Gagasan pembaharuan Lee dikenal :Declaration of Principle, intinya: publik dilarang dibaiakan oleh manajemen, publik dilarang dianggap terbelakang oleh pers
Sumber http://definisimu.blogspot.com

Related Posts

0 Response to "✔ Definisi Public Relations"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel