iklan

Pengertian, Kalsifikasi, Ciri, Dan 7 Struktur Badan Reftil Beserta Misalnya Berdasarkan Para Jago Terlengkap

Pengertian, Kalsifikasi, Ciri, dan 7 Struktur Tubuh Reftil Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap – Mendengar kata reftil terdengar absurd ditelinga bagi semua awam yang belum mengetahui apa itu reftil. Untuk mengetahui apa itu reftil disini akan mengulas ihwal pengertian reftil, Klasifikasi reftil, Ciri-Ciri reftil, dan struktur tubuh reftil beserta contohnya. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.



Pengertian Reftil 


Reptil ialah salah satu jenis binatang vertebrata atau binatang yang memiliki tulang belakang berdarah cuek dan memiliki sisik di seluruh tubuhnya. Reptil juga termasuk tetrapoda, yaitu binatang yang memiliki empat kaki. Pada umumnya reptil berkembang biak dengan cara bertelur, yang dimana telurnya akan diselubungi oleh suatu membran amniotik. Keberadaan binatang reptil sangatlah gampang di jumpai, disemua benua niscaya terdapat binatang reptil kecuali di benua atlantik.





Klasifikasi Reftil 


Kebanyakan semua orang hanya tau kalo binatang reftil hanya ular dan buaya saja. Tapi binatang reftil ada hewan-hewan lain yang termasuk ke dalam kelas reptil. Agar kita lebih gampang untuk membedakan hewan-hewan tersebut, para jago telah mengklasifikasikan ke dalam beberapa ordo. Diantaranya yakni Squamata, Crocodilia, Chelonia dan Rhynchocephalia yang akan dibahas dibawah berikut ini :


1. Ordo Squamata
Squmata ialah salah satu jenis binatang reptil yang umumnya memiliki kulit bersisik. Ordo Squamata ialah ordo terbesar dari kelas reptil. Sebagian dari binatang reptil termasuk kedalam ordo squamata. 


Contohnya : yaitu pada bangsa ular dan kadal. Ordo ini terbagi atas 3 subordo, yaitu diantaranya :


a. Subordo Lacertilia
Hewan yang termasuk kedalam subordo ini umumnya memiliki sisik yang bervariasi, bercakar dan memiliki sifat pentadactylus yaitu pada kaki belakang yang terdiri atas 5 jari dan terdapat sebuah selaput renang diantara jari-jari kaki tersebut.


Hewan yang termasuk kedalam subordo ini memiliki kelopak mata dan lubang telinga. Selain itu, mereka juga memiliki pengecap yang panjang dan sanggup dilontarkan untuk menangkap mangsa, misalnya yakni Bunglon. Adapun kebanyakan dari binatang dari subordo ini juga memiliki sifat autotomi yakni sanggup melepaskan ekornya saat ada ancaman misalnya Cecak.


b. Subordo Serpentes
Bangsa ular ialah salah satu jenis binatang yang termasuk ke dalam subordo. Subordo ini juga dikenal dengan keunikannya yakni tidak memiliki kaki. Ciri lainnya yakni mereka tidak memiliki kelopak mata yang sehingga kelopak mata tersebut digantikan oleh sebuah selaput transparan yang memiliki fungsi untuk melindungi mata.
Keunikan lain dari subordo ini yakni jenis reftil ini memiliki thermosensor, organ perasa (tactile organ) dan organ Jacobson sebagai reseptornya yang sehingga bangsa ular memiliki penciuman tajam yang peka terhadap sebuah rangsangan kimia di rongga hidungnya.


Sebagian dari bangsa ular memiliki taring sanggup yang memiliki fungsi sebagai pertahanan dan melumpuhkan mangsanya.



Contohnya : Ular


c. Subordo Amphisbaenia
Subordo Amphisbaenia tidak berkaki namum memiliki suatu kenampakan mirip cacing alasannya pada warnanya yang agak merah muda dan sisiknya yang tersusun mirip cincin. Karena hidupnya kerap menghabiskan waktu di bawah tanah, yang sehingga sedikit sekali isu yang sanggup di peroleh dari binatang reptil ini.


Kepalanya yang bersatu dengan lehernya, tengkorak terbuat dari tulang keras, memiliki gigi median pada bab rahang atasnya tidak memiliki indera pendengaran luar dan matanya yang tersembunyi oleh sisik dan kulit. Bentuk tubuhnya memanjang dan pada bab ekornya hampir ibarat kepalanya.


contoh : dari binatang ini yakni wormlizards


2. Ordo Crocodilia
Bangsa buaya ialah salah satu jenis dari ordo ini. Ordo crocodilian memiliki sebuah sisik yang tebal dan terbuat dari suatu keratin yang diperkuat dengan sebuah lempengan tulang yang disebut skuta yang sebagai pelindung. Berbeda dengan ular, sisik pada binatang buaya rontok satu persatu. Buaya juga memiliki otot yang besar lengan berkuasa pada ekornya. Pada Kepala ordo crocodilian berbentuk piramida, keras dan besar lengan berkuasa yang disertai dengan gigi yang runcing yang fungsinya mencabik-cabik mangsanya. 


Contoh : dari ordo ini yaitu Buaya Air Tawar, Buaya Air Asin dan banyak sekali jenis bangsa buaya lainnya.


3. Ordo Chelonia
Ordo chelonian ialah salah satu jenis binatang reptilian yang memiliki cangkang, Bentuk tubuh yang pendek dan lebar dilindungi oleh karapas dan plaston, tidak bergigi dan pengecap tidak sanggup menjulur. Cangkang pada jenis ordo ini ialah pada bab dari tulang belakang dan modifikasi dari tulang rusuk yang fungsinya untuk pertahanan serta untuk pinjaman dari predator. Sedengakan cangkang bab atas dari chelonian disebut dengan karapaks sedangkan pada bab bawahnya disebut dengan plaston. 


Contoh : hewannya yaitu Kura-kura dan penyu.


4. Ordo Rynchochephalia 


Jenis reftil ini merupakan ordo terakhir dari kelas reptil. Hewan yang termasuk ke dalam ordo ini yakni Tuatara dan satu satunya spesies yang termasuk ke dalam ordo ini. Dikabarkan bahwa binatang tuatara ini telah hidup semenjak zaman dinosaurus. Tuatara ini berasal dari pulau lepas pantai di Selandia Baru. Ciri-ciri pada tuatara ini sendiri yaitu memiliki duri yang berderet di sepanjang tulang belakang dan memiliki mata ketiga yang fungsinya untuk mengenali sebuah perbedaan antara gelap dan terang. 


Ciri-Ciri Reftil


Reptil juga memiliki ciri-ciri khusus. Adapun ciri-cirinya yakni :


  • Reptil memiliki kulit yang bersisik dan kering yang terbuat dari suatu zat tanduk yang berfungsi untuk melindungi dari kekeringan.

  • jenis binatang ini berjalan dengan melata yang dimana seluruh tubuh menelungkup ke permukaan tanah, sedangkan pada bangsa ular bergerak dengan mengerutkan otot di kedua sisi tulang belakang yang secara bergantian.

  • Reptil memiliki dua pasang kaki dan pada tiap kaki memiliki cakar. Sedangkan pada binatang penyu kakinya memipih yang berbentuk kayuh untuk membantu saat berenang.

  • Reptil berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) pada penyu dan bertelur melahirkan (ovovivipar) pada ular boa. Fertilisasi secara internal, alat kelamin jantan disebut sebagai hemip3enis.




Struktur Tubuh Reftil



  • Tubuhnya terdiri atas kepala, leher, badan, dan ekor

  • Pada Masing-masing kaki memiliki jari dengan cakar

  • Pada mulutnya memanjang, dengan gigi conical (berbentuk kerucut)

  • Pada didekat ujung moncongnya terdapat dua nostril (eksternal nares) sebagai organ respirasi

  • Mata besar yang terletak di lateral dengan dua kelopak mata dan membran nictitan

  • Pada indera pendengaran terbuka dibelakang mata

  • Warna sel pigmen (chromatophores)


 Manfaat Reftil Bagi Manusia



  • Yang pertama sebagai predator alami, misalnya yaitu ular memakan tikus, bengkarung memakan serangga.

  • Bisa untuk materi pangan, misalnya yaitu daging ular, daging kura-kura, dan telur penyu.

  • Minyak ular atau racun ular dimanfaatkan insan untuk materi pada obat-obatan.

  • Pada kulit buaya, ular, dan biawak serta penyu sanggup sebagai materi baku pembuatan tas, sepatu dll. 


Hewan reftil juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Oleh alasannya itu marilah kita menjaga kelestarian jenis binatang yang satu ini.


Itulah ulasan ihwal Pengertian, Kalsifikasi, Ciri, dan 7 Struktur Tubuh Reftil Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.





Baca juga :




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Kalsifikasi, Ciri, Dan 7 Struktur Badan Reftil Beserta Misalnya Berdasarkan Para Jago Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel