iklan

Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Manfaat Tumbuhan Berpembuluh (Tracheophyta)

Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaat Tumbuhan Berpembuluh (Tracheophyta) – Kata Tracheophyta sering disebut tumbuhan berpembuluh. Tumbuhan berpembuluh ini dikelompokan kingdom plantae atau tumbuh-tumbuhan. Disini akan mengulas pengertian Tumbuhan berpembuluh, jenis-jenis tumbuhan berpembuluh, dan manfaat tumbuhan berpembuluh. Mari simak klarifikasi dibawah berikut.


 Kata Tracheophyta sering disebut tumbuhan berpembuluh Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaat Tumbuhan Berpembuluh (Tracheophyta)



Pengertian Tumbuhan Berpembuluh (Tracheophyta)


Tumbuhan Berpembuluh (Tracheophyta) merupakan tumbuhan yang mempunyai pembuluh angkut mempunyai bagian-bagian badan yang terdiri dariakar, batang, dan daun sejati. akar mempunyai fungsi sebagi alat untuk menyerap air dan zat-zat mineral. Batang berfungsi sebagai alat transportasi dan pernafasan. Daun berfungsi sebagai organ untuk fotosintesis.



Jenis-Jenis Tumbuhan Berpembuluh (Tracheophyta)


1. Tumbuhan Paku


Tumbuhan Paku merupakan kelompok tumbuhan yang sudah mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Reproduksi asecualnya dengan menghasilkan spora. Disamping itu, tumbuhan paku juga disebut tumbuhan berpembuluh (Trakeophyta) alasannya ialah mempunyai pembuluh angkut.



Klasifikasi Tumbuhan Paku (Pterydophyta)


Pterydophyta dibagi menjadi 4 divisio, yaitu sebagi berikut :

1. Psilophyts (paku purba)

Contoh : psilophyta antara lain psilotum sp. (paku purba berdaun kecil) dan Rhynia sp. (paku purba tak berdaun).



2. Lycopodiophyta (paku kawat)

Contoh : Lycopsida sp, dan selaginella sp



3. Equisetophyta paku ekor kuda)

Contoh : Equisetum debile



4. Pterophyta (Paku sejati)

Contoh : Marsilea crenata (semanggi), Platycerum bifurcatum (Paku tanduk rusa), Asplenium nidus (paku sarang burung), Adiantum cuneatum (suplir), dan azzola pinnata (paku sawah)




Manfaat Tumbuhan Paku 




  • Sebagai tumbuhan hias asplenium nidus (paku sarang burung)

  • sebagai materi penghasil obat-obatan. pola Asipidium filixmas

  • Sebagai sayur-sayuran. Contoh Marsilea crenata (semanggi)

  • Sebagai pupuk hijau. pola azolla pinnata bersimibosis dengan anabaena azollae

  • Sebagai pelindung tumbuhan di persemian. Contoh Gleichenia linearis




 


2. Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)



Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) merupakan suatu jenis tumbuhan berpembuluh (Trakheophyta) alasannya ialah mempunyai biji salah satu ciri khas tumbuhan berbiji (Spermatophyta). dan bunga nya sebagi alat reproduksi dan menghasilkan biji. Bagian bunga yang menghasilkan gamet jantan disebut benangsari dan yang menghasilkan gamet betina disebut putik. Perkembangbiakan secara secual dengan biji. Didalam biji terdapat embrio/lembaga(calon tumbuhan baru).


Klasifikasi Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)


1. Gymnospermae (Tumbuhan biji terbuka)

Gymnospermae tidak mempunyai bunga yang sesungguhnya. Biji tidak terbungkus daun buah. Biji sebagai alat perkembangbiakan berbentuk kerucut yang disebut strobilus. Terdapat strobilus jantan dan strobilus betina. Gymnospermae terbagai menjadi 4 kelas yaitu :

    Cyadinae, Contoh : Cycas rumphii (pakis haji)
    Coniferae, pola : Agathis alba (damar)
    Gnetinae, pola : Ginkgo biloba

2. Angiospermae (Tumbuhan biji Tertutup)

Angiospermae mempunyai bunga sejati sebagi alat reproduksi. bakal biji diselubungi daun buah. Bunga-bunga pada angiospermae ada yang lengkap maupun tidak lengkap. Bunga lengkap jikalau mempunyai kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari. Biji terbungkus bakal buah. Setelah terjadi pembuahan, biji berkembang sehingga mengandung kandung forum (embrio) dan endosperma (cadangan makanan). Angiospermae terbagai menjadi dua kelas, yaitu :



  • Kelas Dicotyledoneae Tanaman berupa semak, perdu, herba, ataupun pohon. Berkeping dua (Memiliki dua daun lembaga), akar tunggang, batang kerucut panjang, bercabang, dan berkambium. Daun tunggal atau majemuk, jarang berpelepah, tulang daun menyirip, atau menjari, dan bunga bersifat kelipatan dua, empat, atau lima. Dapat mengalami pertumbuhan sekunder (pertumbuhan melebar). pola Mangifera indica (mangga), Manihot utillisima (Ketela pohon), dan Psidium guaj4va (jambu biji).

  • Kelas Monocotyledoneae, berbiji tunggal (hanya mempunyai satu daun lembaga), berakar serabut, batang sama besar dan tidak bercabang. Daun tunggal berpelepah, bertulang sejajar, bunga berkelipatan tiga (trimer), akar dan batang tidak berkambium, xilem dan floem tersebar. Conoth Oryza sativa ( padi), Zea mays (jagung), dan Cocos nucifera (kelapa).


 


Manfaat Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)




  • Sebagai kuliner pokok, Contoh : gandum, jagung, padi, dan sagu.

  • Untuk sayuran, sebagi sumber serat dan sumber portein. pola : Kacang, tomat, kol, wortel, kentang.

  • Sebagai materi sandang. Contoh : kapas dan rami.

  • Sebagai materi bangunan dan perabotan. Contoh : jati, meranti, dan sana keling.

  • Sebagai materi obat-obatan. Contoh : kumis kucing, mengkudu, daun dewa, dan adas.

  • Sebagai peneduh, penyimpan air, penyerap karbon dioksida dan sumber oksigen. Contoh : angsana, jati, mahoni, dan pinus.

  • Untuk Dekorasi, upacara adat, keagamaan, serta kosmetik. Contoh : Berbagai bunga.






Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Manfaat Tumbuhan Berpembuluh (Tracheophyta)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel