iklan

Kunci Tanggapan Ekonimi Esis Kelas X Bab5

BAB 5
A.
1.      E
2.      B
3.      B
4.      B
5.      A
6.      B
7.      A
8.      E
9.      E
10.  A

B.
1. Ciri-ciri pasar persaingan tepat yaitu sebagai berikut.
1)      Terdapat banyak pembeli dan penjual, namun mereka tidak bisa memengaruhi harga. Harga di pasar ditentukan oleh kekuatan seruan dan penawaran.
2)      Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak sanggup dibedakan. Oleh sebab itu, promosi dengan iklan tidak akan memberi pengaruh.
3)      Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar.
4)      Setiap pihak mengetahui keadaan pasar dengan mudah. Pembeli mengetahui jenis barang dan harga yang dikenakan oleh perusahaan. Demikian pula penjual mengetahui tingkat seruan konsumen.
5)      Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan. Tidak ada kekuatan luar yang bisa memengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli, termasuk dalam hal ini pemerintah.

2.   a. Ciri-ciri pasar monopoli yaitu sebagai berikut.
1)      Hanya ada satu orang penjual.
2)      Terdapat banyak pembeli.
3)      Produk tidak mempunyai barang substitusi yang dekat.
4)      Adanya kendala untuk masuk ke dalam pasar, antara lain penetapan harga serendah mungkin, kepemilikan hak paten, dan adanya skala ekonomi yang sangat besar.
b. Ciri-ciri pasar oligopoli yaitu sebagai berikut.
1)      Terdapat banyak pembeli di pasar.
2)      Hanya ada beberapa penjual.
3)      Produk yang dijual bisa bersifat homogen, dan bisa juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu.
4)      Terdapat kendala untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru.
5)      Adanya saling ketergantungan. Kebijakan harga dan kuantitas produksi satu produsen akan kuat terhadap kebijakan harga dan kuantitas produsen lain.
6)      Penggunaan iklan sangat kuat terhadap tingkah laris dan perubahan selera konsumen.
c. Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik yaitu sebagai berikut.
1)      Terdapat banyak produsen, namun jumlah ini tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna.
2)      Jenis barang yang dipasarkan cenderung sama, tetapi tetap bisa dibedakan dari kemasan, cara pembayaran, dan layanan purnajual yang diberikan.
3)      Adanya kemampuan produsen untuk memengaruhi harga. Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan.
4)      Produsen lain gampang masuk ke dalam pasar dengan syarat bisa membuat produk dengan jenis berbeda dari produk yang sudah ada.
5)      Promosi penjualan harus aktif.

3. Jika ekspresi dominan panen datang, pemerintah sebaiknya tetapkan harga eceran terendah biar kelebihan penawaran yang terjadi sanggup diatasi dengan pembelian pribadi kepada petani. Tujuannya yaitu untuk mencapai tingkat harga yang tidak merugikan petani.

4. Pada ketika paceklik, pemerintah sebaiknya tetapkan harga eceran tertinggi biar kelebihan seruan yang terjadi sanggup diatasi dengan usaha-usaha peningkatan produksi. Tujuannya yaitu untuk mencapai tingkat harga yang tidak merugikan konsumen.

5. Perbedaan pasar monopoli dengan pasar persaingan monopolistik yaitu sebagai berikut.
Struktur Pasar
Jumlah Penjual
Untuk Masuk Keluar Pasar
Kemampuan Penjual Menentukan Harga
Produk yang Dihasilkan
Monopoli
Satu
Sangat sulit
Mudah
Unik
Persaingan Monopolistik
Beberapa
Agak Mudah
Sulit
Terdiferensiasi

6. Kurva MR pada pasar monopoli turun dari kiri atas ke kanan bawah sebab pada ketika produsen ingin menjual lebih banyak, maka ia harus menurunkan harga biar lebih banyak yang terjual.

7. Perbedaan pasar monopoli dengan pasar oligopoli yaitu sebagai berikut.
Struktur Pasar
Jumlah Penjual
Untuk Masuk Keluar Pasar
Kemampuan Penjual Menentukan Harga
Produk yang Dihasilkan
Monopoli
Satu
Sangat sulit
Mudah
Unik
Oligopoli
Sedikit
Sulit
Agak Mudah
Terdiferensiasi

8. Dampak negatif monopoli terhadap kesejahteraan konsumen yaitu konsumen harus membayar harga di atas biaya untuk memproduksi barang tersebut yang mengakibatkan berkurangnya kesejahteraan mereka.

9. Peran pemerintah dalam pasar monopoli yaitu sebagai berikut.
1)      Mencegah timbulnya monopoli itu sendiri.
2)      Pemberian izin kepada perusahaan baru.
3)      Menambah penawaran barang dalam negeri dengan jalan impor.
4)      Menetapkan Harga Eceran Tertinggi.

11.  Monopoli bisa terjadi sebab perusahaan mempunyai skala hemat yang sangat besar, sumber daya yang unik yang sulit dimiliki perusahaan lain, dan kepemilikan hak paten melalui Peraturan Pemerintah.

Sumber http://vostfourth.blogspot.com

0 Response to "Kunci Tanggapan Ekonimi Esis Kelas X Bab5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel