iklan

Kandungan Zat Gizi, Nutrisi, Vitamin Yang Terkandung Didalam Asi (Air Susu Ibu)

Sebagai insan kita tidak bisa mengungkapkan sepenuhnya apa saja kandungan zat gizi, nutrisi dan vitamin yang terkandung didalam setiap tetes ASI (Air Susu Ibu). Hanya Allah SWT yang tahu niscaya secara tepat apa-apa zat serta fungsinya yang tersembunyi didalam ASI. Yang niscaya setiap zat, nutrisi ataupun vitamin yang terkandung diciptakan didalam ASI tidak untuk sia-sia. Yang lebih mengetahui akan kebutuhan seorang anak insan yang gres lahir (bayi) ialah Allah SWT. Jika kini anda sedang hamil atau gres melahirkan dan sedang membaca artikel-artikel mengenai ibu dan anak, maka saya sarankan anda untuk bertekad menawarkan ASI ekslusif kepada bayi anda walau apapun kondisinya.

Bagi saya, tidak ada alasan bagi seorang ibu untuk tidak menawarkan ASI kepada bayinya mengingat pentingnya setiap zat yang terkandung didalam ASI. Seperti apapun pekerjaan anda, menyerupai apapun kesibukan anda, menyerupai apapun kondisi keseharian anda, jangankan jadikan alasan untuk tidak menawarkan ASI. Anda boleh tidak oke dengan pernyataan saya tersebut, tetapi jujur secara fatwa logika saya bahwa susu formula tidak layak untuk menggantikan tugas ASI. Jika anda harus bekerja, artinya anda harus memeras ASI dan membuat stok dirumah untuk keperluan bayi anda. Anda bisa menggunakan "breast pump" sebagai cara bantu memerah ASI lebih cepat.

Untuk ibu yang menyusui tidak diwajibkan berpuasa. Pada bulan puasa ramadhan, anda jangan takut akan kekurangan asupan masakan demi menunjang produksi ASI yang cukup. Asal jangan mengganggu orang-orang yang berpuasa dengan makan secara terang-terangan. Dikhawatirkan akan menganggu kekhusukan ibadah puasa orang yang menjalankan.

ASI ialah hasil produk insan cantik dan cocok untuk anak manusia, sedangkan susu sapi ialah hasil porduk sapi yang tentunya cantik dan cocok untuk anak sapi. Coba anda pikirkan pernyataan saya berikut : "Allah SWT membuat semua organ-organ badan perempuan untuk mendukung terciptanya ASI yang bisa memancar dari tubuh, tidak lain dan tidak bukan bahwa ASI itu khusus diperuntukkan hanya untuk bayi yang anda lahirkan." Apakah anda masih mewaspadai kandungan yang ada di dalam ASI. Jadi, harus anda ingat bahwa betapa pentingnya zat-zat yang terkandung di dalam ASI.

Kalau saya boleh saran, untuk bayi umur dibawah 6 bulan supaya tidak dibantu dengan susu formula. Berikan ASI secara keseluruhan. Logikanya sederhana, pada ketika bayi anda kenyang dengan pembagian setengah susu ASI dan setengah susu formula maka nutrisi dan zat penting yang ada pada ASI hanya bisa diserap oleh bayi sejumlah setengah bab itu. Nah kini coba pikirkan kalau setiap hari, bayi kita kekurangan setengah bab zat-zat penting yang kita sendiri tidak akan bisa mengungkap sepenuhnya.

Makara apa saja kandungan dari setiap tetesan ASI. Zat-zat gizi, nutrisi maupun vitamin yang gres bisa diketahui akan saya suguhkan secara singkat dibawah ini. Mungkin ada sebagian saya sertakan dengan fungsinya. Menurut penelitian terdapat kurang lebih 200 zat-zat berkhasiat yang terkandung di dalam ASI. Namun saya hanya akan sebutkan beberapa saja.
  • Kolostrum, susu jolong atau susu awal. Zat kandungan ASI yang satu ini akan keluar pada ketika 30 menit pertama bayi dilahirkan. Zat ini memiliki kandungan nutrisi, gisi dan vitamin yang sangat tinggi. Befungsi sebagai antibodi bagi badan bayi yang gres saja berganti lingkungan. Dari lingkungan yang nyaman dan bahahia (rahim) ke lingkungan dunia. Kolostrum juga berfungsi untuk membersihkan air empedu dan kanal pencernaan pada bayi yang gres lahir.
  • Taurine. Berfungsi untuk membantu pembentukan retina, sel-sel saraf dan sel-sel otak.Juga berfungsi untuk mengatur denyut jantung bayi.
  • Laktosa. Berfungsi sebagai sumber tenaga bagi bayi serta meningkatkan perembesan kalsium pada bayi.
  • Protein.
  • Lemak
  • Foremilk
  • Hindmilk
  • Zat Besi
  • Laktobasilus
  • AA dan DHA yang berfungsi untuk perkembangan otak bayi
  • Lisozim
  • Laktoferin
Jika anda seorang perempuan yang gres atau akan melahirkan, dan anda juga pernah berencana untuk mengganti atau memberi susu sumbangan pada usia 6 bulan, maka secara ikhlas saya menyarankan supaya usahakan supaya selama 6 bulan pertama, bayi anda hanya mengkonsumsi ASI sepenuhnya. Pertimbangkanlah banyaknya zat-zat penting yang terkandung didalam ASI untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi anda. Karena saya yakin tidak ada ibu yang tidak mencintai anaknya. Dan seorang ibu selalu menginginkan yang terbaik buat anaknya.


Sumber http://smartinyourhand.blogspot.com

0 Response to "Kandungan Zat Gizi, Nutrisi, Vitamin Yang Terkandung Didalam Asi (Air Susu Ibu)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel