iklan

Pengertian Kasta Rayap

Pengertian Kasta Rayap

Masyarakat rayap terdiri atas kelompok-kelompok yang disebut kasta, masing-masing kasta mempunyai kiprah sendiri-sendiri yang dilakukan dengan tekun selama hidup mereka, demi untuk kepentingan kesejahteraan, keamanan, dan kelangsungan hidup seluruh masyarakat rayap (Jumar, 1997).

a. Kasta reproduktif

Kasta reproduktif terdiri atas reproduktif primer dan reproduktif suplementer. Kasta reproduktif primer ialah pasangan ratu dan raja yang merupakan pasangan pendiri koloni, ukuran ratu lebih besar dari pada raja. Kasta ini keluar meninggalkan sarang (swarming) dan disebut juga dengan laron. Kasta reproduktif primer mempunyai sepasang sayap dan mata beragam yang terang dan warnanya agak tua. Pada musim-musim tertentu kasta ini dihasilkan dalam jumlah yang cukup banyak. 

Kasta reproduktif suplementer ialah individu jantan dan betina, mempunyai tonjolan sayap, warnanya kurang renta dari kasta reproduktif primer dan matanya lebih kecil. Rayap suplementer terbentuk dari nimfa-nimfa dan mencapai kematangan kelamin tanpa mencapai tahap-tahap dewasa, bersayap penuh dan tanpa meninggalkan sarang. Kasta ini bertugas mengganti segmen antenanya. Biasanya dalam stadia nimfa, rayap mengalami instar 5-8 kali. Setelah mengalami stadia nimfa, rayap memasuki stadia imago atau berakal balig cukup akal (Nandika dkk, 2003).

b. Kasta prajurit

Kasta prajurit, kasta ini berbeda dari kasta-kasta lainnya alasannya ialah perkembangan kepala dan mandibelnya. Jumlah prajurit dalam satu koloni biasanya tidak lebih dari 100% (Jumar, 1997). Kasta ini ditandai dengan bentuk badan kekar alasannya ialah penebalan kulitnya biar bisa melawan musuh dalam rangka tugasnya mempertahankan kelangsungan hidup koloninya. Mereka berjalan hilir pulang kampung diantara para pekerja yang sibuk mencari dan mengangkut masakan (Tarumingkeng, 2001).

c. Kasta pekerja

Kasta pekerja, kasta ini membentuk sebagian besar koloni rayap, tidak kurang dari 80% populasi dalam koloni merupakan individu-individu pekerja  (Tarumingkeng, 2001). Kasta pekerja terdiri dari nimfa dan berakal balig cukup akal yang steril, mempunyai warna yang pucat dan mengalami penebalan dibagian kutikula, tanpa sayap dan biasanya tidak mempunyai mata, mempunyai mandibel yang relatif kecil (Borror, 1992).

Walaupun kasta pekerja tidak terlibat dalam proses perkembangbiakan koloni dan pertahanan, namun hampir semua kiprah koloni dikerjakan oleh kasta ini. Kasta pekerja bekerja terus tanpa henti, memelihara telur dan rayap muda. Kasta pekerja bertugas memberi makan dan memelihara ratu, mencari sumber makanan, menciptakan serambi sarang, dan liang-liang kembar, merawatnya, merancang bentuk sarang dan membangun termitarium (Nandika dkk, 2003).

Daftar Pustaka:
  • Borror, D.J, Triplehorn, C.A dan Jhonsen, N.F. 1992. Pengenalan pelajaran serangga. Edisi keenam (terjemahan). Gadjah Mada Universitas Press: Yogyakarta.


Sumber http://materipengetahuanumum.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Kasta Rayap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel