iklan

√ Forum Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Dan Macam Beserta Fungsinya Lengkap

√ Lembaga Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Dan Macam Beserta Fungsinya Lengkap – Menurut UU No. 20 perihal Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan yakni “usaha sadar dan terpola untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar penerima didik secara aktif membuatkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, budpekerti mulia, serta keterampilan diharapkan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.


usaha sadar dan terpola untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar pe √ Lembaga Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Dan Macam Beserta Fungsinya Lengkap



Pengertian Lembaga Pendidikan


Lembaga pendidikan yakni forum atau daerah berlangsungnya proses pendidikan atau berguru mengajar yang dilakukan dengan tujuan untuk mengubah tingkah laris individu menuju ke arah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan sekitar.



 


Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli


Untuk lebih terpercaya dalam pengertian forum pendidikan, disini akan menawarkan pengertian forum pendidikan berdasarkan para andal yaitu sebagai berikut :


1. Prof. Dr. Umar Tirtarahardja dan Drs. La Sula


Menurut Prof. Dr. Umar Tirtarahardja & Drs. La Sula forum pendidikan yaitu daerah berlangsungnya pendidikan, khususnya di tiga lingkungan utama pendidikan yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat.


2. Enung K. Rukiyati dan Fenti Himawati


Menurut Enung K. Rukiyati & Fenti Himawati forum pendidikan yaitu suatu wadah atau daerah berlangsungnya sebuah proses pendidikan yang bersamaan dengan proses pembudayaan.


3. Drs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nur Uhbiyati


Menurut Drs. H. Abu Ahmadi & Dra. Nur Uhbiyati forum Pendidikan yaitu sebuah tubuh perjuangan yang bergerak dan bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan terhadap penerima didik.


4. Hasbullah


Menurut Hasbullah forum Pendidikan yaitu suatu daerah berlangsungnya proses pendidikan yang mencakup pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat.



 


Tujuan forum Pendidikan


Pada dasarnya pembentukan sebuah forum bertujuan untuk membentuk dan membuatkan sebuah potensi para murid sehingga menjadi individu yang mandiri, kreatif, berilmu, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.


Untuk mewujudkan suatu tujuan tersebut, maka forum ini mempunyai beberapa kiprah dan tanggungjawab yang harus dikerjakan, yakni sebagai berikut :



  • Untuk melakukan suatu kegiatan belajar-mengajar kepada penerima didik, baik di keluarga, sekolah, ataupun lingkungannya.

  • Untuk melakukan suatu kegiatan pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang sudah berlaku.

  • Untuk menawarkan suatu bimbingan konseling kepada para penerima murid.

  • Untuk membina sebuah kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua, serta masyarakat.



 


Macam-Macam Lembaga Pendidikan


1. Pendidkan Formal (Lembaga Pendidikan Sekolah)


Pendidikan formal ialah pendidikan yang dilakasanakan disekolah yang didapati secara sistematis, teratur, bertingkat, dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas. sekolah yang lahir dan berkembang secara efektif dan efisien dari dan oleh serta untuk masyarakat, yakni alat yang mempunyai kiprah untuk menawarkan pelayanan pengajaran dalam berguru kepada generasi muda dalam mendidik masyarakat. Jenis pendidikan formal terdiri atas pendidikan umum, kejuruan, vokasi, profesi, keagamaan, dan khusus.


2. Lembaga Nonformal (Lembaga pendidikan di Masyarakat


Pendidikan Nonformal diselenggarakan untuk kepentingan warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan, pendidikan nonformal berfungsi sebagai penambah forum pendidiakn, atau menjadi suplemen pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanajang hayat. Satuan pendidikannya terdiri atas forum kurusus, kelompok belajar, forum pelatihan, sentra kegiatan belajar, majelis taklim, serta satuan pendidikan yang sejenis. Hasil dari pendidikan nonformal ini sanggup dihargai stara dengan hasil aktivitas pendidikan formal., tapi sehabis melalui proses evaluasi penyetaraan oleh forum yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemda dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.


3. Pendidikan Informal (Lembaga Pendidikan Keluarga)


Lembaga pendidikan informal ialah kegiatan pendidikan keluarga. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama yang ditemui alasannya yakni dalam keluarga inilah seorang anak pertama kali mendapatkan didikan dan bimbingan didalam keluarga. Pendidikan keluarga juga dikatakan sebagai lingkungan yang utama alasannya yakni sebagai besar kehidupan anak berada dalam lingkungan keluarga.



 


Fungsi-Fungsi Lembaga Pendidikan


Fungsi pendidikan berdasarkan Horton dan Hunt yaitu Sebagai berikut


1. Fungsi Manifest Pendidikan



  • Mempersiapkan anggota masyarakat untuk menacari nafkah.

  • Mengembangkan talenta perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.

  • Melestarikan kebudayaan.

  • Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.


2. Fungsi Laten Pendidikan



  • Mengurangi Pendidikan Orang Tua, yaitu melalui pendidikan sekolah, orang bau tanah melimpahkan kiprah dan wewenang nya dalam mendidik anak kepada sekolah.

  • Menyediakan Sarana Untuk Pembangkangan, yaitu sekolah mempunyai potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat perihal suatu hal.

  • Mempertahankan Sistem Kelas Sosial, yaitu pendidikan sekolah diharapkan sanggup mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk mendapatkan perbedaan prestise, privilese, dan status yng ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi kanal mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.

  • Memperpanjang Masa Remaja, yaitu pendidikan seklah sanggup pula memperlambat masa sampaumur seseorang alasannya yakni siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.


Fungsi Pendidikan Menurut David Popenoe



  • Transmisi (pemindahan) kebudayaan

  • Memilih dan mengajarkan peranan sosial

  • Sekolah mengajarakan corak kepribadian

  • Sumber penemuan sosial


Itulah ulasan tentang  Lembaga Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Dan Macam Beserta Fungsinya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian. sekian dan terimaksasih.


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Lembaga Agama : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Macam & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Keuangan : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya Lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Politik : Pengertian, Ciri, Fungsi, Macam & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Sosial : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Ekonomi : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap

 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Forum Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Dan Macam Beserta Fungsinya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel