iklan

Bagian-Bagian Ginjal Yang Perlu Diketahui

Tahukah anda bagian-bagian ginjal ? Ginjal merupakan organ ekskresi dalam vertebrata yang memiliki bentuk menyerupai dengan kacang. Selain itu sebagai penggalan dari sistem urin, Ginjal berfungsi mengeluarkan sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan membuangnya bersama dengan air urin. Ginjal membuang zat-zat yang tidak diharapkan lagi dan mengambil zat-zat yang masih diharapkan tubuh. Selain itu ginjal juga bertugas menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Kelainan fungsi ginjal sanggup menyebabkan timbulnya banyak sekali macam penyakit menyerupai diabetes melitus, kerikil ginjal dan, nefritis.

Ginjal insan terletak di dalam penggalan belakang rongga perut, di tulang pinggang sebelah kanan kiri, sehingga sering disebut juga buah pinggang. Ginjal sebelah kanan terletak sedikit lebih rendah dikarenakan terdorong oleh hati. Setiap ginjal memiliki panjang 6 – 7½ cm dan tebal 1½ – 2½ cm. Ginjal Pada orang sampaumur beratnya kira-kira 140 gram.

Ginjal terdiri dari 3 penggalan utama yaitu korteks, medula, dan pelvis. Ketiganya sangat penting bagi ginjal. Jika penggalan ginjal dibelah, maka kita akan sanggup melihat lebih dalam lagi bagian-bagian ginjal.

Berikut yaitu bagian-bagian ginjal yang perlu diketahui :


korteks (bagian luar)
Pada penggalan korteks atau kulit ginjal terdapat simpai Bowman dan glomerulus. Keduanya membentuk kesatuan yang disebut Badan Malpighi. Di sinilah proses penyaringan darah dimulai. Badan malpighi yaitu awal dari nefron. Nefron yaitu unit fungsional terkecil dari ginjal yang terdiri atas duktus koligentes, tubulus kontortus proximal, dan tubulus kontortus distal . Masing-masing ginjal terbentuk oleh kira-kira 1 juta nefron. Dari Malpighi terbentuk susukan yang menuju penggalan medula (sumsum ginjal). Berikut yaitu klarifikasi bagian-bagian di dalam nefron:

  1. Nefron: yaitu daerah di mana darah disaring. Di dalam ginjal terdapat kira-kira lebih dari 1 juta buah nefron. 1 buah nefron terdiri dari kapsula bowman, glomerulus, lengkung henle,  tubulus kontortus proksimal, tubulus kolektivus dan tubulus kontortus distal.
  2. Glomerulus: yaitu Tempat penyaringan darah yang akan menyaring air, garam, glukosa, asam amino, dan urea yang pada risikonya akan menghasilkan urin primer.
  3. Kapsula bowman: yaitu  kantong/kapsul yang membungkus glomerulus. Kapsula bowman ini ditemukan oleh Sir William Bowman.
  4. Tubulus kontortus proksimal: yaitu daerah peresapan kembali urin primer yang menyerap garam, air, glukosa, dan asam amino yang pada risikonya menghasilkan urin sekunder.
  5. Lengkung henle: yaitu Penghubung antara tubulus kontortus distal dengan tubulus kontortus proksimal. 
  6. Tubulus kontortus distal: yaitu daerah untuk melepaskan zat-zat yang tidak berkhasiat lagi atau berlebihan ke dalam urin sekunder yang risikonya menghasilkan urin sesungguhnya.
  7. Tubulus kolektivus: merupakan tabung sempit panjang dalam ginjal yang dipakai untuk menampung urin dari nefron, untuk selanjutnya disalurkan ke pelvis melalui kandung kemih.
  8. Calyces yaitu suatu penampung berbentuk cangkir di mana urin dikumpulkan sebelum mencapai ke kandung kemih melalui ureter. Ruangan yang berada di antara piramid diisi oleh cotex kemudian membentuk struktur yang disebut renal columns. 
  9. Medula (sumsum ginjal) terdiri atas saluran-saluran yang merupakan kelanjutan dari tubuh malphigi dan merupakan susukan yang terdapat di penggalan korteks. Medula terbentuk atas beberapa tubuh yang berbentuk kerucut (piramida). Di sini terdapat lengkung henle yang menghubungkan antara tubulus kontortus proksimal dengan tubulus kontortus distal.
  10. Pelvis renalis atau rongga ginjal merupakan rongga yang berfungsi untuk menampung sementara urine sebelum dikeluarkan melalui ureter. Dari rongga tersebut, urine dikeluarkan dari susukan ureter menuju ke vesika urinaria (kandung kemih). Dari kandung kemih, urine di keluaran tubuh melalui susukan uretra.
  11. Vena yaitu pembuluh balik yang fungsinya membawa darah keluar dari ginjal menuju vena cava inferior kemudian kembali lagi ke jantung.
  12. Arteri yaitu pembuluh nadi yang berfungsi untuk mengalirkan darah menuju ke dalam ginjal untuk disaring di glomerulus.
  13. Ureter yaitu susukan muskuler yang berbentuk silinder yang akan membawa urin dari ginjal menuju kandung kemih.


bagian-bagian ginjal manusia


Itulah beberapa bagian-bagian ginjal yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahuinya akan menambah khasanah pengetahuan kita sekaligus menjaga kesehatannya biar kiprah pentingnya dalam tubuh kita sanggup maksimal.
Sumber http://penyebabgejala.blogspot.com

0 Response to "Bagian-Bagian Ginjal Yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel