iklan

Gobak Sodor - Mainan Tradisonal

GALAH ASIN atau GOBAK SODOR

Galah Asin atau di tempat lain disebut Galasin atau Gobak Sodor yakni sejenis permainan tempat dari Indonesia yang ketika ini masih sanggup kita jumpai dimainkan bawah umur SD. Permainan ini yakni sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya yakni menghadang lawan semoga tidak sanggup lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melaksanakan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.


Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan badminton dengan contoh garis-garis yang ada atau sanggup juga dengan memakai lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap potongan biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang menerima giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan kiprah untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan kiprah untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini memiliki jalan masuk untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit alasannya setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin kalau diharapkan untuk meraih kemenangan.

Istilah permainan Gobak Sodor dikenal di tempat Jawa Tengah, sedangkan di tempat lain ibarat galah lebih kenal di Kepulauan Natuna, sementara di beberapa tempat Kepulauan Riau lainnya dikenal dengan nama galah panjang. Di tempat Riau Daratan, permainan galah panjang ini disebut main cak bur atau main belon. Sedangkan, di tempat Jawa Barat di kenal dengan nama Galah Asin atau Galasin. Gobak Sodor yakni sejenis permainan tempat dari Indonesia. Permainan ini yakni sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, dimana masing-masing tim terdiri dari 3-5 orang.

Cara Bermain
Cara melaksanakan permainan ini yaitu:
·         Membuat garis-garis penjagaan dengan kapur ibarat lapangan bulu tangkis, bedanya tidak ada garis yang rangkap.
·         Membagi pemain menjadi dua tim, satu tim terdiri dari 3 – 5 atau sanggup diubahsuaikan dengan jumlah peserta. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim yang lain akan menjadi tim “lawan”.
·         Anggota tim yang menerima giliran “jaga” akan menjaga lapangan , caranya yang dijaga yakni garis horisontal dan ada juga yang menjaga garis batas vertikal. Untuk penjaga garis horisontal tugasnya yakni berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi seorang yang mendapatkan kiprah untuk menjaga garis batas vertikal maka tugasnya yakni menjaga keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan.
·         Sedangkan tim yang menjadi “lawan”, harus berusaha melewati baris ke baris hingga baris paling belakang, kemudian kembali lagi melewati penjagaan lawan hingga hingga ke baris awal.

Peraturan
Berikut ini peraturan – peraturan yang berlaku dalam permainan Galasin (Gobak Sodor) yakni sebagai berikut:
·         Pemain terbagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari 3 – 5 orang (disesuaikan).
·         Jika 1 kelompok terdiri dari 5 orang maka lapangan dibagi menjadi 4 kotak persegi panjang, yang berukuran 5m x 3m (disesuaikan).
·         Tim “jaga” bertugas menjaga semoga tim “lawan” tidak sanggup menuju garis finish.
·         Tim “lawan” berusaha menuju garis finish dengan syarat tidak tersentuh tim “jaga” dan sanggup memasuki garis finish dengan syarat tidak ada anggota tim “lawan” yang masih berada di wilayah start.
·         Tim “lawan” dikatakan menang apabila salah satu anggota tim berhasil kembali ke garis start dengan selamat (tidak tersentuh tim lawan).
·         Tim “lawan” dikatakan kalah kalau salah satu anggotanya tersentuh oleh tim “jaga” atau keluar melewati garis batas lapangan yang telah ditentukan. Jika hal tersebut terjadi, maka akan dilakukan pergantian posisi yaitu tim “lawan” akan menjadi tim “jaga”, dan sebaliknya.

Manfaat
Permainan ini sangat menarik, menyenangkan sekaligus sangat sulit alasannya setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin kalau diharapkan untuk meraih kemenangan. Nilai Spiritual dalam Permainan Gobak Sodor selain kebersamaan, kita juga sanggup berguru kolaborasi yang kompak antara satu penjaga dan penjaga lain semoga lawan tidak lepas kendali untuk keluar dari kungkungan kita. Di pihak lain bagi penerobos yang piawai, disana masih banyak pintu-pintu yang terbuka apabila satu celah dirasa telah tertutup. Jangan frustasi apabila dirasa ada pintu satu yang dijaga, alasannya masih ada pintu lain yang siap mendapatkan kedatangan kita, yang penting kita mau mau berusaha dan bertindak segera. Ingatlah bahwa peluang selalu ada, walaupun terkadang nilai probabilitasnya sedikit.


sumber: meowwwhoney.blogspot.com/search?q=permainan-tradisional-galah-asin-gobak

Galah Asin atau di tempat lain disebut Galasin atau Gobak Sodor yakni sejenis permainan d GOBAK SODOR - MAINAN TRADISONAL
Sumber http://remix-of-all.blogspot.com

0 Response to "Gobak Sodor - Mainan Tradisonal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel