iklan

3 Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Alat Musik Tradisional Tuma, Kurating, Kelendik.

            Kalimantan Barat merupakan salah satu dari 34 Provinsi yang ada di indonesia, terdapat majemuk alat musik dari tempat tersebut namun pada kesempatan kali ini admin akan membahasnya 3 saja, nah menyerupai apa ketiga alat musik tersebut, mari kita simak penjelasannya berikut ini :

1.) Alat musik Tuma
Alat musik Tuma ini merupakan alat musik yang mempunyai bunyi jenis Membranofon, dimana alat ini menyerupai dengan gendang panjang, sisi dengan lubang besar yaitu diameter 25 cm diberi kulit lembu sebagai membrannya, panjang alat musik ini kurang lebih 1 meter.

Cara memainkan Alat musik Tuma
Alat musik Tuma di mainkan dengan cara di tepuk memakai telapak tangan, membrane pada alat musik ini akan menghasilkan suara Membranofon.

Fungsi Alat Musik Tuma
Alat musing tuma dan juga yang lainnya biasanya di gunakan sebagi pengiring tarian akhlak yang sedang ditampilkan.

2.) Kurating Kalimantan Barat
Alat musik yang satu ini yakni alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dan pada awalnya berasal dari tempat kapuas hulu, alat musik kurating sering dimainkan oleh masyarakat suku Dayak Ibanik, dan Dayak Banuaka.

3.) Keledik Kalimantan Barat
Keledik yakni alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup yang berasal dari tempat kalimantan, keledik terbuat dari materi bilah bambu dan juga labu kering labu. Dan alat musik kelendik ini aneka macam dijumpai di tempat kapuas hulu. Bahan yang terbuat dari Buah labu pilihan yang mana harus yang sudah renta dan sudah berusia antara 5 sampai 6 bulan. Dan sesudah semua isi labu dikeluarkan lalu labu tersebut di rendam sampai satu bulan,setelah itu kulit labu tersebut barulah dikeringkan.
Setelah kering lalu dirangkai dan disatukan sehingga membentuk sebuah instrumen musik. Walaupun hanya terbuat dari materi yang tidak biasa, akan tetapi alat musik Kelendik ini bisa menghasilkan nada pentatonik, alat musik kelendik biasanya dimainkan ketika mengisi program akhlak suku dayak Kalimantan.

Demikianlah klarifikasi wacana alat musik Dayak Kalimantan Barat kali ini, biar bermanfaat bagi kita semua, sekian dan salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "3 Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel