iklan

Keunikan Alat Musik Papua Barat

Musik Papua Barat Guoto dan Tifa
Sesuai dengan namanya Papua Barat merupakan provinsi yang letaknya di ujung barat Pulau Papua, dan beribukota di Manokwari, sebelum menjadi Papua Barat, sebelumnya provinsi ini berjulukan Irian Jaya Barat yang ditetapkan Tahun 1999 silam, nama sekarang menurut permendagri no 4 tahun 2007 sekarang provinsi ini namanya dirubah menjadi Papua Barat.

Provinsi Papua Barat ini juga mempunyai alat musik tradisional yang tak kalah unik dengan yang di miliki tempat lain, nah ibarat apa keunikan alat musik tersebut berikut akan admin bahas beberapa diantaranya.


1. Alat Musik Guoto Papua Barat
Alat Musik Guoto Papua Barat merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, materi dasar dari alat musik tersebut ialah dari bambu atau kayu, senar serta kulit hewan sebagai membrannya. sebuah pemandangan langka melihat pertunjukan alat musik Guoto ini.


2. Alat Musik Tifa Papua Barat
Tifa ialah alat musik  tradisional yang berasal dari tempat Papua Barat. Tifa mempunyai bentuk ibarat gendang tetapi lebih kecil di mainkan dengan cara di sandang atau di pengang, lalu dipukul memakai alat pukul, tetapi ada juga yang memainkannya dengan cara eksklusif di tepuk memakai tangan.

Alat musik Tifa dibentuk dengan materi kayu yang di lubangi pada bab tengahnya, dan di sisi atas nya di tutup memakai materi kulit, alat music Tifa mempunyai panjang ±50 - 70 cm, sedangkan diameter pada bab tengah nya ialah antara 15 hingga dengan 25cm.


Demikianlah klarifikasi wacana alat musik khas Papua Barat kali ini, biar bermanfaat sekian dan salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Keunikan Alat Musik Papua Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel