iklan

√ Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Badan Manusia

Buah naga ialah sejenis buah yang dikenal alasannya bentuknya yang eksotis. Buah ini dianggap membawa berkah bagi orang-orang Vietnam dan Tionghoa. Oleh alasannya itu, mereka selalu meletakkan buah naga di di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar sampai melahirkan istilah thang loy atau buah naga (Wikipedia). Istilah ini kemudian dipakai di banyak sekali tempat di dunia, menyerupai dragon fruit (Eropa) dan buah naga (Indonesia dan Malaysia).


Apa Itu Buah Naga?


Buah naga atau pitaya merupakan sejenis buah dari keluarga kaktus-kaktusan yang berasal dari daratan Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Meksiko selatan. Saat ini buah naga sudah dikenal dan dibudidayakan di banyak negara di dunia, menyerupai Indonesia, Malaysia, Vietnam, Taiwan, dan Filipina.


Karena bentuk dan warnanya yang unik, buah naga telah mendapat cukup popularitas di Indonesia. Selain dijual di supermarket-supermarket besar, buah naga juga sanggup ditemui di toko-toko buah di pinggir jalan. Bahkan gampang untuk menemukan hidangan jus buah naga di banyak kedai jus.


Pulau Jawa merupakan basis utama pembudidayaan buah naga di Indonesia. Beberapa tempat penghasil buah naga di Pulau Jawa ialah Bandung, Kulon Progo, Malang, Banyuwangi, dan masih banyak lagi.


Jenis buah naga yang paling terkenal mempunyai kulit berwarna merah cerah dengan sisik hijau serta daging berwarna putih dengan biji hitam. Rasanya sendiri disebut-sebut sebagai persilangan manis antara buah kiwi dan buah pir. Daging buah naga sanggup dijadikan jus atau adonan salad untuk menghasilkan rasa yang lebih yummy dan kaya.


Nutrisi Buah Naga


Buah naga mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, dengan kandungan serat dan magnesium yang tergolong cukup tinggi . Berikut ini ialah jumlah nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daging buah naga.



  • Kalori: 60

  • Protein: 1,2 gram

  • Lemak: 0 gram

  • Karbohidrat: 13 gram

  • Serat: 3 gram

  • Vitamin C: 3% dari RDI

  • Besi: 4% dari RDI

  • Magnesium: 10% dari RDI


Selain banyak sekali nutrisi penting di atas, buah naga juga mengandung beberapa senyawa tumbuhan bermanfaat menyerupai polifenol, karoten, dan betacyanin.


Manfaat Buah Naga


Buah naga merupakan jenis buah yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Beberapa manfaat kesehatan yang sanggup didapat dengan mengkonsumsi buah naga ialah meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan usus. Buah naga juga sanggup membantu penurunan berat badan, mengendalikan diabetes, dan menurunkan kolesterol. Berikut ialah paparannya.


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


 naga ialah sejenis buah yang dikenal alasannya bentuknya yang eksotis √ Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

* sumber: pixabay.com


Tingginya kadar vitamin C yang ditemukan dalam buah naga sanggup membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga merangsang kegiatan antioksidan lainnya di dalam tubuh. Selain itu, tubuh juga jadi tidak gampang terkena nanah alasannya vitamin C dan karotenoid dalam buah naga melindungi sel darah putih dari kerusakan.


Menurut sebuah penelitian, daging dan kulit buah naga mempunyai kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi yang sanggup membantu menghilangkan radikal bebas. Antioksidan ini juga berfungsi meningkatkan jumlah trombosit, sehingga sanggup menjadi obat alami untuk penyakit demam berdarah dan membantu pemulihan yang lebih cepat.


2. Mengontrol Diabetes


 naga ialah sejenis buah yang dikenal alasannya bentuknya yang eksotis √ Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

* sumber: theconversation.com


Mengkonsumsi buah naga secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 dan pra-diabetes. Penelitian ini membuktikan bahwa keseluruhan penderita diabetes menunjukkan penurunan kadar gula darah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi buah naga.


Karena buah naga kaya akan antioksidan, studi lain menyampaikan bahwa mengkonsumsi masakan yang tinggi antioksidan sanggup membantu mencegah penyakit kronis lainnya menyerupai penyakit jantung, kanker, dan radang sendi. Beberapa antioksidan yang terdapat dalam buah naga antara lain menyerupai vitamin C, beta-karoten, likopen dan betalain.


3. Kaya Akan Serat


 naga ialah sejenis buah yang dikenal alasannya bentuknya yang eksotis √ Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

* sumber: satujam.com


Dalam satu sajian buah naga (227 gram) kira-kira terdapat 7 gram serat yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Kandungan seratnya yang tinggi tersebut sanggup membantu meningkatkan pergerakan usus, melancarkan susukan pencernaan, merangsang gerakan peristaltik, dan mendorong pelepasan getah pencernaan.


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa selain cantik untuk pencernaan, serat juga sanggup berperan dalam melindungi terhadap penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2 dan mempertahankan berat badan yang sehat. Sebagai info, asupan serat harian yang direkomendasikan oleh hebat kesehatan ialah 25 gram untuk perempuan dan 38 gram untuk pria.


4. Meningkatkan Kesehatan Usus


 naga ialah sejenis buah yang dikenal alasannya bentuknya yang eksotis √ Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

* sumber: nutritionreview.org


Mengkonsumsi buah naga dipercaya sanggup meningkatkan pertumbuhan basil sehat di dalam usus, yang jadinya akan meningkatkan kesehatan usus. Usus insan sendiri ialah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Banyak peneliti yang percaya bahwa kumpulan mikroorganisme ini sanggup mempengaruhi kesehatan tubuh.


Karena mengandung sejumlah prebiotik, buah naga sanggup berpotensi meningkatkan keseimbangan basil baik dalam usus. Prebiotik sendiri  ialah jenis serat khusus yang sanggup mendorong pertumbuhan basil sehat di dalam usus, menyerupai lactobacilli dan bifidobacteria. Oleh alasannya itu, mengonsumsi prebiotik secara teratur sanggup mengurangi risiko terkena nanah pada susukan pencernaan dan diare.


5. Kaya Akan Magnesium dan Vitamin B


 naga ialah sejenis buah yang dikenal alasannya bentuknya yang eksotis √ Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/137789813@N06/


Magnesium ialah jenis mineral yang mempunyai beberapa manfaat termasuk untuk meningkatkan kesehatan tulang dan kesehatan jantung. Salah satu jenis buah yang kaya akan mineral ini ialah buah naga, dengan 18% dari RDI dalam setiap sajiannya.


Di dalam tubuh insan sendiri kira-kira terdapat 24 gram magnesium yang ambil bab dalam ratusan reaksi kimia penting di dalam tubuh. Sebagai contoh, magnesium diharapkan untuk mengurai masakan menjadi energi, kontraksi otot, pembentukan tulang dan bahkan penciptaan DNA.


Selain vitamin C, buah naga juga diperkaya dengan banyak sekali vitamin B, menyerupai vitamin B1, B2, dan B3. Vitamin-vitamin ini sanggup membantu meningkatkan banyak hal dalam tubuh mulai dari tekanan darah, kesehatan kulit, dan kadar kolesterol sampai fungsi tiroid, kadar hemoglobin yang berfluktuasi, dan metabolisme karbohidrat.


Cara Mengkonsumsi Buah Naga


 naga ialah sejenis buah yang dikenal alasannya bentuknya yang eksotis √ Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

* sumber: pitahaya.info


Buah naga mempunyai kulit buah yang cukup tebal sehingga perlu sedikit upaya untuk mengupasnya. Walaupun demikian, mengkonsumsi daging buah ini cukup sederhana. Sebelum siap menikmatinya, pilihlah buah naga yanh sudah matang tepat (tidak terlalu muda maupun terlalu matang).


Buah naga yang masih mentah akan berwarna hijau. Untuk mendapat yang sudah matang, carilah buah naga yang berwarna merah cerah. Jika terdapat beberapa bintik itu masih dianggap normal, tetapi terlalu banyak bintik memar pertanda buah naga itu sudah terlalu matang. Daging buah naga yang matang tepat niscaya terasa lembut tetapi tidak lembek.


Berikut ialah cara mengkonsumsi buah naga segar:



  • Potong buah naga segar menjadi dua bagian.

  • Ambil daging buah dengan sendok, atau potong dadu dengan memotong garis vertikal dan horizontal tanpa memotong bab kulitnya.

  • Gunakan sendok untuk mengambil potongan-potongan buahnya.

  • Nikmati buah naga secara langsung, ditambahkan ke dalam salad dam yogurt, atau membuatnya menjadi jus yang lezat.

  • Buah naga tersedia di toko-toko buah dengan harga yang terjangkau.


Nah, demikianlah beberapa manfaat buah naga yang berhasil kami rangkum. Jadi, apakah Anda mulai tertarik untuk mengonsumsinya? Atau punya gosip menarik lainnya mengenai buah naga? Kalau begitu, eksklusif bagikan dengan kami dan pembaca lain di kolom komentar, ya.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Inilah 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Badan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel