iklan

√ Interaksi Sosial : Pengertian, Macam, Tujuan, Syarat Misalnya Lengkap

√ Interaksi Sosial : Pengertian, Macam, Tujuan, Syarat & Contohnya Lengkap Dalam hidup kita harus berinteraksi di dalam masyarakat, karna tanpa ada nya interkasi kita tidak akan menghasilkan hubungan di dalam masyarakat tersebut. untuk lebih jelasnya lagi. disini akan menjelaskan perihal Interaksi Sosial : Pengertian, Macam, Tujuan, Syarat Dan Contohnya secara lengkap. Oleh lantaran itu marilah simak ulasan yang ada dibawah ini.


 


 


 Dalam hidup kita harus berinteraksi di dalam masyarakat √ Interaksi Sosial : Pengertian, Macam, Tujuan, Syarat  Contohnya Lengkap



Interaksi Sosial


Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku, interaksi sosial itu sendiri sanggup berlangsung dengan baik jikalau hukum – hukum dan nilai – nilai yang ada sanggup dilakukan dengan baik.


 


Pengertian Sosial Menurut Para Ahli :


1. Astrid . S. Susanto


Interaksi sosial ialah hubungan antar insan yang menghasilkan hubungan tetap dan pada kesudahannya memungkinkan pembentukan struktur sosial. Hasil interaksi sangat ditentukan oleh nilai dan arti serta interpretasi yang diberikan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam interaksi ini.


 


2. Bonner


Interaksi sosial ialah suatu hubungan antara dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya.


 


3. Kimball Young & Raymond W. Mack


Interaksi sosial ialah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antar individu, antara individu dengan kelompok, maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya.


 


4. Soerjono Soekanto


Interaksi sosial merupakan dasar proses sosial yang terjadi lantaran adanya hubungan-hubungan sosial yang dinamis meliputi hubungan antarindividu, antarkelompok, atau antara individu dan kelompok.


 


5. Gillin & Gillin


Interaksi sosial ialah suatu hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.


 


6. Maryati & Suryawati


Interaksi sosial ialah kontak aau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok.


menurut beberapa andal tersebut sanggup disimpulkan bahwa, interaksi ialah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan tugas secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi.


 


 


Macam – Macam Interaksi Sosial


Interaksi sosial mempunyai banyak sekali macam bentuk dan dikelompokkan menjadi bentuk, cara, dan subjek yaitu sebagai berikut :


1. Interaksi Sosial Individu dengan Individu


Interaksi Sosial Individu dengan Individu yiatu suatu interaksi saat dua individu bertemu secara eksklusif dan melaksanakan suatu interaksi satu sama lain meskipun itu dalam bentuk yang sederhana. Contohnya : misalkan, saling menyapa dan tersenyum saat bertemu dijalan.


 


2. Interaksi Kelompok dan Kelompok


Interaksi Kelompok dan Kelompok yaitu sebuah interaksi saat dua kelompok yang berbeda saling bertemu. Komunikasi yang terhubung bukan lagi berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya pribadi melainkan kepentingan kelompok. Contohnya : pertemuan antar Ormas dsb.


 


3. Interaksi Individu dan Kelompok


Sedangkan Interaksi Individu dan Kelompok yaitu sebuah interaksi yang dimana seseorang berkomunikasi dengan sekolompok orang atau lebih dari tiga orang. Contohnya : seseorang yang berorasi di podium.


 


 


Tujuan Interaksi Sosial



  • untuk menjalin hubungan persahabatan

  • menjalin hubungan dalam bidang-bidan tertentu dalam memenuhi kebutuhan hidup

  • melaksanakan kerjasama yang saling menguntungkan

  • membicarakan dan merundingkan suatu dilema dalam rangka untuk mencari solusi

  • meniru kebudayaan orang lain yang lebih maju


 


 


Syarat-Syarat Interkasi Sosial


1. Kontak Sosial


Kata kontak (Inggris: contact”) berasal dari bahasa Latin con atau cum yang artinya gotong royong dan tangere yang artinya menyentuh. Jadi, kontak berarti gotong royong menyentuh. Dalam pengertian sosiologi, kontak sosial tidak selalu terjadi melalui interaksi atau hubungan fisik, lantaran orang sanggup melaksanakan kontak sosial dengan pihak lain tanpa menyentuhnya, contohnya bicara melalui telepon, radio, atau surat elektronik. Oleh lantaran itu, hubungan fisik tidak menjadi syarat utama terjadinya kontak. Kontak sosial mempunyai sifat-sifat berikut.


Kontak sosial sanggup bersifat nyata atau negatif. Kontak sosial nyata mengarah pada suatu kerja sama, sedangkan kontak sosial negatif mengarah pada suatu kontradiksi atau konflik.

Kontak sosial sanggup bersifat primer atau sekunder. Kontak sosial primer terjadi apabila para akseptor interaksi bertemu muka secara langsung.


 


2. Komunikasi


Komunikasi merupakan syarat terjadinya interaksi sosial. Hal terpenting dalam komunikasi yaitu adanya kegiatan saling menafsirkan sikap (pembicaraan, gerakan-gerakan fisik, atau sikap) dan perasaan-perasaan yang disampaikan. Ada lima unsur pokok dalam komunikasi yaitu sebagai berikut.



  • Komunikator, yaitu orang yang memberikan pesan, perasaan, atau pikiran kepada pihak lain.

  • Komunikan, yaitu orang atau sekelompok orang yang dikirimi pesan, pikiran, atau perasaan.

  • Pesan, yaitu sesuatu yang disampaikan oleh komunikator. Pesan sanggup berupa informasi, instruksi, dan perasaan.

  • Media, yaitu alat untuk memberikan pesan. Media komunikasi sanggup berupa lisan, tulisan, gambar, dan film.

  • Efek, yaitu perubahan yang diperlukan terjadi pada komunikan, sesudah mendapat pesan dari komunikator.


 


Ada tiga tahap penting dalam proses komunikasi. Ketiga tahap tersebut ialah sebagai berikut:



  • Encoding, gagasan atau aktivitas yang akan dikomunikasikan diwujudkan dalam kalimat atau gambar. Dalam tahap ini, komunikator harus menentukan kata, istilah, kalimat, dan gambar yang gampang dipahami oleh komunikan. Komunikator harus menghindari penggunaan kode-kode yang membingungkan komunikan.

  • Penyampaian, istilah atau gagasan yang sudah diwujudkan dalam bentuk kalimat dan gambar disampaikan. Penyampaian sanggup berupa lisan, tulisan, dan adonan dari keduanya.

  • Decoding, Pada tahap ini dilakukan proses mencerna dan memahami kalimat serta gambar yang diterima berdasarkan pengalaman yang dimiliki.


 


 


Faktor-Faktor Terbentuknya Interkasi Sosial


1. Imitasi


Imitasi merupakan suatu tindakan sosial seseorang untuk memalsukan sikap, tindakan, atau tingkah laris dan penampilan fisik seseorang



2. Sugesti


Sugesti merupakan rangsangan, pengaruh, atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sehingga ia melaksanakan apa yang disugestikan tanpa berfikir rasional.



3. Simpati


Simpati merupakan suatu sikap seseorang yang merasa tertarik kepada orang lain lantaran penampilan,kebijaksanaan atau referensi pikirnya sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh orang yang menaruh simpati.



4. Identifikasi


Identifikasi merupakan impian sama atau identik bahkan serupa dengan orang lain yang ditiru (idolanya)



5. Empati


Empati merupakan proses ikut serta mencicipi sesuatu yang dialami oleh orang lain. Proses tenggang rasa biasanya ikut serta mencicipi penderitaan orang lain.


 


Didalam masayarakat kita harus salaing berinteraksi dilingkungkan masyarakat, semoga terjalin hubungan yang serasi didalam masayarakat. itulah ulasan perihal √ Interaksi Sosial : Pengertian, Macam, Tujuan, Syarat & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas di atas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


 


 


Baca Juga Artikel Yang Lainnya :


Baca Juga :  √ Integrasi Sosial : Pengertian, Bentuk, Faktor & Prosesnya Serta Syarat Keberhasilannya Lengkap

Baca Juga :  √ Kelompok Sosial : Pengertian, Jenis, Ciri, Syarat & Fungsinya Lengkap

Baca Juga :  √ Perubahan Sosial : Pengertian, Teori, Bentuk, Ciri, Dampak, Faktor & Contohnya lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Sosial : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Penyimpangan Sosial : Pengertian, Macam, Bentuk & Penyebabnya Lengkap

 


 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Interaksi Sosial : Pengertian, Macam, Tujuan, Syarat Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel