Artikel: Sholat Untuk Pengobatan Dan Kesehatan
SHOLAT DAN KESEHATAN FISIK, MENTAL, KECERDASAN, SPIRITUAL DAN UKHUWAH ISLAMIYAH
Selain melaksanakan perintah agama, mengobati kerinduan jiwa pada sang Pencipta, sholat juga punya imbas yaitu menyehatkan tubuh. Seorang pakar ilmu pengobatan tradisional, Prof H Muhammad Hembing Wijayakusuma, telah melaksanakan penelitian yang mendalam perihal hal itu. Hasil penelitian itu disebarkannya kepada umat Islam, baik melalui media massa maupun buku yang berjudul “Hikmah Sholat untuk Pengobatan dan Kesehatan”. Bahkan, duduk Tasyahud diyakini bisa menyembuhkan penyakit tanpa operasi.
Apa korelasi sholat dengan kesehatan ? berdasarkan Hembing, setiap gerakan-gerakan shalat mempunyai arti khusus bagi kesehatan dan punya efek pada bagian-bagian tubuh mirip kaki, ruas tulang punggung, otak, lambung, rongga dada, pangkal paha, leher, dll. Berikut yakni ringkasan yang bermanfaat untuk mengetahui perihal daya penyembuhan di balik pelaksanaan sholat sebagai acara spiritual.
1. Berdiri tegak dalam sholat
Gerakan-gerakan sholat bila dilakukan dengan benar, selain menjadi latihan yang menyehatkan juga bisa mencegah dan meyembuhkan banyak sekali macam penyakit. Hembing menemukan bahwa bangun tegak pada waktu sholat menciptakan seluruh saraf menjadi satu titik pusat pada otak, jantung, paru-paru, pinggang, dan tulang pungggung lurus dan bekerja secara normal, kedua kaki yang tegak lurus pada posisi akupuntur, sangat bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh.
2. Rukuk
Rukuk juga sangat baik untuk menghindari penyakit yang menyerang ruas tulang belakang yang terdiri dari tulang punggung, tulang leher, tulang pinggang dan ruas tulang tungging. Dengan melaksanakan rukuk, kita telah menarik, menggerakan dan mengendurkan saraf-saraf yang berada di otak, punggung dan lain-lain. Bayangkan bila kita menjalankan sholat lima waktu yang berjumlah 17 rakaat sehari semalam. Kalau rakaat kita rukuk satu kali, berarti kita melaksanakan gerakan ini sebanyak 17 kali.
3. Sujud
Belum lagi gerakan sujud yang setiap rakaat dua kali hingga junlahnya sehari 34 kali. Bersujud dengan meletakan jari-jari tangan di depan lutut menciptakan semua otot berkontraksi. Gerakan ini bukan saja menciptakan otot-otot itu akan menjadi besar dan kuat, tetapi juga menciptakan pembuluh darah dan urat-urat getah bening terpijat dan terurut. Posisi sujud ini juga sangat membantu kerja jantung dan menghindari mengerutnya dinding-dinding pembuluh darah.
4. Duduk tasyahud
Duduk tasyahud selesai atau tawaruk yakni salah satu anugerah Allah yang patut kita syukuri, lantaran sikap itu merupakan penyembuhan penyakit tanpa obat dan tanpa operasi. Posisi duduk dengan mengangkat kaki kanan dan menghadap jari-jari ke arah kiblat ini, secara otomatis memijat pusat-pusat tempat otak, ruas tulang punggung teratas, mata, otot-otot bahu, dan banyak lagi terdapat pada ujung kaki. Untuk pria sikap duduk ini luar biasa manfaatnya, terutama untuk kesehatan dan kekuatan organ sec.
5. Salam
Bahkan, gerakan salam akhir, berpaling ke kanan dan ke kiri pun, berdasarkan penelitian Hembing punya manfaat besar lantaran gerakan ini sangat bermanfaat membantu menguatkan otot-otot leher dan kepala. Setiap mukmin niscaya bisa mencicipi itu, bila ia menjalankan sholat dengan benar. Tubuh akan terasa lebih segar, sendi-sendi dan otot akan terasa lebih kendur, dan otak juga mempu kembali berfikir dengan terang. Hanya saja, manfaat itu ada yang bisa merasakannya dengan sadar, ada juga yang tak disadari. Tapi harus diingat, sholat yakni ibadah agama bukan olahraga.
HUBUNGAN SHOLAT DENGAN FISIK
Shalat memang suplier rohani dan pemompa mental. Tanpa shalat, jiwa insan mungkin saja tak bisa menanggung beban dalam menjalani hidup. Bagi orang yang kerap mengalami penderitaan, shalatlah yang menjadi tempat menumpahkan segala permasalahan, menjadi kesempatan mengadu dan waktu mencurahkan harapan. Bagi seorang p0juang, seorang juru dakwah, shalat juga yang menjadikannya berpengaruh memikul semua duduk kasus dan tantangan yang menghadangnya. Bersyukurlah kita, Allah SWT mewajibkan shalat lima waktu sehari. Dalam lima kesempatan itu artinya, kita memperoleh masukan energy baru. Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang mencicipi nikmatnya shalat.
Mungkin kita pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Berapa banyak orang yang menegakkan shalat hanya memperoleh letih dan payah” ( HR Nasa’i ). Shalat yang digambarkan Rasul dalam hadits tersebut, bukan hanya shalat yang bisa menjadi penyegar bagi jiwa. Shalat yang hanya bersifat ritual dan tidak menunjukkan kenikmatan bagi pelakunya. Shalat yang hanya gerakan fisik yang senyap dari kedamaian batin.
Salah satu syarat yang sanggup memberi pencerahan batin,biasa disebut dengan khusyu’. Khusyu’ berdasarkan Imam Ghazali yakni hudhurul qalbi kehadiran hati, konsentrasi, rasa tunduk, pasrah dan penghormatanyang tinggi kepada Allah SWT.
Amirul mukminin Umar ra mengatakan, “ Khusyu’ itu bukan menundukkan kepala, tapi khusyu’ itu ada di dalam hati.” Al Qur’an menyebutkan khusyu’ itu yakni tanda pertama orang-orang yang beruntung. “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, yaitu oran-orang yang khusyu’ dalam shalatnya.” (QS. Al Mukminun: 1-2). Tidak sedikit orang yang sulit menghadirkan kekhusyuan dalam shalatnya. Kita begitu dan nyaris tidak percaya, bila sahabat Rasulullah Ali rejustru melaksanakan shalat untuk menghilangkan rasa sakit ketika mata panah akan dicabut dari tubuhnya.
Orang yang belum biasa bekerja berat, akan merasa sangat sulit bekerja mencangkul dan mengolah sawah. Tangannya mungkin akan lecet, kulitnya terbakar oleh terik matahari dan seluruh tubuhnya terasa linu, itu dalam konteks pekerjaan fisik. Keadaannya tidak jauh berbeda dengan konteks pekerjaan batin. Khusyu’ yakni pekerjaan batin, orang yang tidak terbiasa khusyu’, dekat, pasrah, tunduk pada Allah di luar shalat, akan sulit menghadirkan kekhusyukan di dalam shalat. Khusyu’ di dalam shalat sangat terkait dengan khusyu’ di luar shalat. Kalau hati tidak pernah hidup, tidak ada link korelasi dengan Allah di luar shalat, tentu sulit menjalin korelasi yang baik hanya dalam shalat. Bagaimna kita mencicipi nikmatnya bertani, mencangkul tanh, mirip yang dirasakan para petani, kalau kita sebelumnya jarang melaksanakan pekerjaan tersebut,? Begitu lebih kurang gambarannya, itulah rahasianya kenapa kita sulit khusyu’. Khusyu’ kepada Allah tidak hanya dengan menyebut Subhanallah, Alhamdulillah atau Allahu Akbar. Khusyu’diwujudkan dengan hati yang senantiasa berafiliasi denagn Allah, meskipun pengecap tidak menyebut nama Allah. Melihat ciptaan Allah, hati mencicipi kebesaran Allah. Melihat insiden apapun semakin menyuburkan ingatan kepada Allah. Mendapat nikmat, hati mengatakan, “Syukur Allah tidak menjadikan saya menderita.” Hati tersentuh dan aib bila melaksanakan ketidaktaatan. Bila ditimpa musibah, hati mengatakan, “Mungkin saya berdosa pada Allah.” Sikap sikap mirip itulah yang semakin menambah kedekatan hatidengan Allah SWT. Itulah yang dimaksud dalam firman-Nya, “Mereka yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk dan berbarung.” Itulah sebabnya para andal ibadah mengatakan, saya merasa tenang meskipun sendiri.” Kenapa? Karena mereka dalam kondisi terus berdzikir dengan melihat semua fenomena alam dan hatinya mengingat Allah Jalla Wa’ala.
Ibarat orang yang sayang dan rindu kepada kekasihnya, setiap barang kepunyaan kekasihterlihat di depan mata menciptakan hati ingat dan terkait dengan kekasih. Kalau sudah ada benih khusyu’ di luar shalat, maka dikala berwudhu pun sudah khusyu’.
Seorang muslim harus berusaha menghidupakan kedekatan hatinya denagan Allah, kapan pun dan dimanapun. Tokoh ulama Mesir Hasan Al Banna menyifatkan abjad seorang mujahid yakni bukan orang yang tidur sepenuh kelopak matanya, dan tidak tertawa selebar mulutnya. Maksudnya itu menggambarkan suasana keseriusan dan kesungguhan orang yang berjuang di jalan Allah. Apa diam-diam dibalik kesungguhan dan keseriusan itu? Dalam shalat mereka sangat membesarkan dan mengagungkan Allah. Di luar shalat mereka juga tetap membesarkan Allah, hidup sesuai syari’at, menjauhkan diri dari kemungkaran dan maksiat. Maka Allah akan menaungi mereka, lantaran ada korelasi sangat erat antara shalat dan perilaku-perilaku sosial. Merekalah yang dimaksud dalam sabda Rasulullah, “Barangsiapa memperbaiki hubungannya dengan Allah, maka Allah akan menyempurnakan hubungan-Nya dengan orang tersebut.” ( HR. Hakim )
HUBUNGAN SHOLAT DENGAN MENTAL & KECERDASAN
Ibadah shalat yakni pedoman agama yang diwahyukan dari Allah kepada Nabi Muhammad saw. Karena itu ibadah shalat niscaya mempunyai banyak nasihat didalamnya. Kalau kita pelajari al-Qur’an dan as-Sunnah maka akan kita temukan klarifikasi perihal nasihat dari pelaksanaan ibadah shalat, diantaranya yaitu efek pelaksanaan terhadap kesehatan mental manusia. Dengan shalat insan menyerahkan diri kepada-Nya, hal ini akan membantu dalam meredakan ketegangan emosi manusia, lantaran seorang mukmin mempunyai keyakinan bahwa Allah akan mengabulkan doanya dan memecahkan problem-roblemnya, memenuhi banyak sekali macam kebutuhannya dan membebaskan diri dari kegelisahan dan kerisauan yang menimpanya. Menghadap kepada Allah melalui shalat dan berdoa kepada-Nya dengan harapan dikabulkan akan mengakibatkan otosugesti yang akan meredakan ketegangan emosi dan kegoncngan jiwa yang terjadi pada manusia. Fungsi shalat yaitu :
1. Shalat sebagai sebagai pengobat gangguan jiwa dan penyakit jiwa,
2. Fungsi ibadah shalat sebagai training kesehatan jiwa, dan
3. Fungsi shalat sebagai pencegah gangguan dan penyakit jiwa.
Sesungguhnya pelaku ibadah itu menduga telah menegakkan shalat (seutuhnya), padahal tidaklah dicatat baginya (oleh malaikat Raqib [pencatat amal baik]), kecuali setengah shalat, atau sepertiganya, atau seperempatnya, atau seperlimanya, hingga sepersepuluhnya.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).
Anda sering menunaikan shalat, bukan? Pagi-sore, siang-malam, bertahun-tahun, Anda sudah mengerjakannya. Jutaan kali telah Anda tundukkan tubuh dalam ruku’ dan sujud. Jutaan kali pula telah Anda baca bermacam-macam dzikir dan doa di dalam shalat. Hanya saja, bagaimana kualitas shalat Anda? Dalam perhitungan atau asumsi Anda sendiri, seberapa besar cuilan dari shalat Anda yang dinilai baik oleh malaikat pencatat amal dan menunjukkan efek konkret pada kehidupan Anda?
Anda pun niscaya telah tahu besarnya manfaat shalat terhadap diri Anda sendiri. Bahkan kendati di dalam ibadah ini Anda hanya menggerakkan tubuh bagai robot, kegiatan ini pun sudah berguna. Sekurang-kurangnya, menyehatkan raga. Begitu pula bila Anda perlakukan shalat sebagai semacam meditasi. Sekurang-kurangnya, menyehatkan jiwa.
Tetapi, shalat secara hakiki tidak sekadar bermanfaat menyehatkan jiwa-raga (fisik, emosional, dan spiritual). Tahukah Anda bahwa dengan menunaikan shalat yang berkualitas, Anda akan mencapai bermacam-macam jenis kecerdasan? Bukan hanya kecerdasan pikiran (intelegensia/IQ), tetapi sekaligus kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ), dan kecerdasan sosial.
Bagaimana semua jenis kecerdasan tersebut bisa direngkuh melalui shalat? Buku ini sangat berbeda dengan buku-buku perihal nasihat shalat yang telah beredar, lantaran secara metodologis buku ini fokus pada kajian bagaimana terciptanya korelasi antara shalat sebagai ibadah dengan kecerdasan insan sebagai kekuatan pikiran dan jiwa. Di samping itu, kekuatan buku ini juga terletak pada ditampilkannya rangkaian panduan simpel guna menjalankan shalat yang bisa melejitkan semua jenis kecerdasan insan (shalat SMART). Karena itu, buku ini sangat aplikatif, metodis, dan sanggup eksklusif Anda terapkan untuk meningkatkan mutu shalat dan sekaligus kecerdasan Anda!
SHOLAT, KOMUNIKASI SPIRITUAL DENGAN PENCIPTA
Dua tahun sebelum Hijrahnya Nabi ke Madinah, merupakan saat-saat yang super sulit dalam usaha dia untuk berbagi kebenaran. Tekanan, intimidasi, bahkan upaya pembunuhan kepada dia pribadi mengalami intensitas puncak, seiring dengan kematian dua benteng internal da’wah sesudah Allah, Khadijah dan Abu Talib. Bagi Rasulullah, serasa dunia ini suram dan terasa sumpek dalam melangkan kaki perjuangan. Terasa da’wah mengalami stagnasi abadi. Dalam situasi inilah dia diperjalankan melalui wadah “Isra’ mi’raj” di suatu malam dari masjidil haraam di Mekah ke masjidil Aqsa di Jerusalem, dan dari Jerusalem dia diangkat menuju “Sidratul Muntaha” untuk melaksanakan komunikasi langsung, obrolan nurani dengan sang Penciptanya. Komunikasi dan obrolan nurani inilah yang terkristalkan dalam sebuah amalan ritual Islam yang dikenal shalat.
Shalat, yang secara lughowi (makna kata) berarti “hubungan atau komunikasi” kemudian menjadi amalan ritual terpenting dalam agama Islam. Selain dikenal kemudian sebagai “Pilar agama” (‘imaaduddin), juga merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Menjalankan shalat merupakan kewajiban ‘aini (setiap individu Muslim), melalaikannya merupakan “pengrusakan” terhadap dasar-dasar keislaman seseorang.
Melakukan shalat bukan sekedar melaksanakan gerakan-gerakan atau membaca bacaan-bacaan formal semata. Melainkan melaksanakan kegiatan “syamil” (komperenhesif) dan “mutawazin” (imbang) di antara tiga unsur kemanusiaan kita. Shalat meliputi kegiatan fisik, ruh, dan juga fikiran. Ketiga hal ini yakni pilar-pilar kehidupan manusia, yang justeru ketiganya bersatu padu dalam amalan shalat yang dilakukan.
Di dikala ketiga unsur hidup insan itu menyatu dalam sebuah pergerakan terpadu, di situlah akan menumbuhkan “keseimbangan” pergerakan hidup manusia. Keseimbangan ini yang kemudian menjadi pijakan kehidupan insan yang sehat. Hanya dengan hidup yang imbang, insan bisa mendapat kehidupan yang sehat secara paripurna. Selain tumbuhnya kehidupan yang sehat secara paripurna, dengan keterlibatan tiga unsur tadi, insan menjalin komunikasi paripurna pula dengan Sang Pencipta. Komunikasi paripurna ini yang kemudian dikenal dalam bahasa agama sebagai “ khusyuu’”. Khusyu menjadi “hati” shalat yang dilakukan. Shalat yang tidak mempunyai khusyu’ menyerupai insan yang tidak berhati. Manusia yang tidak lagi berfungsi nuraninya, sehingga pandangannya akan selalu tertumpu pada hal-hal lahiriyah semata.
Di dikala mata nurani menjadi tumpul atau buta, maka lahiriyah akan menjadi sosok yang buas. Kehidupan yang tidak mempunyai “mata nurani” yakni kehidupan hewani, bahkan lebih rendah nilainya dari kehidupan hewani. Dan bila ini terjadi, insan yang awalnya diciptakan dengan pencptaan yang terbaik, dimuliakan, dan mempunyai keunikan-keunikan, terjatuh ke lembah kehinaan yang paling rendah (asfala saafilin). Oleh karenanya, shalat bukan hanya dikerjakan, tapi seharusnya “didirikan” setiap saat. Formalitasnya memang ada lima waktu, tapi seharusnya shalat itu tegak dalam kehidupan kita di 24 jam 7 hari sepekan. Maka, ada “shalat di antara shalat-shalat” (shalaatul wustha) yang kita lakukan. Shalat “Wustha” (in between) yakni tegaknya kekerabatan dan komunikasi antara hamba dan Rabbnya di setiap dikala dan ruang. Bahkan keluar masuknya nafas seorang hamba seiring dengan “ kesadaran penghambaan” terhadap Rabbnya.
Eternalitas kekerabatan di atas akan menjadi “benteng” kehidupan seorang Muslim, sekaligus menjadi “basis” kesalehan hidupnya. Dia menjadi solid dalam kebajikan serta terlindung dengan lindungan kokoh “kesadaran Ilahi”. Dia akan mempunyai pandangan mata “nurani” yang sangat tajam, serta mempunyai “intelektual hati” yang tinggi.
Dengan bekal soliditas derma dari kejatatan-kejahatan dan soliditas basis kebajikan-kebajikan, serta dibarengi oleh kesadaran Ilahi dan inteletualitas hati, dia akan menjalani kehidupannya dengan penuh konsistensi di atas ridha Ilahi. Konsistensi perjalanan hidup di atas ridha inilah yang disebut “taqwa” , yang merupakan harapan tertinggi dalam kehidupan beragama. Cita-cita tertinggi yang diperjuangkan hingga hembusan nafas terakhir di bumi yang fana ini.
0 Response to "Artikel: Sholat Untuk Pengobatan Dan Kesehatan"
Posting Komentar