iklan

Sejarah Singkat Jepang Menguasai Indonesia

1.       Sejarah Kedudukan Jepang di Indonesia

   Setelah penyerangan pangkalan militer di Pearl Harbour, Amerika Serikat pada tanggal 18 Desember 1941, Jepang mulai melebarkan sayap kekuasaannya dalam waktu yang sangat singkat, hampir seluruh daerah Asia Timur dan Asia Tenggara sanggup dikuasai oleh Jepang .

   Jepang pertama kali mendarat di Indonesia pada tanggal 12 Januari 1941 di Tarakan Kalimantan Timur. Pada tanggal 1 Maret 1942 tentara Jepang mulai menguasai pulau Jawa dalam waktu yang sangat singkat. Selanjutnya tentara Belanda tidak sanggup menghadapi Jepang dan Menyerah tanpa syarat pada tanggal 18 Maret 1942 di Kalijati .

2.       Usaha Jepang Memikat Bangsa Indonesia

 Untuk memikat hati rakyat Indonesia, Jepang melaksanakan propaganda, dengan menyampaikan bahwa tujuan Jepang melaksanakan peperangan di Asia yakni ingin membebaskan Asia dari penjajahan negara-negara barat .


Propaganda jepang dengan sebutan 3A, yaitu :


  1.  Jepang Pemimpin Asia
  2.  Jepang pelindung Asia 
  3.  Jepang Cahaya Asia

   Namun gerakan propaganda tersebut tidak menarik simpati rakyat Indonesia sehingga dibubarkan pada tahun 1943. Lalu Jepang mendirikan  Pusat Tenaga Rakyat ( PUTERA ) pada tanggal 1 Maret 1943, untuk menerima sumbangan dari rakyat Indonesia Jepang sengaja menentukan para pemimpin Putera dari para tokoh Indonesia, yaitu :

  1.           Ir Soekarno 
  2.      Drs Mohammad Hatta
  3.      K.H Mas Mansyur dan
  4.      Ki Hajar Dewantara

Tugas Putera yaitu :


  1.  .   Menghapus pengaruh-pengaruh barat
  2.     Mempertahankan Asia raya
  3.      Menyebar luaskan Bahasa Jepang

   Di lain pihak, para pemimpin nasional memanfaatkan Putera untuk membangkitkan rasa nasionalisme ( cinta tanah air ). Melihat perkembangan Putera yang tidak menguntungkan kemudian Jepang membentuk organisasi baru, yaitu Jawa Hokokai ( perhimpunan kebangkitan jawa ) pada tahun 1942, yang dipimpin eksklusif oleh para pejabat pemerintah Jepang. Jawa Hokakai bertugas untuk menghimpun tenaga rakyat untuk dijadikan pekerja paksa (romusha).

Organisasi Militer Bentukan Jepang

  1. Seinendan (Barisan Pemuda) pada tanggal 29 April 1943 
  2. Keibodan 
  3. Heiho
  4. Pembela Tanah Air (PETA) pada tanggal 3 Oktober 1943 .

Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Sejarah Singkat Jepang Menguasai Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel