iklan

✔ Kliping Wacana Internet

Hari ini saya akan share 2 contoh KLIPING TENTANG INTERNET yang sanggup anda simak di bawah ini:

Akses internetApa itu internet? Selama ini kita sering mendengar istilah internet dari seluruh dunia.
Internet (interconnection networking) merupakan jaringan computer yang menghubungkan computer-komputer diseluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan computer di mana antara satu computer dengan computer lain saling sanggup nerhubungan satu dengang yang lain atau berkomunikasi.
Berselancar di internet sangatlah menyenagkan , manfaat yang dapatkan pun juga sangat bermacam-macam dengan syarat anda harus menguasai teknik berserta tip dan trik dalam menjelajahi internet.
Jika anda ingin berselancar dalam internet maka anda harus terhubung terlebih dahulu dengan internet yaitu computer telah mempunyai modem yang akan dipakai untuk sanggup terhubung dengan internet dan kita telah mendaftarkan diri dalam Internet Servis Provider (ISP) atau kita berlangganan denagn warnet yang terdekat dengan rumah kita.

Mendemonstrasikan jalan masuk internet sesuai dengan prosedur

A.    Internet Eksplorer
Internet explorer ialah browser yang paling banyak di gunakan oleh pengguna internet yang menggunakan windows sebagai sitem operasinya. Browser internet Eksplorer juga sanggup berfungsi sebagai FTP dan e-mail.
  • Menjalankan Internet Eksplorer
Untuk menjalankan internet Ekplorer , langkah-langkah adalh sebagai berikut:
1.      Klik start, all program, Iternet Eksplorer
2.      Kemudian browser Internet Eksplorer akan tampil
B.    Mengenal tampilan internet Eksplorer
  • Title bar
Terletak di sebelah kiri atas pada jendela internet Eksplorer yang merupakan judul dari halaman web yang sedang aktif
  • Menu bar
Menu kafetaria merupakan kawasan menu-menu yang terdapat dalam jendela dalam jendela internet Eksplorer atau browser lainya.
Adapun hidangan yang terdapat dalam hidangan kafetaria antara lian:
File, edit, view, faforites, tools, dan help
  • Address Bar
Address kafetaria di gunakan untuk mengetikan alamat website yang akan di kunjungi. Address kafetaria di lengkapi sebuah tombol Go yang fungsinya di gunakan untuk membuka website yang alamatnya telah di ketikan pada address bar.
  • Toolbars
Jendela internet Eksplorer juga di lengkapi dengan toolbar yang memuat tombol-tombol perintah tersebut merupakan shortcut perintah yang terdapat di menu. Masing-masing tombol menjalankan sebuah perintah.
Berikut ialah toolbar terdiri ata ikon-ikon standar  yang sering di gunakan dalam jalan masuk internet:
notombolketerangan
  1.           i.
BackDi gunakan untuk kembali ke halaman webite yang dibuka
  1.         ii.
forwardDi gunakan untuk kembali ke halaman berikutnya yang pernah di buka
  1.       iii.
StopDi gunakan untuk menhentikan proe pemanggilan (loading) sebuah halaman web
  1.      iv.
RefreshDi gunakan untuk mengulangi proses pemangilan sebuah halaman web
       v.HomeDigunakan untuk kembali ke halaman pertama dari sebuah website
     vi.Searchdi gunakan untuk menampilkan jendela pencarian
   vii.FafotitesDi gunakan untuk menampilkan alamat website faforite
 
  • Isi halaman
Isi halaman di gunakan untuk kawasan menampilkan halaman web dati suatu website yang sedang di akses
  • Scorling Bar
Scorling kafetaria dipakai untuk menggeser atau melihat tampilan halaman yang ada di atas di bawah yang tidak tampak pada layar monitor.
  • Status bar
Status kafetaria di gunakan untuk menampilkan proses pembukaan halaman web apakah sudah terbuka seluruhnya atau belum. Jika sudah terbuka seluruhnya , maka akan tampilkan kata done. Status kafetaria juga berfungsi untuk menampilkan alamat dari hyperlinks.
  • Task pane
Task pane ialah jendela kecil yang muncul di belahan kiri jendela browser apabila kita mengeklik tombol search.
  1. Istilah-istilah Akes Internet
  • Program Dial-Up
Program Dial-Up adlah acara yang terdapat di computer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur kekerabatan antara computer dengan pemberi jasa Layanan Internet(ISP).
  • Offline
Offline merupakan kondisi dimana koneksi computer kita ke internet dalam keadaan terputus.
 
  • log In
log in ialah proses pemasukan user id dan password . pola proses login ialah pada dikala kita memasukan user id dan password pada dikala ingin membuka kontak surat e-mail kita. Berapa halaman web di internet hanya sanggup di jalan masuk orang yang memilki otoritas.
 
  • Log Out
Log out ialah kebalikan dari log in, yaitu proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya sanggup di jalan masuk oleh oleh orang yang memilki otoritas.
  • Protocol
Protocol ialah aturan-aturan yang ada untuk melaksanakan tuga tertentu.
  • Download
Proses pengambilan file dari sebuah computer server di internet ke computer yang kita gunakan ( computer client )
  • Upload
Upload ialah proses penempatan file dari computer kita ke sebuah computer server di internet.
  • Freeware
Freeware ialah acara yang di tempatkan di internet dan di bagikan secara gratis.
  • Shareware
Shareware ialah progam komputer din internet sanggup kita ambilatau d0wnl0ad dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu.
  • GIF ( Grafhical Interchange Format)
Suatu format file gambar yang mempunyai ukuran file yang kecil sehingga banyak dipakai sebagai format gambar yang di tempatkan di internet.
  • JPEG (joint Photographic Experts Group)
JPEG merupakan format file gambar yang ada di internet dengan ukuran yang kecil dan warna yang lebih banyak .
  • SPAM
Spam ialah pengiriman pesan yang tidak di inginkan menyerupai yang tidak penting, e-mail berantai , iklan dan sebagainya.

LAYANAN DAN FASILITAS-FASILITAS YANG TERSEDIA DI INTERNET
  • E-mail Sebagai Sarana Komunikasi
Kemajuan internet banyak mempengaruhi kehidupankita,termasuk dalam hal komunikasi melelui surat. Surat-menyurat dengan cara konvensional sudah banyak di tinggalkan. Hal ini di sebabkan internet memungkinkan kita mengirim surat dalam bentuk elektronik yang jauh lebih menguntungkan dari pada surat-menyurat biasa.Surat elektronik sanggup di kirimkan dengen biaa yang lebih murah dan hingga dalam waktu yang lebih cepat
Pada subbab ini,kita akan membahas perihal surat elektronik, cara memanfaatkannya sebagai arana komunikasi,mengelola surat elektronik,dan juga etika-etika yang perlu di perhatikan dikala menggunakannya sebagai sarana komunikasi.
 
  1. 1.      Pengertian E-mail
Surat elektronik atau lebih di kenal istilah elektronik mail dan sering di singkat dengan e-mail ialah surat yang berbentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak di gunakan.Hal ini di sebabkan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan e-mail, kita sanggup mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah.E-mail yang di kirim akan hingga di alamat yang di tuju sesaat sesudah e-mail terebut di kirimkan.Biaya yang di keluarkanpun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada dikala kita mengirimkan email tersebut.
Konsep e-mail sama dengan pengiriman surat melalui pos masing-masing orang mempunyai kotak pos sendiri dengan alamat tersendiri. Kita tinggal mengirimkan surat ke kotak pos tertentu dengan alamat tertentu pula. Kemudian si pengirim akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang kita kirim. Demikian juga dengan e-mail masing-masing orang mempunyei alamat e-mail sendiri-sendiri.Jika kita ingin mengirimkan email, kita tinggal mengirimkan ke alamat email orang tersebut e-mail kita akan di temukan ketika orang tersebut masuk ke kotak emailnya.
a.POP MAILPOP mail ialah e-mail yang di terima melalui internet Service Provider yang menjadi langganan kita
Kelebihan POP mail ialah sanggup di baca dalam kondisi office (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail sanggup di lakukan dengan cara menghubungkan dengan internet kemudian mend0wnl0ad e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan kekerabatan dengan internet . sesudah itu , kita sanggup membaca satu persatu e-mail yang di terima . sesudah membaca dan menciptakan akhir e-mail yang sudah dibuat . dengan cara menyerupai ini , kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet , sehingga biaya jalan masuk internet jauh lebih murah.
b. EMAIL BERBASIS WEBEmail berbasis web ini ialah layanan e-mail yang di tawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, menyerupai yahoo, hotmail, lovemail, plasa.com, dan lain-lain. Layanan email jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan . ini merupakan kelebihan dari e-mail berbasis web. Selain itu kita sanggup mengecek email dari mana saja.
Kekurangan dari email jeni ini ialah kita sanggup membaca e-mail hanya dalam kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi internet yang lebih besar. Walaupun demikian wesite penyedia jasa layanan e-mail juga di sertai dengan kemudahan POP3.
c. EMAIL FORWARDINGe-mail forwading ialah layanan e-mail yang menerukan e-mail yang telah di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka berganti ganti alamat e-mail .
kelibihan e-mail forwading ialah kita sanggup menyembunyikan alamat e-mail yang sebetulnya . selain itu , bila kita mengganti alamat e-mail , kita tidak perlu member tahu alamat e-mail yang gres . kita cukup memperlihatkan alamat e-mail forwardingnya.
Kekurangan e-mail jenis ini ialah lantaran hanya bersifat perrantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke dalam .

Manfaat Internet Bagi Pelajar, Pendidikan dan Masyarakat1)      Manfaat internet bagi pelajar dan dunia pendidikan
  1. Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan
  1. Sebagai sumber suplemen Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah
  1. Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer
  1. Sebagai Sarana Komunikasi


2)      Manfaat internet bagi masyarakat
  1.  Internet sebagai sumber isu perihal hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat.
  1. Keberadaan internet sanggup mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan.
  1. Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar.
  1. Balakangan ini sering sekali perihal bisnis online. Kita pun sanggup menjalankan sebuah bisnis melalui media internet.
  1. Media internet ialah salah satu media yang sangat manis untuk promosi.
  1. Di sinilah letak manfaat jejaring sosial yang ada di internet. kita sanggup menggunakan jejaring sosial apapun untuk berpromosi, atau bahkan menciptakan situs langsung yang memuat perjuangan kita.

Ini ialah artikel yang kami kumpulkan dari banyak sekali sumber
Yaitu
LKS PENTIUM KELAS IX Sekolah Menengah Pertama SEMESTER GENAP
LKS CANGGIH  KELAS IX Sekolah Menengah Pertama SEMESTER GENAP
KORAN TEGAL 2009     J
Dan berikut ini contoh KLIPING TENTANG INTERNET yang kedua

INTERNET
Apakah itu internet ?
Internet ialah akronim dari Interconnected Networking, yaitu system jaringan kerja yang menghubungkan komputer-komputer dari seluruh dunia, sehingga terbentuk ruang maya. Secara sederhana internet sanggup didefinisikan sebagai jaringan (network of network).

Sejarah internet Internet pada awalnya merupakan jaringan computer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969  melalui proyek ARPA (Advances Research Project Agency) yang memutuskan untuk mengadakan riset perihal cara menghubungkan komputer-komputer sehingga membentuk jaringan organic. Program riset ini sering disebut ARPANet. Mereka menghubungkan beberapa komputer berbasi UNIX melalui system telepon dalam jarak yang jauh sehingga komputer-komputer tersebut sanggup saling berkomunikasi.
Dalam proyek ini dirancang bagaimana bentuk jaringan, kehandalan dan beberapa besar data atau isu yang sanggup dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain.
Jaringan pertama yang dibangun menghubungkan 4 tempat, yaitu UCLA(University of California Los Angles), UCSB(Univetsity of California Santa Barbara), University of Utah, dan SRI (Stanford Research Institute). Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghbungkan lebih dari 20 komputer. ARPANet menjadi backbone internetworking untuk institusi pendidikan, penelitian, industry, dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan militer.
Apa saja yang sanggup dilakukan internet?Melalui internet kita sanggup memperoleh data atau isu dengan cepat dan murah. Kita sanggup berkomunikasi dengan orang diseluruh dunia dengan biaya yang relarif murah. Adapun kegiatan yang biasa dilakukan dengan internet antara lain browsing/surfing, searching, e-mail, chatting, d0wnl0ad, upload dll.
  1. Browsing / Surfing, ialah menjelajah internet dengan tujuan untuk mendapat isu atau data. Informasi yang ada di internet pun bermacam-macam jenisnya sanggup berupa gambar, suara, video, artikel dan sebagainya, aktifitas ini menggunakan software menyerupai Mozila Ferox, Internet Explorer, google chrome dll.
  1. Searching, ialah kegiatan mencari atau memperoleh isu atau memperoleh isu yang kita inginkan dengan sumbangan mesin pencari (search engine).
  1. E-mail, ialah akronim dari Electronic mail, yang didalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Seperti namanya, fungsinya juga sama dengan surat, yaitu untuk mengirimkan data atau informasi. Hanya saja e-mail tidak berbentuk kertas.
  1. Chatting, sanggup diartikan mengobrol atau bercakap-cakap, yaitu salah satu cara berkomunikasi antar pengguna internet melalui sebuah kawasan pertemuan virtual (maya).
  1. Download, ialah proses pengambil file dari internet untuk disimpan dikomputer kita.
  1. Upload, ialah proses mengirim file dari komputer kita ke internet.



Manfaat dan Peranan InternetJika kita mengakses ke internet, maka kita dapat  memperoleh banyak isu diantara nya sebagai berikut :
☻    Informasi untuk kehidupan langsung sebagai hobby, rekreasi, pengembangan pribadi, rohani, sosialisasi dan lain sebagainya.
☻    Informasi untuk dunia pendidikan dan pekerjaan menyerupai Sains, teknologi perdagangan, saham, komonditas, bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis dan lain sebagainya.
Internet mempunyai dampak yang besar terhadap perkembangan teknologi isu dan komunikasi. Misalnya, dengan hanya menggunakan mesin pencari menyerupai google, pengguna internet sanggup mengakses bermacam-macam isu dengan lebih gampang kalau dibandingkan mencari buku di perpustakaan.
i.            e-Learning, ialah suatu jenis pendidikan atau suatu proses mencar ilmu mengajar yang menggunakan perangkat elektrinik untuk penyampaian materi materi ke siswa melalui media internet.
ii.            e-Government, pada bidang pemerintahan internet juga berperan aktif dalam transparasi pelaksanaan pemerintahan melalui government.
iii.            e-commerece, perkembangan internet juga besar lengan berkuasa terhadap perkembangan ekonomi, sebelum ada internet, transaksi jual beli hanya sanggup dilakukam dengan tatap muka dan sebagian kecil melalui telepon. Namun, sengan adanya internet proses jual beli sanggup melalui internet, terbukti kini banyak orang berlomba-lomba untuk menjual melalui internet yang biasa disebut Online Shop.
iv.            e-Baking, ialah acara perbankan yang dilakukan melalui internet. Transaksi yang sanggup dilakukan melalui e-baking ialah pengecekan saldo, tramsfer uang, pembayaran tagihan, isu rekening, dan sebagainya.


Source : Henry Pandia, “ Teknologi Informasi dan Komunikasi”, penerbit Erlangga, Jakarta, 2007.
 Demikianlah contoh KLIPING TENTANG INTERNET ,silakan tinggalkan komentar untuk meminta contoh KLIPING dengan judul/materi yang lain
Sumber http://caramempercepatkomputer.blogspot.com

0 Response to "✔ Kliping Wacana Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel