iklan

√ Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang) : Pengertian, Jenis, Klasifikasi, Ciri Misalnya Lengkap

√ Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang) : Pengertian, Jenis, Klasifikasi, Ciri & Contohnya Lengkap


 


 Avertabrata merupakan binatang yang tidak mempunyai tulang belakang √ Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang) : Pengertian, Jenis, Klasifikasi, Ciri  Contohnya Lengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Avertabrata merupakan binatang yang tidak mempunyai tulang belakang. Disini aku akan menjelaskan pengertian Avertebrata, jenis-jenis avertebrata, dan kelas avertebrata. untuk itu mari simak klarifikasi dibawah berikut.


 


 


Pengertian Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)


Avertebrata binatang yang tidak mempunyai tulang belakang. avertebrata diklasifikasikan menjadi 8. dan kebanyakan cara reproduksi nya dengan reproduksi secual


 




Jenis-Jenis Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)


1. Hewan Berpori (Porifera)


Porifera sering disebut binatang berpori-pori alasannya tubuhnya berpori. Kebanyakan binatang dari golongan ini hidup dilaut dangkal, tetapi ada pula yang hidup di ari tawar. Porifera mempunyai rangka badan yang ibarat duri (spikula) yang tersusun dari zat apur, kersik, atau zat tanduk yang disebut spongin.


Contoh anggota porfera : Xestospongia sp, Reniochalina sp, dan cribrochalina sp.


Menurut Bahan penyusun rangkanya, porifera dibagi menjadi 3 kelas, yaitu : 1. Hexactinelida, 2. Demospongia, dan 3. calcarea.


 


2. Hewan Berongga (Coelenterata)


Hewan berongga merupakan binatang yang mempunyai rongga. Rangka dari zat kapur/zat tanduk dan bersifat hermaprodit. Bersifat heterotof dengan memakan plankton dan binatang kecil di air. Habitat di air bahari maupun di air tawar. Berdasarkan bentuk mayoritas dalam siklus hidupnya,


Hewan berongga diklasifikasikan menjadi 3 kelas yaitu : Hydrozoa, scyphozoa, dan anthozoa.


 


3. Cacing Pipih (Platyheminthes)


Platyheminthes sering disebut cacing pipih (platy berarti pipih dan heminthes berarti cacing) alasannya bentuk tubuhnya pipih dorsoventral. Platyheminthes mencakup kelompok cacing yang tubuhnya pipih dan relatif sederhana dibandingkan dengan filum cacing yang lain.


Platyheminthes dibagi menjadi 3 kelas, yaitu : Turbelaria (Cacing berambut getar), trematoda (cacing isap), dan cestoda (cacing pita).


 


4. Cacing Gilig (Nemathelminthes)


Nemathelminthes berasal dari bahasa yunani nematos (benang) dan thelminthes (cacing) yang berarti cacing yang berbetnuk gilig mirip benang. nama lain Nemathelminthes yaitu nematoda.


Nemathelminthes dibagi menjdai dua kelas, yaitu : Nematoda, dan Nematophora.


 


5. Cacing Berbuku-Buku (Annelida)


Annelida berasal dari bahasa yunani, annulus yang berarti cincin, dan oidos berarti bentuk. Dari namanya Annelida sanggup disebut sebagai cacing yang bentuk tubuhnya bergelang-gelang atau disebut cacng gelang. Menurut banyak sedikitnya rambut (seta),


annelida dibagi menjadi tiga kelas yaitu : polyhaeta, olygochaeta, dan hirudinea.


 


6. Hewan Lunak (Mollusca)


Mollusca berasal dari bahasa latin molluscus yang artinya lunak. Mollusca merupakan kelompok binatang yang bertubuh lunak. Oleh alasannya struktur tubuhnya yang lunak inilah, Mollusca dikelompokan binatang lunak.


Mollusca terbagi menjadi lima kelas menurut tipe kaki, posisi kaki, dan tipe cangkang. Lima kelas tersebut adalah, Amphineura, gastropoda, schaphopoda, pelecypoda, dan cephalopoda.


 


7. Hewan Berkulit Duri (Echinodermata)


Echinodermata yaitu binatang yang tubuhnya diselimuti duri, ada lempengan zat kapur/zat kitin yang keras. Tubuh simetri radial dengan lima lengan. Pada tubuhnya terdapat sistem ambulakral untuk alat gerak, bernafas, dan menangkap mangsa.


Ada 5 kelas yaitu : asteroidea, echinoidea, landak laut, ophiuroidea, crinoidea, dan holothuroidea.


 


8. Hewan dengan kaki beruas-ruas (Arthropoda)


Arthropoda berasal dari kata arthros (sendi atau ruas) dan podos (kaki) yang berarti binatang dengan kaki yang bersendi atau beruas-ruas. Arthropoda mempunyai ukuran badan yang berbeda-beda dari yang berukuran kecil sampai berukuran besar. Arthropoda yaitu binatang berbuku-buku, tubuhnya dibedakan atas kepala, dada, dan perut. Tubuh terbungkus zat kitin yang keras, mempunyai alat indra yang peka terhadap sentuhan dan bau-bauan, mempunyai mata faset yaitu mata beragam terdiri atas beribu-ribu mata kecil berbentuk segi enam.


Arthropoda dikelompokan menjadi 4 kelas yaitu : Insecta (serangga), crustacea(udang-udangan), arachnoidea (Laba-laba), dan Myriapoda (lipan)


 




Ciri Ciri Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)



  • Rangka badan terletak di luar.

  • Susunan saraf terletak di bawah sistem pencernaan.

  • Multiseluler.

  • Sistem ekskresi masih sangat sederhanal.

  • Simetri badan bilateral dan radial.


 


Itulah klarifikasi perihal √ Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang) : Pengertian, Jenis, Klasifikasi, Ciri & Contohnya Lengkap. agar apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terima kasih.


 


 


Baca Juga Artikel Lainnya Disini :


Baca Juga :  Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat Vertabrata (Hewan Bertulang Belakang)

Baca Juga :  √ Sel Hewan : Pengertian, Struktur & Fungsinya Terlengkap

Baca Juga :  √ Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Serta Tabel + Gambarnya Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, dan Jenis-jenis Monera Secara Lengkap

Baca Juga :  √ Jaringan Manusia & Hewan : Pengertian, Macam, Fungsi & Gambarnya Terlengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang) : Pengertian, Jenis, Klasifikasi, Ciri Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel