iklan

Fungsiutama Karbohidrat Ialah Menyediakan Energi Bagi Tubuh


fungsi karbohidrat bagi tumbuhan
1.               Sumber Energi
Fungsi utama karbohidrat yakni menyediakan energi bagi tubuh. Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi penduduk di seluruh dunia, sebab banyakdi sanggup di alam dan harganya relatif murah. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4 kkalori. Sebagian karbohidrat di dalam badan berada dalam sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi segera; sebagian disimpan sebagai glikogen dalam hati dan jaringan otot, dan sebagian diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak. Seseorang yang memakan karbohidrat dalam jumlah berlebihan akan menjadi gemuk.
2.                        Pemberi Rasa Manis pada Makanan
Karbohidrat memberi rasa anggun pada makanan, khususnya mono dan disakarida. Gula tidak mempunyai rasa anggun yang sama. Fruktosa adalag gula yang paling manis. Bila tingkat kemanisan sakarosa diberi nilai 1, maka tingkat kemanisan fruktosa yakni 1,7; glukosa 0,7; maltosa 0,4; laktosa 0,2.
3.                        Penghemat Protein
Bila karbohidrat masakan tidak mencukupi, maka protein akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan energi, dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Sebaliknya, kalau karbohidrat masakan mencukupi, protein terutama akan dipakai sebagai zat pembangun.
4.                        Pengatur Metabolisme Lemak
Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna, sehingga menghasilkan bahan-bahan keton berupa asam asetoasetat, aseton, dan asam beta-hidroksi-butirat. Bahan-bahan ini dibuat mengakibatkan ketidakseimbangan natrium dan dehidrasi. pH cairan menurun. Keadaan ini mengakibatkan ketosis atau asidosis yang sanggup merugikan tubuh.
2.                        Membantu Pengeluaran Feses
Karbohidrat membantu pengeluaran feses dengan cara emngatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses. Selulosa dalam serat masakan mengatur peristaltik usus.
Serat masakan mencegah kegemukan, konstipasi, hemoroid, penyakit-penyakit divertikulosis, kanker usus besar, penyakiut diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kadar kolesterol darah tinggi.
Laktosa dalam susu membantu perembesan kalsium. Laktosa lebih usang tinggal dalam susukan cerna, sehingga mengakibatkan pertumbuhan basil yang menguntungkan.

iklan minyak goreng yang menyatakan mengandung omega 9. Jelaskan !
Jawab :
asam lemak tak jenuh Omega-9 sangat esensial bagi kehidupan.
Omega-9, banyak ditemukan dalam minyak zaitun (olive oil). Dari hasil penelitian yang dilaporkan akhr-akhir ini, khususnya hasil penelitian semenjak tahun 1992, dan lebih-lebih di tahun 1988, 1999 dan tahun 2000, menyimpulkan bahwa Omega-9 mempunyai daya pemberian badan yang bisa menurunkan LDL, meningkatkan HDL yang lebih besar dibandingkan Omega-3 dan Omega-6.
Indahnya yakni bahwa Omega-9 justru mempunyai potensi untuk memblokir produk senyawa eicosanoids yang berbahaya tersebut. Masyarakat yang hidup di daerah Mediteranian, jarang ditemukan kasus CVD. Hal ini mungkin sebab tingginya konsumsi Omega-9
Komposisi asam lemak Omega-9 di beberapa produk minyak yakni sebagai berikut:
                          minyak advocado                        50%
                             minyak makademia            45%
                             minyak zaitun                     28%
                             biji aprocot                         35%
                             biji almon                           33%
                             bimoli                                 41,6%
asam lemak Omega 9 sanggup mencegah PJK (teruji secara laboratoris dan epidemilogis), di mana penelitian yang dilakukan selalu memakai minyak dengan kadar asam lemak jenuh yang rendah (sekitar 5%). Ada hasil riset yang menyatakan bahwa Omega 6 dalam bentuk tunggal mempunyai sifat negatif sebab berkaitan dengan peningkatan produksi eicosanoids (stimulan pertumbuhan tumor pada hewan percobaan). Namun dengan adanya  Omega 9 dan Omega 3, dalam proporsi yang sesuai akan mempunyai potensi memblokir produk senyawa eicosanoids, sehingga lagi-lagi tugas Omega 9 sanggup mencegah stimulasi negatif Omega 6.
Omega 9 juga mempunyai kualitas pencegahan banyak sebagai komponen utama, asam oleat, membantu mengurangi resiko arteriosklerosis, penyakit jantung dan stroke. borage berisi minyak Omega 6 dan Omega 9 dalam bentuk asam Gamma-linolenic dan asam oleat dan pada kenyataannya, salah satu sumber terbaik GLA. Murni EPA itu berisi adonan dari semua 3 dari asam lemak penting EPA, GLA dan OA menjadikannya pilihan yang sangat baik dari omega 3 6 9 suplemen. Perbedaan antara between omega 3, omega 6, dan omega 9  terletak pada posisi ikatan rangkap pertama dari ujung metil Omega atau tamat dari rantai karbon,. Yang Seperti namanya menyiratkan Omega 3 asam lemak mempunyai ikatan ganda pertama mereka di posisi 3 dari tamat rantai, dan juga dengan dua lainnya. Omega 6 mempunyai ikatan ganda yang pertama di posisi 6 dari tamat dan Omega 9 mempunyai itu pada posisi 9 dari ujung rantai.

Peran protein dalam tumbuhan !
Protein beperan sebagai pembangun struktur, biokatalis, hormon, sumber energi, penyangga racun, pengatur pH, transpot ion, dan pembawa sifat turunan dari generasi ke generasi. Protein pada membran disamping membantu proses transport ion dari luar sel atau sebaliknya juga berperan untuk menjaga integritas membran .

 Apakah semua asam amino berperan sebagai penyusun protein.
Ya, Fungsi pokok asam-asam amino dalam badan yakni sebagai unsur pembangun bagi protein-protein. Namun, asam-asam amino juga merupakan prekursor bagi banyak materi fisiologis dan sumber energi.
Fungsi lain dari asam amino yakni :
1. Pembentukan hormon, enzim dan antibodi.
2. Pertumbuhan, perbaikan dan regenerasi sel.
3. Mempertahankan keseimbangan asam-basa tubuh
4. Sangat di perlukan untuk perkembangan anak.



Sumber http://indaharitonang-fakultaspertanianunpad.blogspot.com

0 Response to "Fungsiutama Karbohidrat Ialah Menyediakan Energi Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel