iklan

Alat Musik Di Yogyakarta - Gamelan

         Daerah spesial Yogyakarta ialah sebuah kawasan untuk merupakan bentuk gres dari Kesultanan Yogyakarta serta Negara Kadipaten Paku Alam, kawasan spesial Yogyakarta berada di sebelah selatan Pulau Jawa, serta berbatasan eksklusif dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

Seperti daerah-daerah lain pada umumnya, kawasan Daerah spesial Yogyakarta ini juga mempunyai bermacam-macam kebudayaan dan salah satunya ialah alat musik Gamelan yang akan admin bahas pada artikel kali ini, nah apa sajakah jenis-jenis alat musik tradisional khas Daerah spesial Yogyakarta ini berikut klarifikasi singkatnya ;


1. Demung
Demung ialah sebuah instrumen gamelan yang juga masuk dalam kelompok balungan. Satu set gamelan biasanya terdiri dari dua buah demung, dan versi yang terdapat pada alat musik demung ialah jenis pelog dan slendro. Alat musik demung mempunyai nada oktaf  yang paling rendah kelompok alat musik balungan, sementara itu alat musik tersebut juga mempunyai ukuran yang lebih lebar.

Ciri-ciri dati alat musik Demung ini ialah mempunyai batangan atau wilahan yang lebih pipih namun lebih lebar kalau dibandingkan dengan wilahan yang terdapat pada alat musik saron, dan nada-nada yang dihasilkan juga lebih rendah. Alat untuk memukul demung dibentuk dari materi kayu yang bentuknya ibarat palu, dan alat pukul tersebut lebih besar dari alat pukul untuk saron.

2. Gamelan
Gamelan merupakan ensembel musik yang sangat menonjolkan metalofon, terdiri dari beberapa jenis alat musik yang diantaranya ialah gambang, gendang, dan gong. Nama gamelan sendiri berkaitan dengan beberapa kelompok instrumennya alat musik yang dijadikan dalam satu kesatuan yang utuh sehingga sanggup saling padu menghasilkan bunyi musik yang sanggup dibunyikan secara bersama. Istilah gamelan sendiri ialah berasal dari bahasa Jawa, dimana gamelan mempunyai arti memukul, dan mempunyai akhiran an yang menyatakan kata benda. Ensemble jenis ini banyak terdapat di wilayah hampir seluruh pulau Jawa, mirip kawasan Jawa Tengah, Madura, Pulau Bali, dan Lombok, sedangkan ukuran dan bentuknya di tiap-tiap kawasan mempunyai bentuk dan nama berbeda-beda.



3. Gambang
Gambang ialah merupakan jenis alat musik pukul yang terbuat dari materi bambu, dan alat musik gambang ini mempunyai 18 bilah bambu, cara memainkan alat musik ini hampir sama dengan saron namun materi utama dari bilahnya ialah bambu.


4. Gendang
Gendang atau kendhang merupakan salah satu instrument yang ada dalam gamelan Jawa Tengah, jawa timur dan juga Jawa Barat, adapun fungsi dari gendang ini ialah sebagai pengatur irama. Alat musik gendang dimainkan dengan tangan dengan cara menepuk membran yang ada di kedua sisi kiri dan kanannya.

Banyak jenis dari alat musik tersebut, untuk jenis yang berukuran kecil disebut ketipung, sedangkan yang berukuran sedang berjulukan kendang ciblon atau kebar, berikutnya kendang gedhe atau biasa disebut dengan istilah kendang kalih. Fungsi dari alat musik Kendang kalih dibunyikan ketika mengiringi lagu bernada lembut atau halus contohnya ketawang, gending ladrang irama dadi dan gendhing kethuk kalih. Akan tetapi sanggup juga dimainkan dengan tempo cepat contohnya lancaran dan ladrang pada musik dengan irama sedang. Jika ditampilkan dalam program pewayangan maka akan ditambah alat musik kendhang kosek alat musik tersebut mempunyai ciri dan keunikan bunyi yang khas, dan biasanya dimainkan ketika dalam pementasan wayang kulit.

Alat musik kendang hanya sanggup dimainkan oleh para pemain yang telah profesional, dan telah usang berkecimpung dalam kesenian budaya Musik Jawa. Kendang juga biasanya dimainkan menurut naluri si pemainnya, sehingga setiap orang mempunyai huruf tersendiri dalam memainkan gendang tersebut.

Demikianlah klarifikasi wacana alat musik gamelan DI Yogyakarta kali ini biar bermanfaat dan salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Alat Musik Di Yogyakarta - Gamelan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel