iklan

√ Kebijakan Publik : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Proses, Tahapan Misalnya Lengkap

√ Kebijakan Publik : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Proses, Tahapan & Contohnya Lengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Berwarga negara didalam suatu negara hukum. niscaya ada saja mengalami permasalahan didalam kenagaraan, dari situ lah suatu negara bertanggung jawab untuk melindungi suatu rakyat dan biar untuk menuntaskan suatu kasus dalam negara. Untuk lebih jelasnya lagi ihwal kebijakan publik mari lah simak ulasan yang ada dibawah berikut.


 Berwarga negara didalam suatu negara aturan √ Kebijakan Publik : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Proses, Tahapan  Contohnya Lengkap


 




Pengertian Kebijakan Publik


Secara Umum, Kebijakan Publik ialah suatu proses perbuatan kebijakan oleh suatu pemerintah atau pemegang kekuasaan yang berdampak kepada masyarakat luas. Sedangkan kalau di artikan secara terpisah atau secara etimologi, Kebijakan (policy) berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata polis yang artinya negara, kota. Sedangkan pada bahasa latin dari kata politia yang artinya negara, dan pada bahasa Inggris policie untuk menunjuk pada suatu kasus yang bekerjasama dengan permasalahan Publik dan Administrasi pemerintahan.


Sedangkan arti dari kata Publik berasal dari bahasa Inggris, yaitu public yang artinya umum, masyarakat atau negara. Jadi, pengertian publik yaitu sejumlah insan yang memiliki kebersamaan berpikir, perasaan, harapan, perilaku dan suatu tindakan yang benar dan higienis berdasarkan nilai-nilai norma yang mereka punyai.


 




Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli


1. W.N.Dunn


Menurut W.N.Dunn menyatakan bahwa kebijakan publik yaitu Suatu daftar pilihan tindakan yang saling bekerjasama yang disusun oleh suatu instansi atau pejabat pemerintah antara lain dalam suatu bidang pertahanan, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, pengendalian kriminalitas, dan sebuah pembangunan perkotaan.


 


2. Woll (1966)


Menurut Woll menyatakan bahwa Kebijakan publik yaitu sejumlah suatu acara pemerintah untuk memecahkan suatu permasalahan di masyarakat, baik secara eksklusif maupun melalui banyak sekali suatu forum yang mempengaruhi sebuah kehidupan masyarakat.


 


3. Robert Eyestone


Menurut Robert Eyestone menyatakan bahwa kebijakan publik yaitu sebagai kekerabatan suatu unit pemerintah dengan suatu lingkungannya. Pernyataan ini bisa diklasifikasikan sebagai democratic governance, yang dimana didalamnya terdapat sebuah interaksi negara dengan rakyatnya dalam rangka untuk mengatasi duduk kasus publik.


 


4. G. Peters


Menurut G. Peters menyatakan bahwa kebijakan publik yaitu Sejumlah suatu acara Pemerintah, baik yang dilakukan sendiri atau melalui sebuah forum lain, yang akan mempengaruhi kehidupan masyarakat.


 


5. Carl Friedrich


Menurut Carl Friedrich menyatakan bahwa kebijakan publik ialah Suatu anjuran arah tindakan atau sebuah kebijakan yang diajukan oleh seseorang, kelompok, atau suatu pemerintah guna untuk mengatasi kendala atau untuk memanfaatkan sebuah kesempatan pada suatu lingkungan tertentu dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan atau merealisasikan suatu sasaran.


 


6. Henz Eulau dan Kenneth Previt ( 1973 )


Menurut Henz Eulau dan Kenneth Previt Merumuskan kebijakan publik yaitu sebagai sebuah keputusan yang tetap, yang ditandai oleh kelakuan yang berkesinambungan dan berulang-ulang pada mereka yang membuat suatu kebijakan dan yang melaksanakannya.


 


7. Robert Eyestone


Menurut Robert Eyestone menyatakan bahwa kebijakan publik yaitu sebagai kekerabatan suatu unit pemerintah dengan lingkungannya. Pernyataan ini bisa diklasifikasikan sebagai democratic governance, yang dimana didalamnya terdapat sebuah interaksi negara dengan rakyatnya dalam rangka untuk mengatasi suatu duduk kasus publik.


 


8. Amara Raksasataya


Menurut Amara Raksasataya menyatakan bahwa kebijakan publik yaitu suatu kebijakan sebagai sebuah taktik dan taktik yang diarahkan untuk mencapai suatu tujuan.


 


9. Arnold Rose


Menurut Arnold Rose menyatakan bahwa kebijakan pubik yaitu Suatu rangkaian tindakan yang saling berhubungan.


 


10. Bill Jenkins


Menurut Bill Jenkins menyatakan bahwa Kebijakan publik yaitu suatu keputusan yang berdasarkan kekerabatan kegiatan yang dilakukan oleh pemeran politik guna untuk menentukan tujuan dan mendapat hasil yang berdasarkan suatu pertimbangan situasi tertentu.


 




Macam-Macam Kebijakan Publik


1. Kebijakan publik yang ditinjau dari pembuatnya.



  • Pusat: Kebijakan ini dibentuk oleh pemerintah atau forum negara di sentra untuk mengatur semua warga negara dan seluruh wilayah Indonesia.

  • Daerah: Kebijakan ini dibentuk oleh pemerintah atau sebuah forum Daerah untuk mengatur wilayahnya masing-masing.


 


2. Kebijakan publik berdasarkan Sifatnya



  • Bersifat Distributif: Kebijakan ini bersifat distributif dalam Membagi dan mengalokasikan suatu sumber-sumber material yang sudah didapatkan tersebut kepada masyarakat luas. Contohnya: pada Kebijakan pemerintah dalam memberi kartu sehat kepada penduduk kurang mampu.

  • Bersifat Ekstraktif: artinya berupa dalam perembesan sumber-simber material dari masyarakat luas. Contohnya :Kebiajakn pada bea cukai tembakau.

  • Bersifat regulatif: Artinya Kebijakan yang isinya sejumlah peraturan dan kewajiban yang harus dipatuhi oleh warga negara ataupun penyelenggara untuk membuat suatu ketertiban,kelancaran. Contohnya :Kebijakan dalam memutuskan UMR


 




Ciri-Ciri Kebijakan Publik


Untuk mengetahui bahwa ini kebijakan yang sifatnya publik, anda sanggup mengacu pada karakteristik atau ciri-ciri kebijakan publik yang menyerupai ada dibawah ini :



  • Kebijakan Publik yaitu suatu kode dalam tindakan dari seseorang, kelompok ataupun pemerintah.

  • Kebijakan Publik dilakukan oleh seorang aktor

  • Kebijakan Publik yaitu sesuatu yang dikerjakan atau tidak dikerjakan pemerintah

  • Kebijakn Publik yaitu sebuah bentuk positif negara dengan rakyatnya

  • Kebijakan Publik yaitu suatu rangkaian sebuah instruksi/memerintah misalnya Undang Undang


 




Proses Perumusan Kebijakan Publik


Dalam merumuskan suatu kebijakan publik yang diatur berdasarkan urutan waktu yang secara sedikit demi sedikit dari penyusunan agenda, formulasi kebijakan, adopsi kebijakan, implementasi kebijakan, dan penilaian kebijakan. Pada tahapan ini mencerminkan suatu kegiatan yang terus berlangsung sepanjang waktu. Setiap tahapan bekerjasama dengan tahap berikutnya. Perumusan kebijakan publik ini menyangkut beberapa permasalahan yakni sebagai berikut.



  • Pada Energi dan lingkungan

  • Ilmu pengetahuan dan teknologi

  • Kesehatan

  • Kesejahteraan sosial

  • Kesempatan kerja

  • Komunikasi

  • Masalah internasional

  • Masalah perkotaan

  • Pendidikan

  • Pembangunan

  • Transportasi


Untuk memecahkan suatu permasalahan tersebut dalam suatu kehidupan masyarakat, diharapkan partisipasi masyarakat yang artinya keikut sertaan masyarakat atau anggota masyarakat yang secara aktif dalam perumusan kebijakan publik. Dalam hal itu disebabkan masyarakat sendiri mengetahui dalam mengalamai suatu permasalahannya. Dalam membuat suatu kebijakan publik yakni suatu proses pembuatan sebuah keputusan untuk pengambilan keputusan atau pengambilan sebuah kebijakan dengan cara menentukan dan menilai informasi yang ada untuk memecahkan suatu permasalahan.


Apabila masyarakat tidak aktif dalam perumusan suatu kebijakan publik, kebijakan tersebut akan sesuai dengan keinginan masyarakat.


 




Tujuan Kebijakan Publik


Dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan atau ditetapkan oleh pemerintah niscaya memiliki tujuan. Tujuan dalam pembuatan kebijakan publik intinya yaitu untuk :



  • Untuk mewujudkan suatu ketertiban dalam masyarakat

  • Untuk melindungi suatu hak-hak masyarakat

  • Untuk mewujudkan sebuah ketentraman dan kedamaian dalam masyarakat

  • Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat


 




Tahap – Tahap Kebijakan Publik


Menurut William Dunn yang dikutip oleh Budi Winarno, menyatakan tahap-tahap kebijakan publik yakni sebagai berikut:


1. Tahap Penyusunan Agenda


Para pejabat yang dipilih dan diangkat memposisikan kasus pada acara publik. Masalah sebelum masuk dalam kebijakan publik akan berkompetisi terlebi dahulu, dan pada karenanya beberapa kasus masuk pada acara kebijakan para perumus kebijakan. Di tahap ini mungkin suatu kasus tidak disentuh sama sekali, sementara kasus yang lain ditetapkan menjadi fokus yang dibahas, atau terdapat pula kasus lantaran alasan-alasan tertentu ditunda dalam waktu yang lama


 


2. Tahap Formulasi Kebijakan


Masalah yang sudah masuk dalam acara kebijakan selanjutnya dibahas oleh para pembuat kebijakan. Masalah tersebut diartikan untuk selanjutnya dicari pemecahan kasus yang terbaik.Dalam memecahkan kasus dicari dari asal dan banyak sekali alternatif atau pilihan kebijakan yang ada.


 


3. Tahap Adopsi Kebijakan


Sekian banyak alternatif kebijakan yang disajikan para perumus kebijakan, nanti di final salah satu dari alternatif kebijakan tersebut diadopsi dengan derma dari dominan legislatif, konsensus antara administrator forum atau putusan peradilan


 


4. Tahap Implementasi Kebijakan


Sebuah jadwal kebijakan hanya akan menjadi catatan-catan elit apabila jadwal tersebut tidak di implementasikan. Yaitu dijalankan oleh badan-badan adminstrasi ataupun agen-agen pemerintah pada tingkat bawah.


Kebijakan yang sudah diambil dijalankan oleh unit-unit adminstrasikan yang memobilisasikan sumber-sumber daya finansial dan manusia. Di tahap implementasi ini beberapa kepentingan akan saling bersaing.


 


5. Tahap Evaluasi Kebijakan


Dalam tahapan ini kebijakan yang sudah dijalankan akan dinilai atau dilakukan evaluasi, untuk melihat sejauh mana kebijakan yang dibentuk untuk meraih imbas dampak yang dikehendaki, yakni memecahkan kasus yang dihadapi masyarakat. Oleh alasannya itu ditentukan ukuran-ukuran atau kriteria-kriteria yang menjadi dasar dalam penilaian apakah kebijakan publik yang sudah dilaksanakan telah mencapai dampak atau tujuan yang dikehendaki atau belum.


 


Dalam mengatasi suatu permasalahan didalam negara langkah yaang akan diambil yaitu membuat suatu kebijakan publik. Itulah ulasan ihwal √ Kebijakan Publik : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Proses, Tahapan & Contohnya Lengkap. Semogaa apa yang diulas diatas bermanfat bagi pembaca .sekian dan terimakasih.


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Kedaulatan : Pengertian, Jenis, Sifat & Bentuknya Lengkap

Baca Juga :  √ Budaya Politik : Pengertian, Macam, Ciri & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Otonomi Daerah : Pengertian, Asas, Prinsip, Tujuan & Dasar Hukumnya Lengkap

Baca Juga :  16 Pengertian, Macam-Macam, dan Ciri-Ciri Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Politik : Pengertian, Ciri, Fungsi, Macam & Contohnya Lengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Kebijakan Publik : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Proses, Tahapan Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel