iklan

Bagian Paru-Paru Yang Rumit

Secara garis besar, bagian paru-paru yang rumit dibagi menjadi 2 potongan yaitu paru-paru kanan dan kiri. Paru-paru kanan memeliki dua insisura yaitu insisura obligue dan insisura interlobularies sekunder. Insisura obligus terdapat dalam paru-paru kiri. Insisura ini membagi paru-paru kiri atas menjadi dua lobus yaitu: 1). Lobus superior yang merupakan bagian paru-paru yang terletak di atas dan sebagian di depan insisura dan 2). Lobus inferior yang merupakan potongan paru-paru terletak di belakang dan di bawah insisura.

Bagian paru-paru yang penting :

Selain pembagian potongan paru-paru secara garis besar, komponen yang terdapat di paru-paru kanan dan kiri begitu besar dan berfragmentasi. Bagian utama paru-paru ialah trachea, bronchi, bronchioles, dan alveoli.


  • Trakea atau batang tenggorokkan berbentuk pipa udara. Udara yang dihirup dari hidung dan verbal akan ditarik ke dalam trakea ke paru-paru.
  • Bronkus ialah batang yang menghubungkan paru-paru kanan dan kiri dengan trakea. Udara dari trakea akan dibawa batang ke paru-paru melalui ini.
  • Bronkiolus ialah cabang dari bronki berupa tabung kecil yang jumlahnya kira-kira 30.000 buah untuk satu paru-paru. Bronkiolus ini akan membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru.
  • Alveoli ialah ujung bronkiolus yang jumlahnya sekitar 600 juta oleh paru-paru insan dewasa. Pada aveoli oksigen akan di difusi menjadi karbon dioksida yang diambil dari darah.


Selain yang tersebut di atas, bagian paru-paru juga masih mempunyai potongan penting lainnya yaitu pleura, sistem pernafasan dan pembuluh getah bening.

1. Pleura
Pleura ialah selaput serosa yang membentuk kantong tempat paru-paru halus yang berjumlah dua buah di kiri dan kanan, serta saling berhubungan. Pleura mempunyai dua lapisan permukaan parietal dan permukaan visceral.

Lapisan permukaan disebut pleura parietalis secara eksklusif berafiliasi dengan paru-paru serta memasuki fisura paru-paru dan memisahkan lobu-lobus dari paru-paru

Lapisan dalam disebut pleura visceral. Lapisa ini dikaitkan dengan endotoraskia fasia dan merupakan permukaan dalam dinding dada. Menurut lokasi parietal pleura mempunyai empat bagian.

  1. Pleura interkostalis menghadap permukaan lengkun kosta. Bagian depan pleura interkostal mencapai sternum, sedangkan belakang melewati iga-iga di samping vertebrata. Bagian ini merupakan potongan dari tebal dan paling besar lengan berkuasa di dinding dada.
  2. Serviks pleura: potongan pleura yang melewati apartura torasis superior, mempunyai basis yang luas, mempunyai berbentuk mirip kubah, dan diperkokoh oleh membran suprapleura.
  3. Diafragma pleura: potongan pleura yang berada di atas diafragma.
  4. Diafragma mediastinalis: potongan pleura yang menutupi permukaan lateral mediastinum serta susunan yang terletak di dalamnya


2. Persarafan
Dalam potongan paru-paru terdapat serabut saraf kecil, terutama di tempat yang berkaitan dengan hilus bronkus dan pembuluh darah besar. Serat-serat saraf yang berafiliasi dengan percabangan bronkial membentuk pleksus pulmonalis yang tersusun dari cabang vagus (bronku konstruktor) dan cabang dari ganglia simpatis berjalan bersama dengan pembuluh pulmonalis dan sekelompok kecil sel saraf yang terdapat pada dinding pronkial. Organ yang terletak di bawah tulang rusuk memang mempunyai kiprah yang sulit, belum lagi polusi udara yang kita hirup serta banyak sekali hama yang berkeliaran di udara. Ini semua sanggup menjadikan banyak sekali penyakit paru-paru.

3. Pembuluh getah bening
Dalam paru-paru terdapat dua pasang pembuluh getah bening yang saling berhubungan. Bagian superfisial pembuluh getah bening yang terletak di pleura mengalami penurunan yang relatif besar di permukaan dan batas lobus paru-paru. Pembuluh getah bening tampak hitam alasannya ialah menghirup zat karbon terutama pada individu yang tinggal di tempat perkotaan.

Gambar bagian paru-paru


Setelah membaca artikel ini maka jelaskan bahwa potongan paru-paru insan sangatlah rumit namun begitu kita sanggup mempelajarinya. Dengan mengetahui bagian paru-paru diperlukan juga kita sanggup mengetahui duduk kasus kesehatan yang sering menyerang paru-paru.
Sumber http://penyebabgejala.blogspot.com

0 Response to "Bagian Paru-Paru Yang Rumit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel