iklan

Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Manfaat Lumut (Bryophyta)

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat Lumut (Bryophyta) -Lumut sering kita lihat disekeliling lingkungan kita, mirip di bebatuan, tembok, pohon, dan lain-lain.  Disini akan mengulas pengertian Lumut, Jenis-Jenis Lumut, dan Manfaat Lumut (Bryophyta). mari simak ulasan dibawah berikut.


Lumut sering kita lihat disekeliling lingkungan kita Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat Lumut (Bryophyta)


Pengertian Lumut (Bryophyta)


Lumut merupakan golongan tumbuhan peralihan antara tumbuhan bertalus dengan tumbuhan berkormus. Tumbuhan talus tidak mempunyai akar, batang, dan daun sejati sedangkan tumbuhan berkormus mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Lumut (Bryophyta) belum mempunyai akar, batang, dan daun jelas. Akan tetapi, Bryophyta telah mempunyai klorofil untuk proses fotosintesies nya sehingga digolongkan kedalam Regnum Plantae. Tumbuhan lumut dalam proses reproduksinya mengalami pergiliran yang teratur antara fase vegetatif dan fase generatif. Reproduksi vegetatif dengan pembentukan gemma, penyebaran spora, dan fragmentasi. Reproduksi generatif dengan peleburan dua gamet. 

Lumut Mengalami metagenesis yaitu pergiliran keturunan antara fase vegetatif (fase sporofit) dan fase generatif (gametofit). Fase gametofit heidupnya lebih usang dari fase sporofit. Sporofit hidupnya menumpang pada gametofit.


Jenis-jenis Lumut (Bryophyta)


1. Hepaticeae (Lumut Hati)

Tumbuh secara horisontal, belum mempunyai daun, sanggup dibedakan menjadi lumut hati jantan dan betina. Alat Reproduksi nya ialah gemma, secara secual dengan gametofit. Contoh Marchantia


2. Musci (Lumut Daun)

Tubuh lumut daun lebih ibarat batang dan daun, hidup ditempat basah, berkelompok. Lumut daun merupakan jenis lumut yang banyak dijumpai sehingga paling banyak dikenal. Contoh Sphagnum fimriatun, Mnium.


Manfaat Tumbuhan Lumut Bagi Manusia



  • Pada ekosistem alami, lumut bersama lumut kerak (Lichenes) menjadi tumbuhan perintis yang tumbuh pertama ditempat- daerah gersang, mirip ada kerikil atau celah batu. Di daerah ini lumut-lumut membuka lahan gres untuk daerah hidup tumbuhan lain, mirip tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji lainnya.

  • Bantalan lumut dihutan-hutan berfungsi menyerap air hujan atau salju yang meleleh sehingga mencegah banjir dan kekeringan di demam isu panas.

  • Lumut Gambut (Sphagnum) yang tumbuh pada habitat semi akuatik, mirip bersahabat kolam alami, danau, payau, pegunungan basah, sanggup dikeringkan untuk materi bakar dan pupuk.

  • Beberapa lumut mirip Marhantia polymorpha, dipakai sebagai obat tradisonal penyakit peradangan ringan dihati.

  • Lumut jenis Sphagnum sesudah dibersihkan  dan disterilkan dipakai sebagai pengganti kapas (banyak dipakai pada perang dunia 1)

  • Sphagnum juga menghasilkan parafin, asam asetat, tar, amoniak, sebagai hasil samping yang dipakai dalam industri.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Manfaat Lumut (Bryophyta)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel