iklan

Sejarah Singkat Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte yaitu Kaisar Prancis. Kemunculan nama Napoleon Bonaparte ini diawali dengan konspirasi dari Abbe Sieyes, anggota senior Majelis Nasional dan Convention. Ia merencanakan suatu konstitusi yang sanggup menggabungkan kemerdekaan dan stabilitas. Napoleon Bonaparte yang dikala itu dikenal sebagai satria perang dianggap menjadi kandidat yang paling sesuai untuk memperoleh proteksi militer terhadap perebutan kekuasaan yang akan dilaksanakan.



Kudeta berhasil dilakukan pada tanggal 9 – 10 November 1799. Setelah itu, dibentuklah pemerintahan konsulat, yaitu pemerintahan yang dipimpin tiga orang konsul: Napoleon Bonaparte, Cambaceres, dan Lebrun. Namun, dalam perjalanannya, Napoleon menyingkirkan teman-temannya, menjadi satu-satunya anggota konsulat, dan mengangkat dirinya menjadi konsul seumur hidup. Pada tahun 1803, Napoleon diangkat menjadi kaisar atas putusan sidang Dewan Legislatif. Penobatannya dilakukan pada tanggal 2 Desember 1804 oleh Paus Pius VII.

Dalam masa pemerintahannya, Napoleon melaksanakan hal-hal berikut.

a. Membentuk pemerintahan yang stabil dengan menciptakan Undang-Undang HukumPerdata (Code Civil).

b. Menciptakan buku aturan (Code Civil, Code Penal, dan Code Commerce).

c. Mengembalikan perdamaian di negara Prancis.

d. Meningkatkan kesejahteraan rakyat.

e. Mengadakan Continental Stelsel 1806, yakni larangan negara-negara di daratan Eropa untuk berdagang dengan Inggris (blokade ekonomi). Tujuannya yaitu untuk melemahkan ekonomi Inggris. Usaha ini tidak berhasil alasannya Rusia tetap menjual gandum kepada Inggris.

f. Menyerang ke Mesir (1798) dan Rusia (1812), tetapi tidak berhasil alasannya tentaranya banyak yang mati kedinginan.

g. Mengadakan perang melawan koalisi raja-raja Eropa.

Napoleon bercita-cita untuk memperluas dominasi Prancis atas Benua Eropa dan menjadikannya kekuatan yang diperhitungkan di dunia. Untuk mencapai cita-citanya itu, ia melaksanakan invasi ke negara-negara Eropa lainnya. Tentu saja politik Napoleon ini menerima perlawanan dari negara-negara yang diserangnya. Raja-raja dari negara-negara tersebut kemudian membentuk koalisi. Perang antara Prancis dan koalisi negara-negara Eropa tujuan invasinya disebut Perang Koalisi.

Sumber http://buihkata.blogspot.com

0 Response to "Sejarah Singkat Napoleon Bonaparte"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel