iklan

Pembungkusan Tulang Oleh Otot



Sisi penting lain perihal info yang disebutkan dalam ayat-ayat Quran yakni tahap-tahap pembentukan insan dalam rahim ibu. Disebutkan dalam ayat tersebut bahwa dalam rahim ibu, mulanya tulang-tulang terbentuk, dan selanjutnya terbentuklah otot yang membungkus tulang-tulang ini. 
"Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, kemudian segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, kemudian tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik." (QS Al-Mu'minuun: 14)
Embriologi yakni cabang ilmu yang mempelajari perkembangan embrio dalam rahim ibu. Hingga akhir-akhir ini, para andal embriologi beranggapan bahwa tulang dan otot dalam embrio terbentuk secara bersamaan. Karenanya, semenjak usang banyak orang yang menyatakan bahwa ayat ini bertentangan dengan ilmu pengetahuan. 
Namun penelitian canggih dengan mikroskop yang dilakukan dengan memakai perkembangan teknologi gres telah mengungkap bahwa pernyataan Quran yakni benar kata demi katanya. 
Penelitian di tingkat mikroskopis ini mengatakan bahwa perkembangan dalam rahim ibu terjadi dengan cara persis menyerupai yang digambarkan dalam ayat tersebut. Pertama, jaringan tulang rawan embrio mulai mengeras. Kemudian sel-sel otot yang terpilih dari jaringan di sekitar tulang-tulang bergabung dan membungkus tulang-tulang ini. 
Peristiwa ini digambarkan dalam sebuah terbitan ilmiah dengan kalimat berikut: Dalam ahad ketujuh, rangka mulai tersebar ke seluruh badan dan tulang-tulang mencapai bentuknya yang kita kenal. Pada selesai ahad ketujuh dan selama ahad kedelapan, otot-otot menempati posisinya di sekeliling bentukan tulang. (Moore, Developing Human, 6. edition, 1998) 
Singkatnya, tahap-tahap pembentukan insan sebagaimana digambarkan dalam Alquran, benar-benar sesuai dengan inovasi embriologi modern.

Sumber http://biologipedia.blogspot.com

0 Response to "Pembungkusan Tulang Oleh Otot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel