iklan

Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Manfaat Vertabrata (Hewan Bertulang Belakang)

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat Vertabrata (Hewan Bertulang Belakang) – Vertrabrata ?? niscaya semua orang yang awam tidak tahu apa itu vertrabrata. tapi padahal kita sering melihat vertrabrata disekeliling kita. pola nya kambing. Untuk itu disini akan mengulas wacana pengertian vertabrata dan jenis-jenis vertrabrata, mari simak ulasan dibawah berikut.


 niscaya semua orang yang awam tidak tahu apa itu vertrabrata Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat Vertabrata (Hewan Bertulang Belakang)




Pengertian Vertabrata (Hewan Bertulang Belakang)


Vertabrata atau disebut Hewan bertulang belakang merupakan binatang yang mempunyai tulang belakang. Kelompok ini mempunyai tulang belakang, rangka dalam, rongga tubuh, sistem pernapasan, pencernaan, peredaran darah, ekskreasi, saraf, alat reproduksi terdiri dari alat kelamin jantan dan betina.



Jenis-jenis Vertabrata(Hewan Bertulang Belakang)


1. Pisces( Ikan)

Ikan termasuk binatang berdarah cuek (poikilotermik). Suhu tubuhnya berubah-ubah bergantung pada suhu lingkungan. Tubuh ikan dilengkapi dengan sirip yang mempunyai kegunaan untuk membantu berenang dan menjaga keseimbangan tubuh. Tubuh ikan umumnya berbentuk stramline (langsing) sehingga ikan sanggup bergerak dengan cepat diair. Ikan berkembang biak dengan bertelur. Contoh anggota pisces: ikan hiu, ikan pari, dan ikan badut.



2. Amphibia

Amfibi termasuk binatang berdarah cuek yang bisa hidup didua tempat. yaitu diair dan dilaut. Amfibi pada umumnya berkembang biak dengan bertelur. pola amfibi yaitu katak. Katak bertelur diair. ditempat ini pula, telur menetas menjadi berudu. Berudu bernafas mnggunakan insang. namun sehabis berubah menjadi katak cukup umur bernafas memakai paru-paru. Kulit katak mempunyai kelenjar-kelenjar yang bisa menghasilkan lendir untuk membasahi permukaan kulit.



3. Reptilia

Reptil ialah kelompok binatang melata dan berdarah dingin. Tubuhnya terdiri dari kepala, badan, dan ekor. Tubuh diselimuti oleh kulit yang bersisik dari zat tanduk reftil berkembang biak dengan bertelur (ovivar), tetapi ada juga yang beranak (ovovivivar). pola anggota reftil : komodo dan kadal.



4. Aves (Burung)

Aves (burung) mempunyai organ tubuh yang terdiri dari atas kepala, leher, badan, dan ekor. Tubuhnya diselubungi bulu. Burung mempunyai kelenjar minyak yang berfungsi untuk melumasi bulu sehingga burung tidak gampang berair jikalau berada diair. Burung termasuk binatang berdarah panas (homoiotermik) yaitu suhu tubuhnya tidak bergantung pada suhu lingkungan. Burung mempunyai paruh dan sayap. Namun tidak semua burung sanggup tebang. Contohnya : ayam, maleo, dan cendrawasih.



5. Mamalia

Mamalia merupakan binatang menyusui. Mamalia termasuk binatang berdarah panas. Tubuhnya diselimuti oleh kulit dengan rambut yang tipis dan pendek, serta dilengkapi kelenjar keringat. Ciri utama mamalia ialah mempunyai kelenjar susu (glandula mammae) yang mempunyai kegunaan untuk menyusui anaknya yang gres lahir. Contoh anggota mamalia : Monyet, duyung, landak, dan lain sebagainya. 



Manfaat Vertabrata (Hewan Betulang Belakang)



  • Kelas Pisces, sebagi sumber masakan yang berprotein tinggi, sebagai materi pembuat sepatu dan tas, sebagai binatang peliharaan yang menarik dalam aquarium.

  • Kelas Amfibi, sebagai materi makanan, diambil racunya untuk memperkuat denyut jantung, untuk uji kehamilan, untuk mengendalikan populasi nyamuk.

  • Kelas reftilia, diambil kulitnya untuk dijadikan sepatu, empedu dan bisa ular bisa dimanfaatkan sebagi materi obat-obatan, daging dan telur penyu untuk materi makanan.

  • Kelas Aves, sebagai materi masakan yang mengandung protein, bulu itik dan bebek bisa dimanfaatkan untuk menciptakan selimut, bantal, serta kasur. Untuk dinikmati kindahannya, untuk membasmi serangga dan tikus.

  • Kelas Mamalia, sebagai materi masakan sumber protein, untuk materi pembuat tas, sepatu, kerupuk, pakaian, zat tepung. dimanfaatkan air susunya. dan lain-lain.






Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Manfaat Vertabrata (Hewan Bertulang Belakang)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel