iklan

✔ Macam-Macam Komponen Komputer & Penjelasanya

Waktu pertama liat komputer aku bertanya didalam hati apa saja sih komponen komputer?waktu itu aku belum tau internet dan aku rela mentraktik temen smp aku yang ahli komputer untuk menjelaskan semua macam-macam komputer dan fungsinya.

Tapi hari ini aku share komponen-komponen komputer dan penjelasanya buat temen-temen yang pingin berguru komputer dari dasar.

secara umum komputer terdiri dari beberapa komponen diantaranya:

-Cashingya
tentu tau dong apa itu cashing ??Yaitu daerah meletakkan perangkat atau komponen komputer lainya dalam satu daerah secara tesusun dan rapi yang terdiri dari motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Berdasarkan ukuran cashing di bedakan jadi dua yaitu ATX dan Micro ATX yang berbeda pad motherboardnya1



-Power Supply

yaitu komponen yang mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainya mirip motherboard, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya.








-Motherboard / Mainboard
Motherboard yaitu komponen komputer daerah kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya mirip processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut supaya dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard mempunyai spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi mirip processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.
-Processor
Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor yaitu otak insan tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) yaitu sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi aba-aba atau melaksanakan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA, atau lain sebagainya. 

-RAM
RAM yaitu abreviasi dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu jadwal yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut dapat diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain sebagainya. 

 -Video card

Video card ini yaitu komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya. 





- Hard disk

Hard disk yaitu komponen komputer daerah kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang dapat kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.





-Optical Disc Drive

 Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita dapat nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita mirip terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan kalau suatu dikala ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini dapat berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya. selain fungsi di atas klo windows kita rusakakan sangant membingungkan untung saja ada cara intal ulang windows lewat flashdisk

-Monitor (baca juga cara gampang merawat monitor LCD)

Monitor yaitu komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran dikala ini yaitu monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun dikala ini kebanyakan orang-orang lebih menentukan memakai monitor LCD (terutama di kantor-kantor) sebab monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga mempunyai kelebihan lainnya yaitu irit space dan irit listrik. 




-Keyboard (baca juga Solusi Mouse dan Keyboard Rusak)

Keyboard yaitu sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer dikala ini mempunyai model bermacam-macam, mirip keyboard mini, keyboard fleksibel yang dapat dilipat, keyboard wireless yang memakai bluetooth, dan lain sebagainya. (baca juga Tips Keyboard)




-Mouse (baca juga Trik Tersembunyi Mouse)

Mouse yaitu komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu mirip tombol-tombol di sebuah jadwal aplikasi. Mouse juga majemuk modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang memakai bluetooth, dan lain sebagainya.

Oc tadi beberapa komponen komputer yang dapat aku jelaskan sedikit dan semoga bermanfaat ne buat yang gres berguru kompute kayak aku .


Sumber http://caramempercepatkomputer.blogspot.com

0 Response to "✔ Macam-Macam Komponen Komputer & Penjelasanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel