iklan

Pengertian, Macam-Macam Dan Efek Tenaga Eksogen Lengkap

Pengertian, Macam-Macam dan Dampak Tenaga Eksogen Lengkap – Pantai yang sering kita kunjungi untuk rekreasi umumnya landai dan banyak pasir. Bentuk Pantai ada yang curam. Pantai yang landai dan curam terbentuk alasannya kekuatan Gelomang Laut. Gelombang maritim mengikis tepi pantai sehingga terbentuk pantai curam. Sementara itu, gelombang maritim yang megendapkan material hasil pengikisan membentuk pantai landai. Untuk lebih terang nya mari simak ulasan dibawah berikut.


 Pantai yang sering kita kunjungi untuk rekreasi umumnya landai dan banyak pasir Pengertian, Macam-Macam dan Dampak Tenaga Eksogen Lengkap



Pengertian Tenaga Eksogen


Tenaga eksogen merupakan berasal dari atmosfer air, dan organisme. Perombakan muka bumi oleh tenaga oksigen berupa pelapukan (weathering), pengikisan (erosian), dan pengendapan (sediementation).


Macam-Macam Tenaga Eksogen


1.Pelapukan

Pelapukan merupakan sebagi proses penghancuran batuan dari bentuk gumpalan menjadi butiran lebih kecil. Pelapukan batuan melalui proses penglupasan batuan oleh tenaga eksogen. Di tempat tropis suhu dan air sangat lebih banyak didominasi menghipnotis pelapukan batuan. Pelapukan dibedakan menjadi 3 yaitu :


  • Pelapukan Mekanis

  • Pelapukan Kimiawai

  • Pelapukan Biologis


2. Erosi

Erosi ialah proses pengikisan batuan oleh air, angin, dan gletser. Air hujan bisa mengikis tanah, air sungai yang mengalir sanggup mengikis bab tepi dan dasar sungai. Gelombang maritim sanggup mengikis tebing dan watu karang bertahap ditepi pantai. Pengikisan batuan oleh air maritim disebut abrasi. Erosi dibedakan menjadi 2 yaitu :


  • Pengikisan oleh air

  • Pengikisan oleh gelombang


3. Sedimentasi

Sedimentasi merupakan peristiwa-peristiwa pengendapan material batuan yang diangkut oleh tenaga air atau angin. Setelah batuan terkikis, hasil pengikisan terbawa fatwa air sungai, danau, dan final nya hingga di laut. Pada ketika kekuatan pengangkut berkurang atau melemah, material hasil pengikisan diendapkan. Pengendapan bisa berlangsung di sungai, danau, dan dilaut. Sedimentasi diebdakan menjadi 3 yatu :


  • Sediemen Fluvial

  • Sediemen Limnis

  • Sediemen Marin


Itulah ulasan dari Pengertian, Macam-Macam dan Dampak Tenaga Eksogen, agar bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.



Baca Juga :






 




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Macam-Macam Dan Efek Tenaga Eksogen Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel