iklan

Fungsi Logical

Fungsi logical yakni fungsi yang dipakai untuk menguji suatu kondisi tertentu sehingga akan menghasilkan pernyataan benar kalau kondisi terpenuhi dan pernyataan salah kalau kondisi tersebut tidak terpenuhi.
1. IF Tunggal Fungsi logical IF tunggal merupakan fungsi logical IF yang dipakai untuk menuntaskan duduk kasus dengan dua kondisi, yaitu kondisi benar dan kondisi salah. Format penulisan rumus IF tunggal : =IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)

Contoh kasus:


2. IF Majemuk
Fungsi logical IF beragam adalahfungsi IF yang dipakai untuk menuntaskan permasalahan yang mempunyai kondisi lebih dari dua kondisi. Format penulisan rumus IF beragam :
 =IF(logical_test1;value_if_true1;IF(logical_test2;value_if_true2;value_if_false;…))
Contoh

3. IF AND
Fungsi logical IF AND yakni fungsi logical yang dipakai untuk membandingkan dua kondisi atau lebih. Pada fungsi logical IF AND kondisi yang dibandingkan akan menghasilkan pernyataan benar apabila kedua kondisinya terpenuhi. Akan tetapi akan menghasilkan pernyataan salah apabila salah satu kondisinya tidak terpenuhi. Format penulisan rumus logical IF AND:
 =IF(AND(logical1;logical2;…)value_if_true;value_if_false)
Contoh:

4. IF OR
Fungsi logical IF OR hampir sama dengan penggunaan fungsi logical IF AND, yaitu untuk membandingkan dua kondisi atau lebih. Hanya berbeda di hasil akhirnya, apabila fungsi logical IF OR akan menghasilkan pernyataan benar apabila terdapat salah satu kondisi yang terpenuhi dan akan bernilai salah apabila semua kondisi tidak terpenuhi.format penulisan fungsi IF OR
 =IF(OR(logical1;logical2;…)value_if_true;value_if_false)
 Contoh


Sumber http://atulkhasanah.blogspot.com

0 Response to "Fungsi Logical"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel