iklan

Alat Musik Tradisional Provinsi Kalimantan Selatan-Panting

Alat Musik-Panting
          Panting yaitu alat musik jenis gambus yang berasal dari Provinsi Kalimantan selatan, dan dimainkan dengan cara dipetik, alat musik ini biasanya hanya dimainkan oleh masyarakat suku banjar di kalsel.

Awalnya alat musik panting ini hanya dimainkan secara tunggal, sesudah mengikuti perkembangan jaman sekarang alat musik petik dengan jumlah 3 dawai tersebut sanggup dimainkan dan dipadukan dengan alat musik lain seperti, gendang, gong, biola dan babun, walaupun demikian bunyi Panting tetap mendominasi.

Alat musik panting khas Kalimantan selatan ini awalnya diperkenalkan oleh seorang seniman ternama disana yaitu bapak A.Sarbani, alat musik ini sering ditampilkan pada acara-acara tabiat yang diselenggarakan di Kalimantan Selatan Banjar Masin, yaitu pada ketika program pernikahan, dan juga sanggup di jadikan sarana penyambung silaturahmi antar masyarakat yang ada di tempat Banjar.

Sedangkan sair dan lagu yang diiringi dengan panting ini biasanya lagu-lagu yang bersifat nasehat, dan lagunya tidak menggunakan refrain, lantaran lagu yang di bawakan berupa sair lagu pantun, ketika menampilkan alat musik ini biasanya para pemainnya menggunakan busana tabiat khas Banjar Masin Kalimantan Selatan.


Demikianlah klarifikasi perihal alat musik tradisional Panting-Kalimantan Selatan  kali ini, biar bermanfaat bagi kita semua sekian dan Salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Alat Musik Tradisional Provinsi Kalimantan Selatan-Panting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel