Penyusunan Rpp Kurikulum 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
- RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan mencar ilmu penerima didik dalam upaya mencapai KD.
- Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
- RPP disusun untuk setiap KD yang sanggup dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
- Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang diubahsuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Komponen RPP (Standar Proses Nomor 65 Tahun 2013)
- Identitas sekolah
- Identitas mata pelajaran
- Kelas/ semester
- Materi pokok
- Alokasi waktu
- Tujuan pembelajaran
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
- Materi pembelajaran
- Alokasi waktu
- Metode pembelajaran
- Media pembelajaran
- Sumber belajar
- Langkah-langkah pembelajaran
- Penilaian hasil pembelajaran
Prinsip Penyusunan RPP
- Memperhatikan perbedaan individu penerima didik.
- Mendorong partisipasi aktif penerima didik.
- Mengembangkan budaya membaca dan menulis.
- Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
- Mengakomodasi pada keterkaitan dan keterpaduan KD, Keterkaitan dan keterpaduan bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
Langkah Penyusunan RPP
- Kegiatan Pendahuluan
>> Orientasi;
Memusatkan perhatian penerima didik pada bahan yang akan dibelajarkan, dengan cara memperlihatkan benda yang menarik, memperlihatkan ilustrasi, membaca informasi di surat kabar, menampilkan slide animasi, fenomena alam, fenomena sosial, atau lainnya.
>> Apersepsi;
Memberikan persepsi awal kepada penerima didik wacana bahan yang akan diajarkan.
>> Motivasi;
Guru memperlihatkan citra manfaat mempelajari bahan yang akan diajarkan.
>> Pemberian Acuan;
Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari.
Acuan sanggup berupa klarifikasi bahan pokok dan uraian bahan pelajaran secara garis besar.
Pembagian kelompok belajar.
Penjelasan prosedur pelaksanaan pengalaman mencar ilmu (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran). - Kegiatan Inti
Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran.
Menggunakan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/ atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan problem (project based learning) diubahsuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
Memuat pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terintegrasi pada pembelajaran. - Kegiatan Penutup
Seluruh rangkaian acara pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat pribadi maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk proteksi tugas, baik kiprah individual maupun kelompok; dan Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Contoh Format RPP
Satuan Pendidikan : ………………………………….
Kelas/Semester : ………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………….
Topik : ………………………………….
Pertemuan ke- : ………………………………….
Alokasi Waktu : ………………………………….
Sumber http://biologipedia.blogspot.com
Kelas/Semester : ………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………….
Topik : ………………………………….
Pertemuan ke- : ………………………………….
Alokasi Waktu : ………………………………….
0 Response to "Penyusunan Rpp Kurikulum 2013"
Posting Komentar