Aplikasi Pemantau Kurikulum 2013
EPIK ialah sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum. Sistem ini dikelola oleh Unit Implementasi Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Dokumen Panduan Penggunaan Aplikasi EPIK (Role Sekolah) ini dibentuk dengan tujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan penggunaan aplikasi EPIK untuk sekolah yang mempunyai peranmeng-konfirmasi penerimaan paket buku dari perusahaan.
Fungsi utama EPIK ialah :
- Menampilkan gosip untuk publik secara detail mengenai 6.326 Sekolah Sasaran, 74.289 PTK Sasaran, Jadwal dan Lokasi Pelatihan di 6 Region dan 32 LPMP.
- Memantau Status Distribusi Paket Buku ke LPMP dan sekolah Kurikulum 2013 sebagaie-livereport
EPIK di operasikan oleh 7 kelompok operator sebagaimana gambar berikut :
EPIK berada di server akomodasi awan (Cloud) Jardiknas Pustekom dengan nama sub-domainkurikulum.kemdikbud.go.id . EPIK sanggup diakses oleh sekelompok operator dengan tingkat dan hak saluran (Privilage) yang telah diatur oleh Administrator.
Perangkat lunak yang diperlukan ialah sebagai berikut :
!Browser Internet Explorer minimal versi 9.0, Mozilla Firefox minimal versi 4.0 , Google Chrome minimal versi 10.0 atau browser lainnya yang mendukung HTML5.
Perangkat keras yang diperlukan untuk mengakses aplikasi ialah :
!Komputer atau notebook dengan sistem operasi baik Windows, Linux atau MacOS atau piranti bergerak dengan aplikasi browser HTML5
Sumber daya insan yang dimaksud disini ialah setiap individu yang mempunyai saluran pada aplikasi EPIK. Baik dari Unit Implementasi Kurikulum (UIK), Direktorat, Sekolah, PTK dan user yang mempunyai hak untuk mengakses sajian administrator.
Cara Menggunakan Aplikasi EPIK
Pada kolom web browser, ketik :
http://kurikulum.kemdikbud.go.id
Yang sanggup masuk ke aplikasi EPIK ialah akun yang telah terdaftar. Untuk role Sekolah silahkan memakai nama pengguna dan kata sandi yang telah didaftarkan oleh administrator. Misal untuk masuk sebagai Sekolah Menengah Pertama NEGERI 1 MALANG memakai nama pengguna : SMP NEGERI 1 MALANG, kata sandi : SMPN NEGERI 1 MALANG. Berikut ialah tampilan saat pengguna berhasil masuk dengan hak saluran sebagai role Sekolah :
Gambar 3.3 : Halaman Utama Role Sekolah
4 Menu dan Cara Penggunaan
Adapun sajian – sajian yang ada pada role Sekolah ialah :
1.Konfirmasi Penerimaan
Untuk konfirmasi penerimaan paket buku yang diterima dari perusahaan
2.Bantuan
Bantuan ialah sajian untuk mengisi pengaduan atau masukan berkaitan dengan distribusi paket buku.
Konfirmasi penerimaan mempunyai 2 sub menu, yaitu Konfirmasi untuk melihat daftar paket buku yang harus dikonfirmasi, dan Telah Dikonfirmasi yaitu daftar penerimaan paket buku yang sudah dikonfirmasi
4.1.1 Konfirmasi
Paket buku yang dikirimkan oleh perusahaan akan masuk dalam sajian Konfirmasi ini.Tekan tombol
pada kolom Aksi untuk meng-konfirmasi paket buku baru
Gambar 4.1 : Daftar Konfirmasi Penerimaan
Isikan Tanggal Penerimaan dan No.Bukti Penerimaan. Pada tabel Detail Penerimaan ada keterangan jumlah paket yang harusnya diterima. Jika jumlah paket yang diterima sama dengan jumlah yang ada dikolom Jumlah Paket , maka anda sanggup pribadi menekan tombol
Gambar 4.2 : Form Konfirmasi dengan Jumlah Paket Benar
Jika paket yang diterima tidak sesuai dengan yang tertera pada kolom Jumlah Paket , silahkan mengisikan berapa jumlah paket yang diterima dan berikan komentar pada Catatan.
Gambar 4.3 : Form Konfirmasi dengan Jumlah Paket Salah
Setelah paket berhasil dikonfirmasi maka pada kolom agresi terdapat keterangan “Sudah Dikonfirmasi”
Gambar 4.4 : Sukses Konfirmasi Paket
4.1.2 Sudah Dikonfirmasi
Menu ini untuk melihat daftar paket yang sudah dikonfirmasi.
Gambar 4.5 : Daftar Sudah Dikonfirmasi
Klik tombol
untuk melihat detail penerimaan paket
Gambar 4.6 : Detail Konfirmasi Paket
4.2 Bantuan
4.2.1 Daftar Bantuan
Berisi daftar pengaduan atau masukan dari Sekolah berkaitan dengan distribusi paket buku
Gambar 4.7 : Daftar Bantuan
4.2.2 Tambah Bantuan
Untuk menambah pinjaman klik tombol 
Gambar 4.8 : Tambah Bantuan
5 Ganti Kata Sandi
User sanggup mengganti kata sandi dengan cara klik link username pada header halaman. Misal pada rujukan gambar dibawah ini klik link Sekolah Menengah Pertama NEGERI 01 MALANG.
Setelah itu akan masuk ke halaman Ganti Kata Sandi dan Informasi Pribadi seperti gambar dibawah ini. Isikan kata sandi gres pada Kata Sandi kemudian ulangi pada Konfirmasi Kata Sandi.Jika kata sandi yang dimasukkan benar maka akan tampil keterangan “Kata Sandi
Sesuai” . Kemudian klik tombol
dan klik Keluar untuk login kembali memakai kata sandi baru.
Gambar 5.2 : Halaman Ganti Kata Sandi dan Informasi Pribadi
Isikan gosip perihal sekolah pada Informasi Pribadi khususnya yang bertanda (*) yang
artinya wajib diisi. Email wajib disini alasannya ialah dipakai saat user ingin Forgot Password .
6 Lupa Kata Sandi (Forgot Password)
Jika user lupa kata sandi, maka user sanggup mengetahuinya dengan klik Lupa Kata Sandi pada halaman login menyerupai gambar dibawah ini
Anda akan diminta untuk memasukkan email dan klik 
Gambar 6.2 : Masukkan Email
Kemudian tampil konfirmasi untuk mengecek email anda menyerupai berikut
Ikuti link yang diberikan pada email sehingga tampil halaman untuk memasukkan kata sandi
baru
Gambar 6.4 : Masukkan Kata Sandi Baru
Sumber http://biologipedia.blogspot.com
0 Response to "Aplikasi Pemantau Kurikulum 2013"
Posting Komentar