iklan

√ Organisasi : Pengertian, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi Keuntungannya Lengkap

√ Organisasi : Pengertian, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi & Manfaatnya Lengkap – Semua niscaya sudah mencicipi organisasi, Sewaktu di sekolah niscaya anda semua pernah mengikuti kegiatan organisasi, salah satu nya organisasi osis. Nah untuk mengetahui lebih lengkapnya wacana apa itu organisasi. Disini akan mengulas wacana organisasi. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


 


 Sewaktu di sekolah niscaya anda semua pernah mengikuti kegiatan organisasi √ Organisasi : Pengertian, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi  Manfaatnya Lengkap


 


Pengertian Organisasi


Organisasi adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan secara terperinci pengertian organisasi adalah sebagai daerah atau wadah untuk orang berkumpul dan berkerja sama dengan secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan suatu sumber daya baik uang, metode, material, dan lingkungan, dan sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang dipakai secara efisen dan efektif untuk mencapai suatu tujuan organisasi.


 


 


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli


 


1. Drs. Malayu S.P Hasibuan


Menurut Drs. Malayu S.P Hasibuan menyatakan bahwa organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari suatu kelompok yang bekerja sama dalam mencapai sebuah tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan sebuah alat dan wadah saja.


 


2. Prof. Dr. Mr Pradjodi Armosudiro


Menurut Prof. Dr. Mr Pradjodi Armosudiro menyatakan bahwa organisasi adalah suatu struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara suatu kelompok orang pemegang posisi yang berafiliasi dengan secara tertentu untuk gotong royong mencapai suatu tujuan tertentu.


 


3. James D Mooney


Menurut James D Mooney menyatakan bahwa Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.


 


4. Chester L Bernard (1938)


Menurut Chester L Bernard (1938) menyatakan bahwa Organisasi adalah sebuah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama mempunyai visi dan misi yang sama.


 


5. Paul Preston dan Thomas Zimmerer


Menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer menyatakan bahwa Organisasi adalah suatu kumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang berafiliasi untuk mencapai suatu tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).


 


6. Stoner


Menurut Stoner menyatakan bahwa organisasi adalah suatu contoh hubungan-hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan sebuah atasan mengejar suatu tujuan bersama.


 


7. Chester I. Bernard


Menurut Chester I. Bernard menyatakan bahwa organisasi adalah sebuah sistem acara kolaborasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.


 


8. Stephen P. Robbins


Menurut Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan suatu batasan yang relatif bisa diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.


 


9. Janu Murdiyamoko & Citra Handayani


Menurut Janu Murdiyamoko & Citra Handayani menyatakan bahwa Organisasi adalah suatu sistem sosial yang mempunyai sebuah identitas kolektif secara tegas, progja yang jelas, mekanisme dan cara kerja, serta daftar anggota yang secara terperinci.


 


10. Max Weber


Menurut Max Weber menyatakan bahwa Organisasi adalah sebuah kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.


 


 


Ciri-Ciri Organisasi



  • Didalamnya mempunyai tujuan dan sasaran dalam mencapai tujuan

  • Mempunyai suatu komponen yaitu atasan dan bawahan

  • Adanya kolaborasi yang terstruktur

  • Mempunyai pendegelasian wewenang dan sebuah koordinasi tugas-tugas.

  • Mempunyai sebuah keterikatan format dan tatat tertip yang harus ditaati.


 


 


Unsur-Unsur Organisasi



  • Man, adalah salah satu unsur utama dalam pembentuk organisasi yang disebut dengan personil atau anggota yang berdasarkan fungsi dan tingkatannya terdiri atas sebuah unsur pimpinan (administrator) sebagai pemimpin tertinggi organisasi, para manajer pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja (workers). Setiap hal tersebut adalah suatu kekuatan organisasi.

  • Kerja Sama, adalah salah satu unsur organisasi yang dimana setiap anggota atau personil melaksanakan suatu perbuatan secara gotong royong untuk tujuan bersama.

  • Tujuan Bersama, adalah sebuah Sasaran yang ingin dicapai/ dibutuhkan baik dari prosedur, program, contoh atau titik selesai dari suatu pekerjaan organisasi tersebut.

  • Peralatan (Equipment), adalah suatu sarana dan prasarana yang berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan (gedung, kantor), materi, uang, dan kelengkapan lainnya.

  • Lingkungan (Environment), adalah salah satu unsur organisasi yang juga mempunyai pengaruh. Faktor tersebut adalah ekonomi, sosial budaya, strategi, kebijaksanaan. anggaran, dan suatu peraturan yang telah ditetapkan.

  • Kekayaan Alam, yang termasuk dengan kekayaan alam yaitu air, cuaca, keadaan iklim, tumbuhan dan fauna.

  • Kerangka/Kontruksi Mental Organisasi, adalah sebuah landasan dari organisasi yang berada pada visi organisasi tersebut dibuat.


 


 


Tujuan Organisasi



  • Mengatasi terbatasnya kemampuan, kemandirian dan sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai suatu tujuan.

  • Untuk mencapai tujuan secara lebih efektif dan efesien alasannya dilakukan bersama-sama.

  • Untuk membuatkan sumber daya dan tekhnologi bersama-sama.

  • Tempat untuk mendapat sebuah jabatan dan pembagian kerja.

  • Tempat untuk mengelola lingkungan secara bersama-sama.

  • Tempat untuk mencari laba bersama-sama.

  • Tempat untuk memakai kekuasaan dan pengawasan (motif kekuasaan).

  • Tempat untuk mendapat suatu penghargaan (motif penghargaan)

  • Tempat untuk menambah pergaulan dalam lingkungan.


 


 


Fungsi Organisasi



  • Untuk menunjukkan kode dan pemusatan suatu kegiatan organisasi, dalam mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh sebuah organisasi.

  • Untuk meningkatkan kemampuan suatu anggota organsasi dalam mendapat sebuah sumber daya dan pertolongan dari suatu lingkungan masyarakat.

  • Bisa menunjukkan sebuah pengetahuan yang gres kepada anggotanya.


 


 


Manfaat Organisasi



  • Tercapainya sebuah tujuan dalam mencapai tujuan

  • Melatih mental dalam berbicara di publik

  • Mudah dalam memecahkan suatu masalah

  • Melatih leadership dalam kehidupan ataupun didunia kerja

  • Dapat memperluas pergaulan dalam hidup

  • Kuat dalam menghadapi sebuah tekanan

  • Meningkatkan dalam wawasan dan pengetahuan

  • Membentuk suatu karakteristik dengan seseorang

  • Mampu dalam mengatur waktu dengan baik

  • Sebagai ajang dalam sebuah pembelajaran kerja yang sebenarnya


 


Itulah ulasan wacana √ Organisasi : Pengertian, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi & Manfaatnya Lengkap . Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Manajemen Operasional : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi & Ruang Lingkupnya Lengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Kinerja : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Syarat Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Logistik : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Tugasnya Terlengkap

Baca Juga :  Pengertian Organisasi Menurut Syariah

Baca Juga :  √ Lembaga Keuangan : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya Lengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Organisasi : Pengertian, Ciri, Unsur, Tujuan, Fungsi Keuntungannya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel